Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > CAREER ADVICE Cara Identifikasi Lowongan Kerja Palsu Alias Bodong!
For Jobseeker

CAREER ADVICE Cara Identifikasi Lowongan Kerja Palsu Alias Bodong!

Karina

October 27 • 6 min read

Ketika semakin banyak orang yang mencari peluang kerja, semakin tinggi juga peluang munculnya lowongan pekerjaan palsu alias penipuan yang bisa bikin kamu bahkan kehilangan uang. Apalagi saat ini pencarian kerja dilakukan secara online, kamu harus pintar – pintar melihat dan menilai lowongan mana yang asli atau palsu.

Bukannya dapet pekerjaan eh malah rugi karena ketipu lowongan palsu, tidak ingin merasakan hal tersebut kan?  Yuk coba lihat ciri – ciri lowongan kerja palsu di bawah ini:

Persyaratan dan deskripsi pekerjaan tidak jelas

Pada persyaratan lowongan pekerjaan yang asli, perusahaan akan selalu memberikan detail yang cukup spesifik yang akan selalu kamu lihat dalam deskripsi. Berbeda dengan scam atau lowongan palsu, para penipu akan memberikan deskripsi pekerjaan namun detailnya tidak jelas dan cukup kabur. Misalnya terdapat persyaratan atau deskripsi berupa kandidat harus berusia legal, memiliki akses ke internet, dapat mengetik, tidak harus memiliki pengalaman ataupun kriteria sederhana dan ambigu lainnya yang membuat semua orang dapat memenuhi syarat, kamu harus berhati – hati terhadap lowongan tersebut.

Benefit yang diberikan to good to be true

Jika kamu memperhatikan bahwa deskripsi menyebutkan tingkat upah yang cukup menggiurkan untuk posisi tersebut tapi dengan kualifikasi yang tidak jelas, itu adalah salah satu peringatan. Misalnya disebutkan bahwa kamu akan dapat gaji jauh di atas rata – rata untuk posisi di tingkat pemula sebaiknya anggap itu palsu dan lanjutkan pencarian kerja kamu.

Alamat email berasal dari email pribadi

Penggunaan email pribadi atau email yang tidak jelas saat mengirim tawaran pekerjaan, bisa jadi peringatan untuk kamu bahwa perusahaan yang kamu lamar adalah palsu. Jika perusahaan tertarik merekrut kamu, maka perusahaan akan mengirimkan tawaran pekerjaan langsung dengan domain email mereka.

Isi email tidak profesional

Beberapa email dari lowongan kerja palsu terkadang memang agak sulit dibedakan dengan yang asli, tapi jika diperhatikan dengan seksama isi email pada lowongan palsu sering terdapat banyak kesalahan tata bahasa, kesalahan ketik, kurangnya tanda baca, dan lain – lain. Jika kamu merasakan ada hal yang salah dan email yang tidak profesional seperti itu, pertimbangkan untuk meneliti posisi lebih lanjut dan mencari tahu lebih banyak tentang perusahaan.

Informasi kontak perusahaan tidak jelas tau bahkan tidak dicantumkan

Cara mengidentifikasi lowongan palsu lainnya adalah dengan melihat informasi kontak perusahaan. Ketika kamu menerima email tanpa informasi kontak, termasuk nomor telepon atau alamat perusahaan, lalu logo perusahaan juga akan terlihat terdistorsi atau kualitasnya lebih rendah, berhati – hatilah. Ingatlah bahwa setiap tawaran pekerjaan resmi akan ditulis pada halaman kop surat perusahaan yang menyertakan logo dan informasi kontak mereka.

Meminta sejumlah uang dengan dalih kebutuhan proses rekrutmen

Tidak ada lowongan kerja yang sah dan resmi yang mengharuskan kamu membayar untuk kelanjutan proses rekrutmen atau bekerja di perusahaan. Kamu tidak perlu membayar apapun untuk sebuah kesempatan wawancara atau menerima pekerjaan.

Meminta informasi rahasia

Jika kamu sudah sampai tahap wawancara dan perusahaan melakukan hal ini, langsung abaikan. Ketika perusahaan ingin merekrut kamu, mereka memang membutuhkan sejumlah informasi penting seperti nomor rekening, dokumen pajak dan lain – dan lain, tapi hal ini akan dilakukan setelah adanya kesepakatan terkait kontrak kerja yang diberikan. Tapi jika kamu ditanyai hal ini di awal proses wawancara, hal tersebut adalah tanda – tanda penipuan.

Menerima tawaran pekerjaan yang tidak pernah dilamar

Pernahkah kamu merasa mendapat email tawaran pekerjaan dari sebuah perusahaan tentang posisi yang tidak pernah kamu lamar sebelumnya?

Jika iya, itu jelas sebuah modus penipuan. Tawaran langsung untuk bekerja di sebuah perusahaan yang digabungkan dengan fakta bahwa kamu tidak menghubungi perusahaan tersebut terlebih dahulu dapat berarti bahwa peluang kerja tersebut tidak sah seperti kelihatannya.

Daripada was – was dengan lowongan palsu yang ada di mana – mana, yuk cek lowongan – lowongan terbaru di Kalibrr, websitenya aman dan berisi lowongan kerja yang sudah terverifikasi keasliannya!

Segera temukan pekerjaan impian kamu ya!

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!