Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Hackathon, Cara Tepat Cari Talent Akurat
For Jobseeker

Hackathon, Cara Tepat Cari Talent Akurat

Karina

June 04 • 6 min read

Pasar rekrutmen tidak pernah lebih kompetitif seperti sekarang ini. Talent – talent berpengalaman seperti misalnya talent di bidang teknologi merupakan salah satu talent yang menjadi “incaran”  para rekruter di perusahaan – perusahaan. Hal ini menjadi semakin sulit untuk rekruter dalam mencari talent yang tepat. Apalagi kebanyakan dari mereka biasanya merupakan kandidat pasif, ataupun sedang tidak mencari peluang kerja baru. Job portal, iklan, social media semua platform sudah digunakan tapi hasil yang didapatkan juga kurang memuaskan, maka inilah saatnya untuk menggunakan strategi lain dalam mencari talent yang akurat di bidang IT yaitu Hackathon.

Bagi orang yang awam dengan teknologi istilah hackathon ini memang terasa asing. Karena hackathonadalah acara yang biasanya diselenggarakan oleh perusahaan teknologi atau startup untuk berkolaborasi dalam suatu proyek. Bentuknya semacam kompetisi dimana biasanya para peserta bekerja dengan cepat menyelesaikan masalah teknologi atau membuat prototipe aplikasi perangkat lunak seperti web atau aplikasi seluler. Hackathon biasanya diikuti oleh para pelajar di bidang teknologi, programmer baru ataupun profesional karena banyaknya keuntungan yang di dapat saat berpartisipasi dalam kegiatan ini dan tentunya menyenangkan.

Untuk para rekruter ini adalah kesempatan emas untuk mencari talent – talent terbaik dan akurat di bidang teknologi. Karena orang – orang yang berpartisipasi dalam hackathon adalah orang – orang yang akan bekerja lebih keras untuk mencapai tujuan mereka. Mereka siap menghadapi tantangan di luar tanggung jawab mereka biasanya. Strategi rekrutmen dengan mengadakan acara seperti ini telah menjadi salah satu hal yang biasa di negara luar. Di Indonesia sendiri hackathon sempat diselenggarakan oleh beberapa perusahaan multinasional seperti Unilever, Google Indonesia, Toyota dan lainnya.

5 manfaat menggunakan hackathon sebagai strategi rekrutmen anda :

Hackathon adalah tambang emas bakat khususnya di bidang IT. Melalui acara ini, Anda dapat melihat langsung potensi yang dimiliki oleh kandidat, mengidentifikasi kekuatan mereka, hingga peluang yang mereka punya. Anda dapat menemukan talent yang dibutuhkan perusahaan anda di sini.

  • Candidate Experience

Hackathon adalah salah satu bentuk employer branding yang berguna untuk mengelola image dan brand perusahaan Anda. Dengan memberikan pengalaman Hackathon yang menyenangkan, berpeluang dapat memberikan image perusahaan Anda sebagai perusahaan yang inovatif.

  • Time to hire

Hackathon memungkinkan anda dapat mengumpulkan data – data kandidat dan dapat meninjaunya dalam waktu singkat

  • Find the dedicated ones

Hackathon adalah acara berbentuk kompetensi yang mewajibkan peserta mengerjakan soal dari perusahaan. Melalui hackathon Anda dapat menemukan kandidat yang sesuai kebutuhan perusahaan, karena anda dapat mengetahui dengan betul dan jelas kemampuan kandidat.

  • Effective

Orang – orang yang mengikuti kompetisi hackathon biasanya adalah orang – orang di bidang IT yang aktif mencari kerja tapi ada juga kandidat pasif yang hanya tertarik dengan tantangan  dan mungkin hadiahnya. Jadi dengan hackathon Anda tidak hanya  dapat membangun list kandidat potensial anda untuk saat ini, tetapi juga untuk masa depan untuk kandidat – kandidat pasif itu tadi.

 

Hackathon adalah salah satu cara yang digunakan oleh sebagian besar pemain teknologi untuk mencari talent atau kandidat yang paling cocok. Semakin banyak perusahaan telah mengadopsi cara ini sebagai bentuk praktik perekrutan modern dan berinvestasi untuk mencari talent – talent terbaik. Jadi tidak dapat dipungkiri lagi, jika hackathon adalah cara tepat mendekatkan Anda kepada kandidat idaman.

Kalibrr sebagai perusahaan teknologi di dunia rekrutmen telah berhasil bekerja sama dengan beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia sebagai penyelanggara hackathon,  sebut saja Unilever, Google Indonesia, Bank Mandiri, Kementrian Keuangan dan partner – partner kami lainnya. Kami hadir untuk membantu Anda mengombinasikan kemudahan teknologi dan menemani Anda bertransformasi di era digital dalam menemukan kandidat idaman Anda dengan proses yang efektif dan efisien.

Jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan kami untuk mengadakan acara-acara tersebut, hubungi kami segera di yanto@kalibrr.com

Artikel dilansir dari Hackerearth, Laboratoria dan Rasmussen

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!