Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > 5 Cara Jadi Digital Marketer
For Jobseeker

5 Cara Jadi Digital Marketer

Karina

February 15 • 5 min read

Sebagai millennial sejati, pasti sudah nggak asing dengan pekerjaan yang bernama digital marketing. Rasanya, setiap buka aplikasi atau website pencari kerja, pasti ada saja perusahaan yang sedang mencari digital marketer untuk perusahaannya. Skill yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan ini pun beragam, mulai dari harus bisa SEO bahkan sampai harus bisa menjadi seorang content creator.

Awalnya, pekerjaan digital marketing bukanlah pekerjaan yang diminati banyak perusahaan dan jobseeker. Secara, lebih banyak yang mencari marketing dibanding digital marketing, apalagi dulu, dunia digital belum berkembang seperti sekarang. Pekerjaan di dunia digitalnya saja, masih dipandang sebelah mata, kan?

Namun, seiring berjalannya waktu, pekerjaan-pekerjaan di dunia digital mulai dipandang oleh perusahaan dan dianggap penting oleh mereka. Bahkan, kini talenta-talenta yang berkecimpung di dunia digital mulai diburu dan dihargai dengan mahal. Apalagi sejak dunia dihantam oleh pandemi yang mengharuskan masyarakat mengurangi interaksi dengan orang-orang di luar rumah. Semua hal harus dilakukan secara digital, termasuk pemasaran.

Sampai sekarang, belum ada jurusan atau fakultas khusus di universitas yang mengajarkan skill-skill untuk menjadi seorang digital marketing handal. Tapi, tenang saja, kamu bisa menjadi seorang digital marketer tanpa harus memiliki gelar dalam bidang IT atau marketing.

Kamu tertarik menjadi seorang digital marketer? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melancarkan niat dan tujuanmu menjadi digital marketer:

 

1. Ikut kelas online digital marketing

Sekarang, banyak banget kelas-kelas online yang dibuka oleh experts di bidang digital marketing untuk masyarakat yang ingin berkecimpung dan terjun ke dalam dunia digital marketing, seperti Udemy, Coursera, Google Digital Garage, dan Purwadhika. Selain itu, kelas-kelas online, sering menawarkan kesempatan untuk magang juga di perusahaan-perusahaan startup yang memerlukan digital marketing.

 

2. Belajar dari situs-situs digital marketing

Tambah ilmu dan skill kamu di dunia digital marketing dengan sering-sering membaca dan membuka situs-situs yang memberikan informasi tentang digital marketing dan update-update terbarunya. Situs-situs ini seringkali ditulis oleh ahli-ahli yang memiliki pengalaman, kemampuan, serta ilmu berharga dalam bidang konten digital. Kamu bisa cek ke situs milik Neil Patel atau HubSpot untuk perdalam ilmu dan pengetahuanmu akan digital marketing.

 

3. Cari magang di bidang digital marketing

Magang bisa jadi golden ticket-mu untuk meraih mimpi menjadi seorang digital marketer. Biasanya, lewat magang, kamu bisa mendapatkan ilmu-ilmu hardskill dan softskill yang berguna untuk masa depan. Kamu juga bisa merasakan menjadi digital marketer sungguhan untuk sebuah perusahaan. Apalagi, jika lingkup profesionalmu merupakan orang-orang yang tidak segan berbagi ilmu digital marketing-nya.

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba magang di dunia digital marketing, bisa banget cari di Kalibrr Indonesia.

 

4. Cari network yang sudah berkecimpung di dunia digital marketing

Kamu bisa banget, loh, untuk membangun koneksi di antara digital-digital marketer profesional di media sosial dan komunitas online. Dengan bergaul bersama digital marketer yang lain, bisa membantu kamu untuk membangun kemampuan berpikir seperti digital marketer kebanyakan. Kamu juga bisa mendapat insight dari orang-orang yang telah terjun langsung ke dunia digital marketing dan memperoleh gambaran tentang profesi yang lagi hype ini.

5. Upgrade, upgrade, dan upgrade

Semua skill harus diasah terus agar bisa semakin lebih baik lagi dan lagi. Sebagai seorang digital marketer, kamu harus bisa terus memperbarui skill kamu, mengikuti pasar yang juga selalu berubah dan berkembang. Selain itu, lewat upgrade skill, kamu juga bisa nego gaji ke arah yang semakin positif serta mempertahankan skill-mu untuk terus fresh.

 

Gimana, menarikkan profesi digital marketing ini? Ingin mencoba untuk terjun ke profesi yang lagi hype ini? Ikuti terus lanjutan informasi mengenai digital marketing di Career Advice Kalibrr Indonesia!

 

lamar-sekarang

 

Artikel dilansir dari Digital Marketing Institute, Deloitte, dan Sprout.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!