Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Bos Kamu Introvert? Gini Cara Bangun Koneksi yang Tepat!
For Jobseeker

Bos Kamu Introvert? Gini Cara Bangun Koneksi yang Tepat!

Karina

December 26 • 5 min read

Punya bos yang introvert terkadang membuat kamu harus punya cara tersendiri untuk membangun koneksi dengan mereka, karena para pemimpin yang introvert dianggap lebih sulit “dijangkau” dibanding para pemimpin yang ekstrovert.

Tapi jangan biarkan hal itu membatasi percakapan kamu dengan bos kamu ya! Yuk ikuti tips- tips berikut ini untuk dapat lebih mengenal bos kamu yang introvert dan bangun koneksi yang tepat!

 

1. Pahami Karakter Introvert

pahami-karakter-introvert

Cara terbaik untuk mulai membangun koneksi adalah memahami bagaimana kepribadian introvert yang dimiliki bos kamu. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat bekerja dengan seseorang berkarakter introvert, yakni:

– Bos yang introvert biasanya secara alami adalah seseorang yang pendiam, terlebih lagi ketika mereka sedang tenggelam dalam pikirannya.

– Kebanyakan orang dengan karakter introvert mudah terkuras energinya saat harus melakukan interaksi sosial dengan banyak orang, tetapi hal itu bukan berarti bos kamu membencinya atau tidak bisa berinteraksi ya!

– Karena energi mereka yang mudah terkuras ketika berinteraksi sosial, pribadi introvert terkadang kurang dapat menunjukkan emosi. Jadi, jika mereka kurang eskpresif, bukan berarti mereka tidak tertarik denganmu atau apa yang kamu katakan.

– Seseorang yang introvert cenderung terlihat kaku dan terkotak – kotak, tetapi bukan berarti mereka tidak mendengarkan pendapat orang lain, lho!

 

2. Raihlah Kepercayaan Atasanmu

raih-kepercayaan

Kepercayaan merupakan sesuatu yang mahal. Untuk memenangkan kepercayaan bos kamu yang introvert, salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan selalu memberinya informasi.

Karena urusan pekerjaan yang terlalu banyak dan padatnya jadwal meeting bos kamu, beliau mungkin tidak mengetahui beberapa informasi terbaru dari beberapa proyek yang sedang berjalan. Maka dari itu, bantulah bos kamu dengan rutin memberikan pembaruan terkait kemajuan proyek. Informasikan masalah serius yang dihadapi, kondisi hubungan dengan klien serta hal lain yang menurutmu krusial. Individu introvert cenderung tidak menyukai kejutan atau hal yang sifatnya spontan, jadi kurangnya informasi dapat menjadi kejutan yang kurang menyenangkan bagi bos kamu. Tampilkan dirimu sebagai seseorang yang dapat diandalkan dan raih kepercayaannya!

 

3. Jadwalkan Sesi One-on-one

jadwalkan-sesi-pertemuan

Karena karakteristik introvert yang cenderung terkuras energinya saat harus berinteraksi dengan banyak orang, ketika kamu ingin berdiskusi dengan bos kamu, cobalah untuk melakukannya secara one-on-one. Meminta pertemuan one-on-one memastikan bahwa atasanmu tidak terdistraksi oleh keberadaan orang lain dan dapat memberikan perhatian penuh kepada kamu. Kamu mungkin juga dapat berinisiatif untuk menjadwalkan sesi one-on-one setiap bulan dengan bos kamu untuk evaluasi pekerjaan kamu. Hal ini dapat membantumu mencapai target dan menyusun rencana kerja dengan baik.

 

4. Minta Bantuan Orang Lain

minta-bantuan

Membangun sebuah koneksi di tempat kerja, apalagi dengan bos kamu, adalah sebuah proses yang perlahan tapi pasti. Jika kamu belum juga memahami karakteristik bos kamu, cobalah untuk meminta bantuan senior – senior yang lebih dulu mengenal dan bekerja sama dengan bos kamu. Berkonsultasi dengan mereka mungkin akan membantu kamu untuk lebih berhati-hati dalam bertindak, karena kamu sudah mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai oleh bos kamu.

 

lamar-sekarang

Artikel dilansir dari Ivyexec dan Pmexamsmartnotes.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!