Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > 3 HR Tren di Tahun 2022 yang Wajib Diketahui
For Employer

3 HR Tren di Tahun 2022 yang Wajib Diketahui

Karina

December 19 • 4 min read

Pandemi yang menimpa dunia khususnya Indonesia telah menunjukkan bahwa strategi sumber daya manusia yang baik harus siap terhadap perubahan. Walaupun perubahan juga akan terus terjadinya dan kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi kedepannya, tapi kita dapat mengantisipasinya dengan beberapa tren dalam manajemen maupun strategi sumber daya manusia agar dapat menyiapkan diri menuju tahun yang baru.

 

Apa saja kira – kira tren yang akan menemani para HR, divisi SDM dan praktisi sumber daya manusia di tahun 2022 mendatang?

Key Competencies and Skill Management

Perusahaan yang memprioritaskan pengembangan keterampilan karyawan telah menjadi praktik umum selama beberapa tahun, tetapi pandemi telah memperkuat tren ini. Perubahan yang terjadi akibat pandemi telah memberikan dorongan besar untuk digitalisasi. Sebagai akibatnya, dorongan ini berdampak pada proses kerja dan keterampilan yang dibutuhkan sehingga manajemen keterampilan/bakat menjadi semakin penting sebagai tren sumber daya manusia. Manajemen keterampilan mengacu kepada memahami, mengembangkan, dan mengalokasikan karyawan dengan keterampilan mereka.

 

Diversity & Inclusion

Keragaman dan inklusi telah menjadi pembahasan yang umum di beberapa perusahaan sejak lama tapi dewasa ini beberapa perusahaan telah mengakui keunggulan strategis dari tim yang beragam dan semakin berfokus pada keragaman serta inklusi sebagai strategi bisnis yang efektif. Karyawan yang beragam membawa latar belakang dan pengalaman yang berbeda ke perusahaan dan dianggap dapat menciptakan nilai tambah yang besar bahkan banyak studi telah membuktikan bahwa beragam perusahaan lebih kompetitif, menguntungkan, dan inovatif. Selain itu, penerapan keragaman dan inklusi pada perusahaan juga menunjukkan kepuasan dan retensi karyawan yang lebih tinggi .

 

Change Management & Scenario Planning

Di dunia yang sangat dinamis saat ini, kemampuan beradaptasi (kemampuan untuk merespons perubahan) adalah yang terpenting. Perusahaan harus cepat dan efisien beradaptasi dengan menciptakan skenario baru atau perencanaan terpadu yang sedemikian rupa dengan berbagai kondisi dan resikonya serta menciptakan peluang baru di lingkungan dengan ketidakpastian yang tinggi, karena manajemen perubahan yang tepat berhubungan langsung dengan seberapa cepat pelajaran yang didapat.

Manajemen perubahan yang gesit juga dapat memberikan keunggulan kompetitif yang jelas bagi perusahaan.Tetapi untuk mengaktifkan manajemen perubahan yang gesit, perusahaan harus menguraikan skenario yang mungkin terjadi sebelumnya. Oleh karena itu, perencanaan skenario adalah tentang mempersiapkan situasi masalah dan mengerjakan serta mengimplementasikan peluang.

3 tren SDM ini hanya mencerminkan sebagian kecil dari apa yang harus ditangani oleh Manajemen Sumber Daya Manusia di tahun-tahun mendatang. Pandemi yang telah bersama dengan kita sejak 2 tahun lalu telah mendorong beberapa tren SDM yang baru dan juga digitalisasi di banyak bidang. Tugas bagi manajer SDM, praktisi SDM maupun orang – orang di divisi sumber daya manusia sekarang ini adalah menganalisis tren baru ini secara strategis untuk perusahaan mereka sendiri dan menggunakannya dengan bijaksana. Namun perlu diingat juga untuk tidak boleh kehilangan fokus pada karyawan dan bertindak sesuai dengan value atau visi misi perusahaan.

CTA

Artikel dilansir dari Mysteryminds dan HR Morning.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!