Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > High-tech, High-Touch’: Evolusi Strategi Rekrutmen Berbasis Virtual
For Employer

High-tech, High-Touch’: Evolusi Strategi Rekrutmen Berbasis Virtual

Karina

August 08 • 5 min read

Produktivitas industri Indonesia berangsur bangkit dan perusahaan kembali mempercepat upayanya untuk menemukan kandidat terbaik. Kabar baiknya, pandemi membuka jalan bagi tatanan baru perpaduan teknologi dan sentuhan manusia dalam merekrut karyawan. Hal ini tentu memberi harapan bagi para perusahaan untuk memperbaiki kondisi operasional mereka dengan mulai membuka lowongan pekerjaan. Namun cara lama atau konvensional tentunya tidak akan relevan lagi untuk  digunakan saat ini. Perusahaan harus adaptif terhadap perubahaan ini dan menyusun strategi rekrutmen terbaru.

Untuk merekrut calon kandidat, perusahaan memerlukan platform online untuk menyelenggarakan acara rekrutmen virtual. Berkat teknologi, kesulitan ini dapat mengurangi setidaknya halangan yang ada. Dalam hal perekrutan virtual, perusahaan dapat menggunakan strategi perekrutan mereka dan menerapkannya ke dunia virtual untuk mensimulasikan proses perekrutan yang sama menggunakan satu platform dan situasi pandemi saat ini benar-benar sudah mengakselerasi adopsi teknologi seperti ATS dan video interview untuk mempercepat proses rekrutmen dan memperluas database kandidat yang mendaftar. Tetapi pemanfaatan teknologi masih sering terbatas digunakan untuk keperluan penyaringan kandidat saat mereka sudah mendaftar ke sebuah pekerjaan. Padahal teknologi dan aplikasi daring memberikan kebebasan untuk berinteraksi, mengenal, dan melakukan proses rekrutmen secara lebih mendalam dan personal, meskipun tidak dilakukan secara tatap muka. Hal ini harus diperhatikan oleh para perusahaan.

Jika ingin perekrutan virtual menjadi bagian dari perusahaan Anda. Berikut empat cara yang dapat Anda ikuti untuk memastikan strategi tersebut berhasil :

1. Kenali audiens

Untuk benar – benar menonjol dan terlihat bagi banyak orang, Anda harus terlebih dahulu memulai dengan pertanyaan. Siapa audiens Anda dan mengapa mereka harus mengetahui keberadaan Anda?

Dengan begitu Anda dapat menerapkan kampanye pemasaran yang lebih khusus dan tertarget.

2. Temukan teknologi yang tepat

Menemukan teknologi yang tepat untuk digunakan saat menjalankan acara rekrutmen virtual tidak semudah kedengarannya. Banyak platform memiliki batasan tentang apa yang dapat dan tidak dapat mereka lakukan, yang dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk membagikan brand perusahaan mereka, jadi pastikan memilih dan menggunakan teknologi yang tepat.

3. Atasi masalah yang yang sedang “hangat”

Seperti yang telah kita lihat, ada serangkaian masalah dan nilai baru yang penting bagi audiens Anda. Dengan membahas berbagai topik atau masalah yang sedang hangat saat itu atau menjadi keresahan audiens maka dapat menunjukkan bahwa perusahaan Anda memiliki concern, solusi dan komitmen terhadap masalah ini. Bahkan, Anda juga dapat menjalankan acara virtual tertentu yang ditujukan untuk topik ini.

4. Kreatif

Buatlah rangkaian acara rekrutmen virtual yang membuat Anda menonjol, bisa dari segi pembicara, tema, dan konten apa yang Anda berikan. Tidak lupa juga, untuk memberi nilai atau value kepada audiens yang terlibat.

Menata Ulang Strategi Rekrutmen dan Branding Perusahaan Berbasis Teknologi

Sebagai perusahaan teknologi di bidang human resources, selain membantu perusahaan dalam proses rekrutmen melalui Artificial Intelligence, Kalibrr juga dapat membantu perusahaan – perusahaan dalam membangun employer brandingnya. Employer branding seperti aktivasi event, program maupun kampanye dapat kami bantu melalui teknologi dan juga proses humanis yang kami miliki. Tapi, tidak hanya sekadar menyelenggarakan event, Kalibrr juga membuka kesempatan untuk klien konsultasi. Memberikan saran, referensi, bagaimana (acara, program, atau kampanye rekrutmen) yang baik, yang bisa sesuai dengan target talent agar relevan dan konsisten. Kalibrr menyediakan layanan yang menyeluruh tapi tetap high-touch meski diadakan secara online.

Sebagai perusahaan yang telah berkiprah dalam menggabungkan strategi rekrutmen dan branding, Kalibrr telah menunjukkan bahwa pemakaian teknologi yang sinergis dan tepat dapat menghadirkan proses branding dan rekrutmen berbasis daring sepenuhnya yang interaktif, masif, dan kreatif.

CTA

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!