Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Apa yang Harus Diperhatikan Saat Hendak Berpindah Karier?
For Jobseeker

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Hendak Berpindah Karier?

Karina

February 27 • 6 min read

Di jaman yang serba modern ini, karier berjalan begitu fleksibel dan cepat. Ada banyak hal serta faktor yang menyebabkan ini, mulai dari banyaknya lapangan pekerjaan, bermacam-macamnya lowongan pekerjaan terbaru, hingga peluang bisnis baru. Tentu saja jika dibandingkan dengan 20 hingga 30 tahun lalu, peluang karier seseorang sudah jauh berbeda. Jika dahulu orang hanya berpatok pada satu keahlian saja, saat ini orang dengan banyak keahlian dirasa sangat wajar.

Maka dari itu, besar pula kemungkinan seseorang untuk mencari lowongan pekerjaan terbaru yang berbeda dari profesi mereka saat ini. Hal itu juga yang membuat kita seringkali bertemu dengan seseorang yang bisa saja berpindah jalur karier yang jauh berbeda dari profesinya saat ini. Sebut saja seperti HRD yang berubah haluan menjadi video editor, atau apoteker yang jadi staff IT. Jika hal ini termasuk yang kamu inginkan, sah-sah saja, asalkan memerhatikan beberapa poin berikut ini dulu, yah!

1. Kuasai Bidang Barumu

Nggak bisa dipungkiri, hampir setiap pekerjaan di era modern saat ini adalah hasil perkembangan dari ilmu yang sudah ada. Sebut saja ilmu digital marketing yang sebenarnya adalah perkembangan dari ilmu marketing yang sudah ada.

Jika kamu ingin menyebrang karier, ada baiknya memang kamu harus menguasai dahulu bidang baru kamu, supaya kamu nggak kaget dan dapat mengerjakan profesi kamu secara lebih maksimal. Lagipula, kalau kamu nggak menguasai bidang baru kamu, kamu berpotensi untuk melakukan kesalahan besar yang justru bisa menghancurkan masa depan karier kamu.

2. Kenali Risiko dan Konsekuensinya

Hampir sama dengan menguasai skill dan keahlian di bidang yang baru, jika kamu ingin berpindah karier, kamu juga harus menguasai serta mengenali risiko dan konsekuensinya.

Biasanya, jika kamu hendak berpindah karier, salah satu risiko yang kamu akan dapatkan adalah nominal gaji yang lebih rendah dari gajimu saat ini. Sebenarnya hal ini wajar saja mengingat kamu kembali sebagai level awal di karier barumu, meskipun secara ilmu dasar masih berhubungan dengan pendidikanmu.

3. Kembangkan Potensimu

Jika kita bicara soal berpindah karier, salah satu hal yang perlu kamu pikirkan adalah kesempatan untuk mengembangkan kariermu di masa yang akan datang. Ya, bagaimanapun juga dunia bertransformasi begitu cepat dan kamu harus turut berkembang untuk menghadapinya.

Jangan sampai karier baru kamu ternyata justru membuat masa depan kamu menjadi terhambat. Meskipun karier baru kamu sudah jauh lebih baik dari saat ini, tetap saja kamu harus menyediakan waktu untuk mengembangkan potensi lain di dalam dirimu sendiri sebagai bekal di masa depan.

4. Kenali Perusahaannya

Sebenarnya, mau berpindah karier atau nggak, tetap saja kamu harus memerhatikan perusahaan tempat kamu bernaung. Selain kejelasan soal kontrak dan gaji, kamu juga harus memerhatikan suasana kerja, atasan, dan juga kesempatan untukmu mengembangkan karier di masa depan.

Apalagi buat kamu yang baru saja berkecimpung di lingkup kerja yang baru, tentu saja kesempatan belajar di perusahaan baru amatlah sangat diperlukan. Hal ini termasuk soal training yang kamu dapatkan, dan kualitas atasan di bidang tersebut yang bisa kamu jadikan sebagai mentor.

5. Perhatikan Persaingan dan Usiamu

Berkembangnya industri yang mengarah ke era digital, nggak cuma berdampak pada bertambahnya lapangan pekerjaan tetapi juga semakin tingginya persaingan dalam dunia kerja, terutama pada bidang baru yang kamu kuasai.

Sebut saja kamu berpindah ke bidang yang benar-benar baru, dan memaksamu bersaing dengan karyawan baru yang usianya jauh lebih muda dari kamu. Hal ini tentu saja cukup membuat perjalanan karier kamu lebih berat. Jadi, sebelum kamu hendak berpindah karier, pastikan kamu siap untuk persaingan ini, usiamu masih cukup potensial untuk melakukan hal itu, dan kamu punya cukup koneksi di bidang tersebut.

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum hendak berpindah karier. Jadi, pindah karier itu nggak salah kok selama kamu memperhitungkannya dengan sangat siap dan matang. Semoga bermanfaat, yah!

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (2) Post Comment

GoaCDtTd

Report

1

Reply

GoaCDtTd

Report

1

Reply