Item terkait berdasarkan kata kunci pencarian Anda akan dicantumkan di sini.

Beranda>For Employer > Checklist Membuat Profil Perusahaan yang Menarik di Kalibrr
For Employer

Checklist Membuat Profil Perusahaan yang Menarik di Kalibrr

Kinanti Margining Widi

September 13 • 7 menit membaca

Profil perusahaan yang baik bukan hanya berisi perkenalan singkat tentang perusahaan Anda, tetapi juga bagaimana perkenalan tersebut dapat membawa kesan baik di benak kandidat. Menampilkan nilai-nilai perusahaan secara tertulis maupun visual, dapat menjadi cara lain memaksimalkan profil perusahaan. Secara tidak langsung, kelengkapan profil perusahaan juga menjadi salah satu upaya HR untuk membangun employer branding jangka panjang.

Mengapa Profil Perusahaan Penting?

Di job market, bukan hanya kandidat yang bersaing mencari pekerjaan, tetapi HR juga berlomba mendapatkan talenta terbaik untuk bekerja di perusahaannya. Dalam persaingan ini, profil perusahaan yang kuat menjadi pembeda. Profil yang terstruktur dan menarik dapat menciptakan kesan positif serta menarik kandidat berkualitas. Di platform Kalibrr, HR dapat memanfaatkan berbagai fitur untuk menonjolkan keunikan dan keunggulan perusahaan. Artikel ini menyajikan checklist sebagai panduan bagi HR dalam melengkapi profil perusahaan di Kalibrr.

Checklist Membuat Profil Perusahaan di Kalibrr

Untuk mengaplikasikan checklist ini, hal pertama yang harus dipastikan tentunya Anda harus memiliki akun rekruter di Kalibrr. Jika Anda belum memiliki akun, silakan klik disini, untuk uji coba GRATIS.

Jika Anda sudah masuk ke akun rekruter Kalibrr, berikut adalah tampilan backend yang pertama kali akan Anda lihat. Di sisi kanan atas, terdapat nama admin perusahaan yang dapat Anda klik. Pilih “Account Setting” untuk membuat dan melengkapi profil perusahaan lebih lanjut.

Profil Perusahaan - Account Setting Kalibrr

Checklist #1: Nama dan Industri Perusahaan

Profil Perusahaan - Checklist 1

Pastikan nama perusahaan ditulis secara resmi dan konsisten dengan identitas perusahaan di platform lain misalnya situs web perusahaan, media sosial, ataupun dokumen legal. Hindari penggunaan singkatan atau nama tidak resmi yang mungkin membingungkan kandidat.

Pada bagian “Industry”, pilih yang paling relevan dengan core business perusahaan Anda. Misalnya, untuk perusahaan teknologi, Anda bisa memilih “Computer Software / Engineering”, seperti pada contoh di gambar. Industri yang dipilih harus mencerminkan dengan jelas bidang dan keahlian utama perusahaan, agar kandidat bisa memahami sektor tempat perusahaan beroperasi.

Checklist #2: Deskripsi Perusahaan

Profil Perusahaan - Checklist 1

Deskripsi perusahaan adalah bagian krusial yang dapat dimanfaatkan untuk memperkuat branding perusahaan, dengan menonjolkan poin-poin keunikan dan keunggulan yang dimiliki.

Baca juga “Siapa Bilang Strategi Employer Branding Harus Mahal?

  • Misi perusahaan: pastikan deskripsi perusahaan mencerminkan misi utama dengan jelas, seperti bagaimana perusahaan ingin membawa perubahan positif dalam industri atau komunitasnya.
  • Budaya dan nilai perusahaan: Jelaskan budaya dan nilai-nilai perusahaan yang menonjol, yang bisa menarik kandidat yang sesuai dengan nilai tersebut. Misalnya, optimisme dan komitmen untuk inovasi yang disebutkan dalam deskripsi di atas.
  • Keunggulan perusahaan: Sebutkan keunikan atau keunggulan perusahaan dibanding kompetitor. Misalnya, teknologi dan layanan yang dapat menghubungkan individu dengan bisnis kelas dunia, atau inovasi di kawasan Asia Tenggara, seperti pada contoh yang diberikan. Gunakan bahasa yang inspiratif dan memberikan dampak untuk menarik minat talenta berkualitas. 

Checklist #3: Lokasi Perusahaan 

Profil Perusahaan - Checklist 3

Bagian “Location” pada profil Kalibrr penting untuk diisi, terutama bagi perusahaan yang tidak menerapkan remote working. Sebelum melamar, kandidat akan mempertimbangkan lokasi terutama jika harus datang langsung ke kantor setiap hari. Informasi lengkap tentang negara, kota, hingga alamat detail akan membantu mereka memahami jarak dan aksesibilitas dari tempat tinggal mereka ke kantor.

Checklist #4: Logo Perusahaan

Profil Perusahaan - Checklist 4

Logo merupakan elemen penting dalam branding perusahaan. Memasang logo secara konsisten, termasuk di profil Kalibrr, dapat membantu membangun kepercayaan calon kandidat bahwa perusahaan Anda adalah entitas yang sah dan kredibel. Pastikan bahwa logo yang Anda unggah memiliki resolusi baik, minimal 400px, dalam format PNG, JPG, atau GIF. Pastikan juga bahwa logo yang digunakan adalah versi terbaru dari logo perusahaan Anda.

Checklist #5: Website dan Media Sosial Perusahaan

Profil Perusahaan - Checklist 5

Mengisi bagian “Company Socials” di profil Kalibrr merupakan langkah penting untuk memaksimalkan visibilitas dan hubungan keberlanjutan antar perusahaan dengan kandidat. Pastikan semua link yang Anda berikan berfungsi dengan baik dan mengarah ke halaman yang relevan.

Checklist #6: Banner Perusahaan

Profil Perusahaan - Checklist 6

Selain logo, banner perusahaan adalah cara untuk menonjolkan kembali identitas merek Anda secara visual. Desain yang menarik dan konsisten dengan branding perusahaan memperkuat citra perusahaan dan meningkatkan pengenalan merek. Pastikan desain banner mencerminkan identitas visual perusahaan Anda, termasuk penggunaan warna, font, dan elemen grafis yang konsisten dengan logo dan materi branding lainnya.

Jika seluruh checklist di atas sudah terpenuhi, langkah awal proses rekrutmen Anda dengan Kalibrr telah selesai. Selanjutnya, Anda dapat melanjutkan ke tahap pembuatan lowongan kerja dan mengaktifkan kegiatan rekrutmen menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh Kalibrr. Bantuan AI, ATS, dan fitur lainnya akan memudahkan Anda dalam menemukan kandidat unggul. Meningkatkan efisiensi dan mempercepat proses rekrutmen perusahaan Anda.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba akun rekruter Kalibrr langsung, secara GRATIS. Klik tombol di bawah ini, untuk memulai FREE TRIAL Kalibrr dan lihat bagaimana platform kami dapat membantu proses rekrutmen perusahaan Anda.

Kini Anda bisa menerbitkan lowongan pekerjaan di Platform Kalibrr secara Gratis, tanpa syarat, tanpa pakai Kartu Kredit

Daftar Sekarang

Bagikan via:
Komentar (0) Kirim Komentar

Belum ada komentar yang tersedia!