Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > 4 Cara Ini Bisa Bantu Seimbangkan Kerjaan dan Sambilan Kamu
For Jobseeker

4 Cara Ini Bisa Bantu Seimbangkan Kerjaan dan Sambilan Kamu

Karina

November 28 • 3 min read

cara-ini-bisa-bantu-seimbangkan-kerjaan-dan-sambilan-kamu

Ada berbagai alasan yang membuat seseorang memutuskan untuk memiliki kerja sambilan. Kerja sambilan sendiri selain membawa keuntungan lebih, bisa juga dimanfaatkan untuk sarana menyalurkan hobi. Tapi terkadang, ditengah-tengah pekerjaan kantor yang padat, kerja sambilan malah justru membuat seseorang menjadi kewalahan dan akhirnya stres, lho!

Kalau kamu berminat untuk memiliki kerja sambilan di tengah kesibukan kamu sekarang, baiknya kamu cari tahu dulu bagaimana cara untuk menyeimbangkan kerjaan kantor dengan sambilan, sebelum memutuskan untuk melakukannya. Yuk, kita simak tipsnya di bawah ini!

1. Siapkan To Do List!

Hal pertama yang penting dilakukan adalah menyiapkan buku catatan atau jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat hal-hal penting baik di tempat kerja maupun di tempat kerja sambilan. Sebelum memutuskan melakukan kerja sambilan, ada baiknya kamu mencari pekerjaan seperti apa yang nggak begitu hectic melalui info lowongan kerja, info karir, dan lainnya.

2. Luangkan waktu untuk istirahat sejenak

Memiliki dua pekerjaan pastinya nggak mudah buat dilakukan, tapi hal ini akan terasa lebih mudah kalau kamu nggak lupa buat menyiapkan waktu untuk rehat sejenak dari semua pekerjaan. Hal ini penting juga untuk membantu refresh otak kamu sehingga nantinya bisa jadi lebih fokus lagi.

cara-ini-bisa-bantu-seimbangkan-kerjaan-dan-sambilan-kamu

3. Usahakan buat nggak multitasking

Banyak orang yang berpikir kalau multitasking adalah pilihan yang bagus banget buat menghemat waktu. Kok gitu, ya? Mungkin karena dengan multitasking, kita bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus. Tapi tanpa disadari, ternyata dengan melakukan multitasking, justru akan lebih banyak menguras energi. Selain menguras energi, multitasking juga bisa membuat konsentrasi terganggu. Jadi, lebih baik hindari yang satu ini, deh!

4. Tetap realistis dan jangan gegabah

Biasanya akan lebih banyak tawaran pekerjaan ketika kamu memiliki lebih dari satu pekerjaan. Terkadang, kita akan merasa tertantang dan akhirnya menerima semua tawaran yang diberikan, tanpa mempertimbangkan banyak hal terlebih dahulu, seperti waktu, tenaga, dan tingkat kesulitan. Ada baiknya untuk tetap realistis dan nggak gegabah dalam menerima pekerjaan yang ditawarkan.

Memiliki lebih dari satu pekerjaan memang tampaknya keren dan pasti akan memberikan tantangan tersendiri. Setelah membaca tips ini, apakah kamu tertarik untuk memiliki kerja sambilan?

cara-ini-bisa-bantu-seimbangkan-kerjaan-dan-sambilan-kamu

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!