Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>Employer Branding > Employer Branding vs Employee Branding
Employer Branding

Employer Branding vs Employee Branding

Karina

December 12 • 5 min read

Tahukah Anda, ternyata bukan cuma employer branding saja yang harus perusahaan perhatikan. Ada juga yang namanya employee branding, yakni reputasi perusahaan di antara karyawannya.

Dari perspektif karyawan, setiap perusahaan memiliki dua sisi terhadap citra mereknya. Ada sisi yang diciptakan oleh pemberi kerja, yang sengaja dibuat oleh perusahaan dan berfungsi untuk meningkatkan awareness terhadap citra perusahaan, lalu menarik kumpulan kandidat – kandidat potensial serta menunjukkan perusahaan sebagai tempat yang baik untuk bekerja yang disebut dengan employer branding,  kemudian ada dari sisi internal, yaitu citra merek yang dibentuk oleh karyawan yang disebut dengan employee branding.

Walaupun terlihat sama, namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Keduanya sama – sama memiliki kepentingan dalam keberhasilan sebuah perusahaan Anda khususnya terhadap pembentukan branding atau citra merek perusahaan Anda secara keseluruhan.

 

Employer Branding

Employer branding dapat didefiniskan sebagai reputasi yang diciptakan perusahaan untuk menarik kandidat. Employer branding adalah citra yang perusahaan inginkan dari pelamar dan karyawan saat ini untuk diasosiasikan dengan perusahaan.

Employer branding adalah sesuatu yang dapat dipengaruhi. Sebagai seorang HR, jika Anda ingin menonjolkan nilai perusahaan yang Anda tawarkan kepada karyawan, Anda dapat memamerkan tempat kerja Anda melalui  sosial media , meminta ulasan di situs karir seperti Glassdoor, atau menciptakan halaman karir Anda di situs web perusahaan dengan konten yang khusus ditujukan sebagai persona untuk menarik kandidat ideal Anda.

 

Employee Branding

Employee branding adalah perpanjangan dari employer branding/merek perusahaan Anda, mereka sama – sama dapat mempengaruhi merek perusahaan yang baik.

Definisi employee branding adalah persepsi yang diciptakan oleh karyawan dan calon karyawan tentang perusahaan Anda sebagai tempat kerja. Contohnya saat seorang karyawan bercerita tentang bagaimana perusahaan memperlakukan mereka seperti manfaat besar, banyak waktu istirahat, dan peluang untuk maju, dan lain sebagainya. Karyawan yang menghargai hal-hal tersebut kemungkinan akan menghasilkan merek karyawan yang positif. Selain itu karyawan juga sangat mungkin untuk menulis ulasan di situs pencari kerja tentang perusahaan Anda tanpa sepengetahuan Anda, dan menceritakan perusahaan sebagai tempat yang bagus atau buruk untuk bekerja.

Jika Anda ingin employee branding yang positif, Anda harus proaktif berinvestasi dalam merek karyawan.

 

Perbedaan antara Employer Branding dan Employee Branding

Employer branding dan employee branding sebenarnya adalah satu kesatuan yang bertujuan untuk membentuk branding perusahaan, tapi keduanya juga memiliki perbedaa.

Walaupun pemimpin perusahaan dapat mempengaruhi kedua merek tersebut, pada akhirnya employer branding dan employee branding diciptakan oleh audiens yang berbeda. Employer branding sebagian besar didorong oleh para pemimpin perusahaan dan SDM dan tujuannya adalah mendapat persona yang Anda inginkan dari pencari kerja, pemangku kepentingan, dan komunitas untuk diasosiasikan dengan perusahaan Anda dalam hal menawarkan tempat untuk bekerja.

Untuk mencapai persona ini, Anda dapat menanamkan nilai-nilai perusahaan Anda dalam dan menyoroti apa yang dapat Anda tawarkan kepada karyawan (misalnya, tunjangan, peluang kemajuan, dan lain lain). Anda dapat berbicara tentang budaya perusahaan dan memberikan gambaran kepada kandidat dan komunitas tentang bagaimana rasanya bekerja untuk Anda.

Berbeda dengan employer branding, employee branding juga masih dapat dipengaruhi oleh pemimpin perusaahan melalui komunikasi internal dan pengalaman yang mereka berikan kepada karyawan. tetapi pada akhirnya, karyawannya yang tetap menciptakan citra/reputasi tersebut. Employee branding adalah hal-hal yang mereka katakan kepada orang-orang tentang bagaimana rasanya bekerja di perusahaan Anda, dan apa mereka membuat orang lain tertarik untuk melamar ke perusahaan Anda.

CTA

Artikel dilansir dari Blog.empuls dan Meltwater.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!