Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Cara Membuat Paspor Online untuk Tugas ke Luar Negeri
For Jobseeker

Cara Membuat Paspor Online untuk Tugas ke Luar Negeri

Karina

December 19 • 9 min read

cara-membuat-paspor-online-untuk-tugas-ke-luar-negeri

Kalau bicara soal bepergian, pasti semua orang ingin dan butuh. Jarang ada orang yang merasa nggak butuh sama hal yang satu ini, walaupun bepergiannya buat sekadar refreshing dari pekerjaan.

Tapi, yang namanya bepergian juga bukan melulu soal refreshing dari pekerjaan, lo! Banyak orang yang bepergian malah justru buat urusan pekerjaan. Tentunya bisa, sih, diselingi sedikit untuk bersantai walaupun memang niat awalnya untuk kerja, apalagi kalau bepergiannya ke luar negeri.

Sebelum melaksanakan tugas yang bikin kamu harus banget bepergian ke luar negeri, kamu pastinya harus mempersiapkan beberapa hal penting dulu, salah satunya adalah paspor! Kalau dulu, banyak orang yang merasa malas mengurus pembuatan paspor karena prosesnya yang ribet dan lama. Tapi tahukah kamu kalau pembuatan paspor sekarang lebih mudah karena sudah bisa online?

Cara membuat paspor online nggak seribet yang kamu bayangkan, kok! Kalau kamu masih belum tahu bagaimana caranya membuat paspor online, yuk simak cara membuatnya berikut ini.

1. Dapatkan antrean paspor online

Cara membuat paspor online yang pertama adalah dengan mendapatkan antrean! Ya, kamu harus mendapatkan antrean paspor online dulu untuk bisa mengikuti proses selanjutnya. Cara mendapatkan antrean paspor online mulai tahun 2019 nggak mengharuskan kamu untuk mengantre lama di kantor imigrasi, lho! Kamu hanya perlu meminta nomor antrean yang bisa kamu minta lewat layanan WhatsApp dari kantor imigrasi yang akan kamu tuju yang nomornya bisa kamu cari di internet.

Selain dengan menghubungi lewat layanan WhatsApp, kamu juga bisa mendapatkan antrean lewat aplikasi antrean paspor online. Setelah berhasil, kamu akan tahu kapan kamu harus datang ke kantor imigrasi untuk menjalani proses selanjutnya. Perlu diingat kalau antrean paspor online dibatasi setiap harinya. Pastikan kamu memilih tanggal yang tepat untuk datang ke kantor imigrasi yang kamu tuju, ya!

2. Siapkan syarat membuat paspor

Sebelum datang ke kantor imigrasi, jangan lupa untuk melengkapi dan menyiapkan apa-apa saja yang dibutuhkan untuk memenuhi syarat pembuatan paspor, seperti:

Untuk Warga Negara Indonesia (WNI)

– Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku

– Kartu Keluarga (KK)

– Akta kelahiran atau surat baptis

– Akta perkawinan atau buku nikah, ijazah

– Surat keterangan domisili jika kamu membuat paspor di luar wilayah domisili kamu.

cara-membuat-paspor-online-untuk-tugas-ke-luar-negeri
Proses pembuatan paspor online

Sedangkan untuk WNI yang berdomisili di Indonesia maka syarat pembuatan paspor online adalah:

– KTP kedua orang tua yang masih berlaku

– Kartu Keluarga (KK)

– Akta kelahiran atau surat baptis

– Buku nikah orang tua atau akta perkawinan

3. Datang ke kantor imigrasi

Setelah segala keperluan yang harus kamu siapkan sudah siap, kamu tinggal datang saja ke kantor imigrasi untuk mengurus paspor kamu sesuai dengan jadwal yang sebelumnya sudah kamu pilih via online.

Di kantor imigrasi, kamu akan ditanya ingin membuat paspor biasa atau paspor elektronik. Paspor elektronik adalah paspor dengan data biometrik pemilik paspor, termasuk data biometrik wajah dan sidik jari untuk pemegang paspor.

Kamu juga perlu mengisi formulir dan surat permohonan pembuatan paspor online. Jangan lupa juga untuk membawa dokumen asli persyaratan pembuatan paspor online dan salinannya. Formulir harus diisi dengan bolpoin berwarna hitam, jadi jangan lupa untuk menyiapkannya juga, ya!

Jangan lupa untuk meletakkan semua berkas kamu di stopmap supaya berkas rapi dan tidak berceceran. Setelah semua proses awal selesai, kamu akan dipanggil untuk foto dan wawancara pembuatan paspor. Biasanya petugas akan menanyakan tujuan kamu membuat paspor untuk apa. Setelah wawancara selesai, baru kamu akan difoto untuk paspor kamu.

Untuk foto paspor, pastikan kamu memakai baju yang rapi dan sopan. Hindari menggunakan kaos tanpa kerah atau pakaian tanpa lengan. Kemeja adalah pilihan yang tepat dan cocok dipilih sebagai pakaian untuk digunakan saat mengambil foto paspor.

4. Melakukan pembayaran dan konfirmasi pembayaran

Kamu akan diberikan slip pembayaran untuk mentransfer biaya pembuatan paspor kamu. Biaya pembuatan paspor berbeda antara paspor online dengan paspor elektronik. Untuk paspor biasa, dengan membayar sebesar Rp355.000,- kamu sudah bisa mendapatkan paspor untuk WNI dengan 48 halaman.

Berbeda lagi untuk paspor elektronik, dimana kamu perlu membayar biaya sebesar Rp655.000,-. Cara bayarnya, kamu harus mentransger ke rekening yang ditunjuk oleh imigrasi karena nggak bisa bayar dengan cash.

5. Cek apakah paspor sudah siap diambil

Setelah semua proses pembuatan paspor selesai, inilah saatnya paspor kamu bisa diambil! Tapi tunggu dulu, sebelum mengambil paspor, kamu juga harus mengecek apakah paspor kamu sudah selesai diproses dan siap untuk diambil. Kamu bisa melakukan follow up tentang informasi paspor kamu via WhatsApp!

6. Paspor siap diambil!

Nah, ini adalah saat yang paling ditunggu-tunggu pastinya. Kalau paspor kamu sudah jadi dan siap untuk diambil, kamu hanya perlu mengambil nomor antrean pengambilan paspor di kantor imigrasi dan bawa pulang paspor kamu. Tenang, prosesnya nggak akan lama, kok!

Nah, itu dia cara bikin paspor online yang mudah dan cepat untuk kamu yang buru-buru harus bepergian ke luar negeri karena tugas kantor. Yang paling harus diingat adalah kamu harus memenuhi segala syarat pembuatan paspor online, supaya nggak ada hambatan waktu memprosesnya. Jadi, sudah siap dapat tugas ke luar negeri?

Kamu ingin tahu tentang lowongan kerja yang cocok dan sesuai minat kamu? Atau kamu sedang mencari kesempatan internship di perusahaan impian? Yuk, cek sekarang di Kalibrr Indonesia dan temukan ratusan posisi yang kamu incar!

cara-membuat-paspor-online-untuk-tugas-ke-luar-negeri


Kalibrr adalah sebuah perusahaan teknologi rekrutmen yang bertujuan untuk mentransformasi pengalaman kandidat dalam mencari kerja dan cara perusahaan merekrut talenta terbaiknya. Dengan mengedepankan pengalaman kandidat dalam tiap elemen rekrutmen, kami konsisten memikat talenta-talenta berbakat dari berbagai belahan dunia, dengan lebih dari 5,5 juta profesional di talent pool saat ini dan akan terus bertambah. Kalibrr menghubungkan mereka dengan perusahaan yang membutuhkan pemimpin bagi generasi selanjutnya.

Sebagai satu-satunya penyedia jasa solusi rekrutmen end-to-end di Asia Tenggara, Kalibrr memiliki kantor pusat di Mekati, Filipina, dan juga kantor-kantor yang beroperasi di San Fransisco, California, dan Jakarta. Hadir sejak tahun 2012, Kalibrr telah membantu lebih dari 18.000 klien serta disokong oleh inkubator start-up terbaik di dunia dan para pemodal ventura, seperti Y Combinator, Omidyar Network, Patamar Capital, Wavemaker Partners, dan Kickstart Ventures.

Untuk tips dan kiat-kiat sukses wawancara kerja beserta lowongan terbaru dari berbagai perusahaan, follow media sosial Kalibrr Indonesia di InstagramLinkedIn, dan Twitter.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!