Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>Employer Branding > Siapa Bilang Strategi Employer Branding Harus Mahal?
Employer Branding

Siapa Bilang Strategi Employer Branding Harus Mahal?

Karina

May 25 • 9 min read
updated 04/09/2023

Di tengah ketatnya persaingan pasar kerja saat ini, hanya menunggu kandidat yang tepat untuk melamar lowongan yang dibuka perusahaan Anda tidaklah cukup. Menarik dan mempertahankan talenta terbaik merupakan prioritas bagi perusahaan-perusahaan yang ingin terus berkembang. Mungkin Anda bertanya, lalu apa yang harus dilakukan untuk dapat menarik atau mempertahankan talenta terbaik? Jawabannya adalah dengan melakukan strategi employer branding.

Bagi Anda yang masih asing dengan kata employer branding, menurut HRPods employer branding merupakan reputasi yang dibangun oleh usaha perusahaan untuk menarik minat kandidat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Talenta pada tahun 2022, menunjukan bahwa hanya 25% perusahaan di Indonesia dapat digolongkan sebagai perusahaan yang memiliki strategi employer branding yang baik dan hanya 30% perusahaan menggunakan media sosial untuk mempromosikan perusahaan mereka sebagai tempat bekerja yang menarik. Hal ini menunjukan bahwa di Indonesia kesadaran atas pentingnya bagi perusahaan untuk memiliki strategi employer branding masih rendah.

Padahal sejumlah studi dan riset menunjukan bahwa perusahaan yang menyadari tentang pentingnya strategi employer branding mendapatkan banyak keuntungan dan kelebihan dibandingkan perusahaan yang tidak melakukan employer branding.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang didapatkan dengan melakukan strategi employer branding;

  • Meningkatkan daya tarik perusahaan di mata calon karyawan. 88% calon karyawan menyatakan bahwa mereka tidak akan melamar ke perusahaan dengan citra yang buruk (Hubspot, 2023).
  • Peningkatan bukan hanya jumlah pelamar pekerjaan namun, juga jumlah pelamar pekerjaan yang berkualitas (HR Trends Institute, 2023).
  • Penurunan 28% dalam tingkat pergantian (turnover rate) karyawan (LinkedIn, 2022).
  • Produktivitas karyawan yang bahagia dengan perusahaannya meningkat 25% dibandingkan yang tidak puas dengan perusahaannya (Forbes, 2022).
  • Mengurangi Cost Per Hire hingga setengah dari biasanya (The Human Capital Hub).

Selain kesadaran yang rendah terhadap pentingnya strategi employer branding, persepsi tentang tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan employer branding seringkali menghalangi perusahaan, terutama perusahaan kecil dan menengah (SME) untuk merencanakan dan menjalankan strategi employer branding-nya.

Kenyataannya adalah, bahwa employer branding tidak memerlukan komitmen finansial yang besar. Perusahaan dari berbagai ukuran dapat mengadopsi pendekatan berbiaya efektif yang menghasilkan hasil yang mengesankan.

Strategi Employer Branding di Era Digital

Pada era digital saat ini, platform daring menawarkan beragam peluang untuk dapat melakukan strategi employer branding yang hemat biaya. Penggunaan media digital dapat memanfaatkan oleh perusahaan, dengan jangkauannya yang luas, efisiensi biaya, memungkinkan interaksi langsung, dan pendapatan data akurat untuk analisa yang mendalam, untuk menarik dan mempertahankan bakat terbaik.

Platform digital sendiri juga merupakan pilihan media yang tepat untuk menjangkau milenial dan generasi Z yang akan mendominasi pasar tenaga kerja dalam beberapa tahun kedepan, dikarenakan perubahan demografi pencari kerja yang bahkan sudah mulai dirasakan saat ini.

Survei yang dilakukan oleh Kalibrr pada akhir tahun 2022 juga menunjukan bahwa saluran komunikasi teratas yang digunakan oleh kalangan mahasiswa dan lulusan baru, yang notabene merupakan milenial dan generasi Z, untuk mencari informasi terkait peluang pekerjaan adalah platform digital. Dimana platform pencarian kerja menjadi jawaban terbanyak diikuti oleh media sosial dan laman karier perusahaan.

Beberapa kegiatan employer branding yang dapat dilakukan secara daring adalah sebagai berikut,

Mempunyai laman karier perusahaan

Mempunyai sebuah laman karier atau situs web yang didedikasikan untuk karier perusahaan menjadi elemen penting dalam strategi penguatan citra sebagai tempat bekerja yang menarik. Laman karier yang dirancang dengan baik tidak hanya berperan sebagai saluran komunikasi, tetapi juga sebagai platform komprehensif yang memberikan informasi tentang budaya, nilai inti, dan berbagai kegiatan perusahaan. Informasi-informasi ini secara positif membentuk citra perusahaan, menjadikannya tujuan menarik bagi calon pelamar.

Mempunyai akun media sosial perusahaan

Akun Instagram resmi perusahaan yang menampilkan konten mengenai nilai-nilai perusahaan, budaya kerja, kesaksian karyawan, dan peluang karier memiliki peran penting dalam komunikasi yang lebih efektif kepada target audiens. Berdasarkan riset Kalibrr, tiga dari lima responden menunjukkan ketertarikan untuk mengikuti akun media sosial resmi perusahaan yang membahas aspek karier di dalamnya. Ini menunjukkan betapa relevannya platform ini dalam menjangkau dan mempengaruhi audiens yang diinginkan.

Penyebaran informasi melalui akun media pihak ketiga

Jika Anda ingin membagikan informasi penting seperti lomba, webinar, magang, atau lowongan pekerjaan, berkolaborasi dengan akun media sosial pihak ketiga seperti @infomahasiswaindonesia atau @infomagang.co bisa menjadi opsi yang tepat. Kerjasama ini bermanfaat, selain karena akun-akun tersebut sudah memiliki citra dan audiens yang sesuai, juga memperluas jangkauan informasi yang dibagikan dan juga kesadaran terhadap perusahaan Anda dapat bertambah. Namun, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu untuk memilih akun-akun yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Kerjasama dengan universitas

Bekerjasama dengan universitas memungkinkan perusahaan untuk memperkenalkan budaya dan peluang karier kepada calon karyawan potensial secara langsung. Kolaborasi semacam ini juga membangun hubungan positif dengan lembaga pendidikan dan menciptakan kepercayaan pada masa depan kerja di perusahaan, memperkuat citra perusahaan sebagai tempat kerja yang menarik.

Penting untuk dipahami bahwa kegiatan employer branding bukanlah sesuatu yang hanya dilakukan sesekali. Konsistensi dan frekuensi kegiatan employer branding sangat mempengaruhi keberhasilan dari efektifitas dan kesuksesan strategi employer branding yang dilakukan. Dengan mengikuti tren dan beradaptasi dengan perubahan, perusahaan dapat membangun citra yang menarik dan memenangkan persaingan dengan menjadi top-of-mind dari para talenta terbaik.

Menurut survei oleh Employer Brand International, perusahaan yang memelihara frekuensi yang konsisten dalam kegiatan employer branding mereka mengalami peningkatan signifikan dalam kesadaran terhadap perusahaan terkait, dan minat pelamar pekerjaan untuk bekerja di suatu perusahaan.

Chief Brand Officer Brandemix, sebuah agensi digital marketing and branding mengatakan dalam sebuah interview bahwa “Employer Branding adalah sebuah investasi yang cerdas”.

Jadi, apa lagi yang Anda tunggu? Mulai perencanaan strategi employer branding Anda detik ini juga!

cara-jitu-raih-minat-kandidat-perusahaan-perlu-pahami-jenis-employer-branding-ini

Bingung harus melakukan apa untuk memulai strategi employer branding perusahaan Anda? Konsultasikan pada kami secara gratis, melalui employerbranding@kalibrr.com, atau kunjungi halaman contact us untuk bertanya lebih lanjut terkait bagaimana kalibrr mampu membantu strategi employer branding perusahaan seperti Anda secara gratis.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!