Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Deretan Manfaat yang Bisa Kamu Dapat Saat Berani Mengaku Salah
For Jobseeker

Deretan Manfaat yang Bisa Kamu Dapat Saat Berani Mengaku Salah

Karina

July 25 • 5 min read

Setiap orang pasti pernah berbuat salah. Enggak ada satu manusia pun yang sempurna tanpa cela dan kesalahan. Melakukan kesalahan seperti sudah melekat di dalam darah dan daging kita sebagai manusia. Namun, pertanyaannya sekarang, seberapa sering kita mengakuinya?

Namanya kesalahan pasti ada saja, namun bukan bukan berarti kita harus menghindarinya. Setiap kesalahan yang kita perbuat, sepatutnya harus kita akui. Bicara soal mengaku salah, tahu enggak sih, ternyata berani mengaku salah itu punya banyak manfaat, loh!

1. Menyelamatkanmu Dari Rasa Bersalah

Rasa bersalah itu bertumpuk terus menerus tanpa kita sadari. Dan faktanya, rasa bersalah itu akan semakin menumpuk berkali-kali lipat saat kamu menyangkal kesalahan yang kamu perbuat. Apakah ini yang kamu cari? Kayaknya sih enggak, yah.

Maka dari itu, memberanikan diri untuk mengaku salah dan meminta maaf akan membuatmu sedikit lebih tenang dan terhindar sedikit dari rasa bersalah yang menumpuk. Energi yang kamu punya pun menjadi enggak terlalu terkuras, jadi bisa membuatmu lebih bebas untuk melangkah.

2. Bikin Kamu Enggak Harus Berbohong

Menyangkal kesalahan yang kamu perbuat demi membela diri mungkin sering juga dilakukan oleh orang lain. Ada banyak cara yang mereka lakukan, salah satunya berbohong untuk menutupi kesalahan. Mungkin berhasil, tapi coba pikirkan lagi, apa yang mereka dapat setelah itu? Enggak ada!

Alih-alih menyelesaikan masalah, berbohong untuk menutupi kesalahan hanya akan membawamu kepada masalah yang baru. Dengan mengakui kesalahan, kamu jadi terhindar dari masalah, dan yang terpenting kamu jadi enggak harus berbohong.

3. Menunjukkan Keberanian dan Kejujuran

Bagi sebagian orang, mengakui kesalahan itu adalah tindakan yang lemah, kurang berani, cari aman, dan lainnya. Rasanya enggak juga sih, mengakui kesalahan justru bisa menunjukkan bahwa kamu orang yang berani.

Yes, itu karena enggak semua orang berani mengutarakan kesalahan mereka, enggak semua orang berani bilang kalau mereka salah. Itu karena mereka takut untuk menjadi bulan-bulanan atas kesalahan mereka. Jadi, mengaku salah tentu tindakan berani karena kamu berani tenggung jawab dan mengambil semua risiko. Berani mengaku salah juga bisa membuatmu lebih dipercaya karena kamu dianggap sebagai orang yang jujur dan sportif.

4. Membantumu Move On

Pernah enggak sih, kamu bertemu dengan orang yang ngebahas kesalahannya terus menerus? Ya, itu karena mereka masih belum bisa berlalu dari rasa bersalah mereka.

Mengaku salah dan berdamai pada kesalahan yang kamu buat akan membuatmu lebih santai, dan bahkan lebih mudah untuk move on. Hal itu karena sudah enggak ada lagi beban kesalahan yang kamu tanggung, semua sudah lepas dan semua sudah selesai.

5. Membuka Peluang Untuk Mengoreksi

Hal yang satu ini bisa jadi adalah manfaat terbesar yang bisa kamu dapat saat kamu berani mengaku salah. Yes, kesempatan untuk mengoreksi.

Kenapa ini menjadi penting? Itu karena dengan mengaku salah, kamu jadi punya peluang untuk membicarakan masalahmu. Menyangkal kesalahan akan membuatmu memendam masalah, yang berujung pada tertutupnya peluang untuk mengoreksi kesalahanmu. Dengan mengaku salah, kamu jadi punya peluang deh untuk mengoreksi kesalahan biar enggak terulang lagi di masa mendatang.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!