Item terkait berdasarkan kata kunci pencarian Anda akan dicantumkan di sini.

Beranda>For Employer > Dear HR, Sudahkah Membentuk “Pahlawan Budaya” di Perusahaan?
For Employer

Dear HR, Sudahkah Membentuk “Pahlawan Budaya” di Perusahaan?

Karina

November 07 • 4 menit membaca

Hari Pahlawan diperingati sebagai hari untuk mengenang jasa – jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pahlawan menjadi sosok yang mementingkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. Sikap para pahlawan terdahulu seringkali dijadikan bentuk pendorong bagi generasi muda sekarang untuk semangat berjuang untuk membangun dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Lalu apa hubungannya dengan perusahaan?

Ternyata ada yang namanya“pahlawan budaya” lho di perusahaan.

Dilansir dari laman ATD (Associate Talent Development) Pahlawan budaya adalah karyawan yang sangat terlibat dan secara alami mendorong karyawan lain untuk lebih terlibat dan produktif di perusahaan. Dalam membangun budaya kinerja yang baik dan dapat menerapkannya pada seluruh karyawan pasti membutuhkan waktu, tapi dengan adanya pahlawan budaya di perusahaan dal tersebut dapat lebih mudah dilakukan. Anda dapat membentuk para “pahlawan budaya” Anda sendiri dan meminta bantuan mereka dalam mendorong karyawan lainnya untuk lebih engage dengan perusahaan.

Para pahlawan budaya sangat penting bagi perusahaan, apalagi saat perusahaan berurusan dengan perubahan seperti merger, akuisisi, restrukturisasi organisasi, pandemi COVID -19 yang terjadi saat ini atau hanya saat perusahaan membutuhkan bantuan untuk menghidupkan kembali budaya mereka. Menyatukan tim pahlawan budaya adalah salah satu cara terbaik untuk mendorong budaya perusahaan di seluruh organisasi. Energi dan antusiasme mereka akan membantu mempromosikan budaya kinerja tinggi dan mendorong karyawan lain untuk lebih loyal dan terlibat.

Dalam menyusun “pahlawan budaya” perusahaan Anda sendiri, Anda dapat melakukan hal ini terlebih dahulu:

1. Menentukan Tujuan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah tentunya menentukan tujuan yang ingin Anda dan perusahaan capai dari adanya pahlawan budaya ini agar adanya keselarasan pemahaman.

Tips

Lakukan benchmark terlebih dahulu dengan para pemimpin perusahaan, kemudian Anda juga dapat meneliti perusahaan yang memiliki budaya yang menyenangkan dan menarik untuk diadaptasi.

2. Membentuk Kelompok

Setelah menentukan tujuan Anda, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah membentuk kelompok pahlawan budaya Anda. Pikirkan cara kreatif dan terbaik untuk melibatkan para pekerja dan mengomunikasikan manfaat menjadi bagian dari tim pahlawan budaya ini.

Tips

Anda mungkin dapat membuat sebuah audisi atau proses seleksi bagi karyawan yang berminat dan memberikan mereka sejumlah benefit tambahan bila berhasil lolos.

3. Membagi tugas/tanggung jawab

Setelah berhasil mengumpulkan pahlawan budaya Anda sendiri, saatnya membagi tugas/tanggung jawab mereka agar tujuan yang telah ditetapkan dapat berjalan dengan baik. Misalnya, ada yang merencanakan strategi, ada yang bertugas dalam koordinasi dan juga ada yang memastikan rencana berjalan dengan lancar dengan melihat survei atau metriks yang telah ditetapkan.

Ketika Anda memiliki pahlawan budaya ini sebagai bagian dari perusahaan, diharapkan dapat berpengaruh besar dalam kreativitas, loyalitas, serta keterlibatan yang tinggi di perusahaan dan dapat membantu perusahaan mencapai tujuan/goals-nya.

CTA-contact-us

Artikel dilansir dari td.org dan bizjournals.

Bagikan via:

Tentang Penulis

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. Lebih Lanjut Karina

Komentar (0) Kirim Komentar

Belum ada komentar yang tersedia!