Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Deretan Hal yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Ilmu Public Speaking
For Jobseeker

Deretan Hal yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Ilmu Public Speaking

Karina

February 27 • 5 min read

Sebagai makhluk sosial, manusia tentu saja butuh banget yang namanya berkomunikasi. Komunikasi penting untuk kita pelajari supaya informasi yang ingin disampaikan dapat tersalurkan dengan jelas. Nggak cuma dalam kehidupan sehari-hari saja, dalam ruang lingkup pekerjaan juga perlu komunikasi, loh! Salah satu ilmu komunikasi yang perlu kamu pelajari adalah ilmu public speaking atau teknik berbicara di depan umum.

Sadar atau nggak, public speaking sangat dibutuhkan dalam dunia kerja yang sangat dinamis ini. Selain bisa membantu kamu dalam menyampaikan pesan dengan jelas, public speaking juga berguna banget untuk kamu membangun relasi. Oke, apakah cuma itu? Nggak juga, berikut beberapa hal yang bisa kamu dapatkan dari belajar public speaking.

1. Berbicara dengan lancar

Salah satu penyebab gagalnya sebuah penyampaian informasi adalah prosesnya yang kurang berjalan dengan lancar.  Apalagi jika kamu menyampaikan pesan dengan terbata-bata atau sedikit gagap.

Selain bisa membuat kamu gagal menyampaikan pesan dengan baik, kamu juga akan bisa kehilangan kesempatan untuk meyakinkan orang tentang ide kamu. Maka dari itu, dengan belajar public speaking kamu akan bisa berbicara dengan lancar tanpa terbata-bata sehingga pesan yang ingin kamu sampaikan dapat tersalurkan dengan baik.

2. Menata kata dengan lebih baik

Kesulitan yang kemungkinan akan kamu hadapi saat berkomunikasi dengan orang lain adalah penataan kata yang kurang tepat untuk lawan bicara kamu. Penataan kata itu cukup penting untuk membuat lawan bicara kamu bisa menangkap pesan kamu dengan lebih cepat.

Saat kamu belajar tentang public speaking, kamu akan mempelajari cara menata kata dengan baik sehingga kamu bisa menyampaikan pesan dengan jauh lebih efektif dan dapat dicerna dengan baik oleh lawan bicara kamu.

3. Penyampaian ide jadi lebih jelas

Jika ingin sukses dengan ide kamu, tentu saja hal itu harus kamu utarakan dengan jelas kepada orang lain. Dengan begitu, banyak orang akan tergerak dengan ide kamu dan mau ikut merealisasikan ide brilian kamu.

Terus bagaimana caranya? Salah satu kuncinya adalah cara menyampaikan ide yang jelas dan sistematis. Nah, untuk cara yang satu ini akan bisa banyak kamu pelajari saat kamu mengambil kelas public speaking.

4. Membuat kamu jadi lebih didengar

Pernah nggak sih, kamu sudah berbicara panjang lebar, tapi hanya menjadi angin lalu saja buat lawan bicara kamu atau rekan satu tim kamu di kantor? Bisa jadi ini masalah penyampaian pesan saat kamu berbicara.

Jika kamu belajar soal public speaking, kamu akan mempelajari berbagai cara dan tips untuk menjadi orang yang lebih didengar oleh sekeliling kamu. Salah satu caranya adalah meningkatkan kharisma kamu saat berbicara.

5. Meningkatkan peluang karir 

Dalam dunia karir, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan karir kamu. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan tentu saja dengan melebarkan koneksi atau relasi dalam pekerjaan kamu.

Dalam meningkatkan relasi, tentu saja butuh yang namanya berkomunikasi interpersonal yang baik, mulai dari memperkenalkan diri, membaur dengan obrolan, hingga menyampaikan ide atau gagasan kepada orang baru. Hal ini bisa banget kamu dapatkan tekniknya saat kamu belajar tentang public speaking.

Nah itu tadi beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa kamu dapat jika kamu mengambil dan mempelajari public speaking. Semoga bisa membantu kamu dalam meningkatkan karir, yah!

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!