Item terkait berdasarkan kata kunci pencarian Anda akan dicantumkan di sini.

Beranda>For Employer > Coffee Brreak With Kalibrr Indonesia : Mentransformasikan Proses Penilaian Kandidat dari Offline Menjadi Online!
For Employer

Coffee Brreak With Kalibrr Indonesia : Mentransformasikan Proses Penilaian Kandidat dari Offline Menjadi Online!

Karina

September 10 • 4 menit membaca

Jika menyebutkan apa saja yang menjadi dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia rekrutmen, kesulitan untuk mengukur kemampuan kandidat pasti menjadi salah satunya.

Tahapan penilaian (assessment) menjadi alat penting untuk mengukur tingkat kompetensi dan kemampuan kandidat. Pandemi Covid-19 menjadi kendala yang menghalangi perusahaan dan kandidat untuk bertemu dan melakukan kegiatan penilaian secara tatap muka, karena hanya dengan melihat CV kandidat saja rasanya belum cukup bukan untuk dapat merekrut mereka?

Andrew Nugraha Patty selaku Employer Brand Employer Brand Activation Manager, dalam Coffee Brreak edisi September kali ini kembali lagi membagikan ilmunya terkait digital assessment dan digital experience yang dapat dilakukan oleh perusahaan, terutama perusahaan yang merekrut dalam jumlah banyak (mass hiring) seperti program Management Trainee.

Diselenggarakan pada 7 September lalu, kami berhasil mengundang kurang lebih 27 partisipan yang berasal dari rekruter dari berbagai perusahaan dan Coffee Brreak pun berjalan dengan interaktif. Sebagai awal presentasinya, Andrew memberikan polling di Zoom yang menanyakan

“Berapa banyak CV yang setiap harinya harus di screening oleh para rekruter?”

Sebagian besar  dari partisipan menjawab 11 – 50 setiap harinya. Presentasi pun dilanjutkan dengan data yang memuat ternyata 52% rekruter atau tim di bidang sumber daya mengalami kesulitan dalam menyaring kandidat, apalagi di tengah pandemi seperti ini.

Maka dari itu, peran teknologi sangat penting saat ini untuk mempermudah atau mengurangi kendala yang ada. Melalui bantuan teknologi, penilaian berbasis daring (remote hiring) bisa menjadi solusi untuk kebutuhan perusahaan sekarang ini. Perusahaan dapat mengintegrasikan tahapan penilaian yang digunakan perusahaan selama ini seperti tes ketangkasan, focus group discussion, presentasi, analisis studi kasus, dan banyak lagi ke dalam format online.

Andrew dalam acara Coffee Brreak kemarin membagikan beberapa insights tentang topik ini dan memberikan tips – tips bagaimana mentransmisikan proses perekrutan perusahaan ke pengalaman digital, bahkan juga menceritakan bagaimana Kalibrr membantu klien – klien dalam permasalahan ini seperti misalnya Unilever dalam Program Unilever Future Leaders’ Programme serta Coca Cola Europacific Partner dalam Program Graduate Trainee program mereka.

“Dengan bantuan teknologi perusahaan dapat menciptakan tahapan penilaian yang kuat secara digital serta sekaligus mengungkapkan kemampuan kandidat yang sebenarnya, tanpa menghilangkan sisi human touch-nya” Jelas Andrew

Dengan diadakannya Coffee Brreak September lalu, Kalibrr berharap dapat menjawab kegelisahan perusahaan – perusahaan yang sedang berjuang dalam proses rekrutmen yang menuju digital seperti “Bagaimana perusahaan dapat mengubah proses penilaian offline menjadi online?”, “Bagaimana dapat mengintegrasikan berbagai tahap penilaian mereka ke dalam satu proses online?”, “Bagaimana cara terbaik untuk berkomunikasi secara efektif dengan kandidat di setiap langkah rekrutmen?” dan pertanyaan – pertanyaan lainnya.

Butuh bantuan dalam menyelenggarakan Program Managament Trainee Anda? Kami siap berkolaborasi!

Bagikan via:

Tentang Penulis

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. Lebih Lanjut Karina

Komentar (0) Kirim Komentar

Belum ada komentar yang tersedia!