Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>Employer Branding > Solusi Kegiatan Employer Branding yang Efisien
Employer Branding

Solusi Kegiatan Employer Branding yang Efisien

Karina

December 12 • 6 min read
updated 06/09/2023

Data LinkedIn pada tahun 2023 menunjukkan bahwa perusahaan dengan Employer Brand yang kuat mengalami penurunan biaya rekrutmen sebesar 50%. Sejalan dengan hal tersebut, kini banyak perusahaan yang sudah menyadari akan pentingnya membangun Employer Branding. Namun, kerap kali upaya memulainya terhalang oleh ketakutan akan biaya mahal yang mungkin diperlukan. 

Lantas, apa saja kegiatan Employer Branding sederhana dan tentunya hemat biaya yang dapat dilakukan? Sebelum masuk ke topik tersebut, kenalan dulu dengan kegiatan HR-related yang satu ini, yuk!

Apa itu Employer Branding?

Apa itu Employer Branding?

Arti Employer Branding adalah konsep yang merujuk pada upaya perusahaan khususnya praktisi SDM, untuk membangun dan mempromosikan citra positif suatu perusahaan sebagai tempat berkarier. Tujuan dari Employer Branding adalah untuk menarik, mempertahankan, dan memotivasi karyawan internal maupun calon kandidat eksternal, untuk memilih membangun karier di suatu perusahaan. 

Topik komunikasi Employer Branding dapat mencakup informasi budaya kerja, benefit, fakta tentang perusahaan atau figur yang terlibat di dalamnya. Dari sisi bentuk kegiatan, Employer Branding dapat dilakukan secara daring (online) maupun luring (onsite).

Lalu, apa saja kegiatan Employer Branding sederhana dan hemat biaya yang dapat dilakukan? Simak rekomendasi berikut ini.

Kampanye Media Sosial

Salah satu cara untuk membangun Employer Branding perusahaan yang kuat adalah dengan mengkomunikasikan informasi terkait berkarier di perusahaan Anda secara aktif di media sosial. Aktivasi ini dapat dimulai dengan membuat akun khusus Employer Branding yang terpisah dari akun bisnis utama perusahaan Anda. Pada akun khusus Employer Branding tersebut, segala informasi berkaitan dengan karyawan dan karier dapat lebih difokuskan. 

Kami menemukan bahwa pencari kerja memiliki preferensi yang tinggi terhadap media sosial perusahaan, sebagai media yang mereka gunakan dalam mencari informasi karier di perusahaan. Pada media sosial, Anda dapat mengunggah foto dan video pendek. Media sosial juga menyediakan opsi terjangkau yang dapat Anda sesuaikan dengan anggaran Anda, jika Anda ingin meningkatkan awareness Employer Branding, Anda dapat melakukannya melalui penggunaan fitur pengiklanan atau amplifikasi media sosial, seperti Meta Ads, LinkedIn Ads, dan sebagainya. 

Penggunaan Newsletter

Kegiatan Employer Branding kedua yang kami rekomendasikan berkat biayanya yang tergolong rendah adalah penyebaran Newsletter atau yang biasa dikenal juga dengan istilah Mailing List. Berbeda dengan media sosial, Newsletter memiliki sifat yang lebih personal dimana pesan disampaikan kepada calon kandidat secara langsung dan nama penerima dapat dikustomisasi. 

Kelebihan lain dari penggunaan Newsletter adalah database yang dituju dari masing-masing surel, dapat dikurasi. Anda dapat menyortir penerima dengan latar belakang seperti apa yang Anda kehendaki untuk dapat menerima pesan Employer Branding Anda. Penyebaran Newsletter dapat dilakukan secara mandiri oleh perusahaan atau melalui pihak ketiga yang memiliki database sesuai dengan pesan Employer Branding yang dimuat. 

Employee Affiliate – Keterlibatan Karyawan Perusahaan

Pada Employee Affiliate, kegiatan Employer Branding melibatkan karyawan internal untuk turut berkontribusi pada komunikasi branding yang dilakukan. Sebagai sarana berkonten, Anda dapat memulai dengan menyelenggarakan Employer Branding project seperti mengadakan event internal yang mengundang karyawan untuk turut mempublikasikan event tersebut melalui media sosial mereka. 

Pada aktivasi ini, alih-alih mengundang karyawan Anda melalui surel, Anda juga dapat mengundang mereka melalui platform media sosial yang seyogyanya dapat dilihat oleh pihak eksternal. Selanjutnya, Anda dapat meminta karyawan untuk mengunggah foto, menandai lokasi perusahaan Anda, membagikan video langsung, dan mengirim komentar/umpan balik yang berkaitan dengan acara tersebut. 

Nah, itulah rekomendasi kegiatan Employer Branding hemat biaya atau efektif versi Kalibrr yang bisa Anda terapkan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, tentunya ketiga kegiatan tersebut harus dilakukan secara konsisten dan disertai dengan aktivasi Employer Branding lain yang terintegrasi.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut terkait Employer Branding, Anda bisa simak informasi selengkapnya di employerbranding.kalibrr.com. Ingin konsultasi Employer Branding perusahaan Anda lebih lanjut? Diskusi dengan kami melalui employerbranding@kalibrr.com atau kontak yang tersedia di website tersebut! #BetterwithKalibrr.

 

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!