Item terkait berdasarkan kata kunci pencarian Anda akan dicantumkan di sini.

Beranda>For Jobseeker > Deretan Hal yang Perlu Kamu Tahu untuk Menghadapi Walk in Interview
For Jobseeker

Deretan Hal yang Perlu Kamu Tahu untuk Menghadapi Walk in Interview

Herlin

November 04 • 4 menit membaca

Kamu pasti familier kan dengan istilah walk in interview? Ya, walk in interview adalah jenis wawancara yang biasanya dilakukan bila ada posisi yang ingin diisi dengan jumlah pelamar yang cukup besar. Bisa dibilang, walk in interview adalah cara tradisional dalam proses rekrutmen untuk mendapatkan kandidat yang tepat.

Beberapa perusahaan yang mengadakan walk in interview ini biasanya membuka lowongan kerja di acara-acara job fair. Sebenarnya, sih, walk in interview sama saja dengan wawancara biasa, hanya disini kamu harus mempersiapkan diri secara maksimal karena akan langsung berhadapan dengan HR saat melamar.
Di antara kamu mungkin ada yang pernah mengikuti walk in interview. Ada baiknya, sebelum menghadapi walk in interview, kamu coba untuk mencari tips interview supaya persiapan kamu lebih matang lagi nantinya. Coba simak tips menghadapi walk in interview berikut ini.

1. Research tentang perusahaan yang ingin kamu lamar

Ini adalah salah satu yang paling penting untuk kamu yang ingin menghadapi walk in interview. Jangan hanya asal datang dan asal melamar saja saat kamu melihat ada lowongan kerja yang sesuai untuk kamu di job fair, tetapi cobalah untuk mencari tahu tentang perusahannya terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu juga akan mendapatkan nilai plus nantinya.

2. Siapkan Resume, CV, dan data pendukung lainnya

Jangan lupa untuk menyiapkan resume dan CV yang menarik dan lengkap, karena pada saat walk in interview, resume dan CV kamu bakalan langsung dibaca saat itu juga. Akan lebih baik jika resume dan CV yang kamu bawa asli, bukan hasil dari fotokopian karena itu bisa membuat kamu dinilai tidak serius. Selain itu, jangan lupa untuk siapkan data pendukung lainnya seperti foto, portfolio, fotokopi KTP dan lainnya.

3. Persiapkan diri sebaik-baiknya

Pastinya kamu nggak mau kan gagal interview karena kamu kelihatannya nggak semangat dan excited saat ditanya sama HR? Nah, hal ini juga penting loh. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa membawa perfume supaya kamu makin pede, karena biasanya walk in interview itu lama prosesnya. Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa camilan atau minuman untuk menemani kamu saat proses tunggu.

4. Jangan sungkan bertanya

Tips interview yang satu ini nggak kalah penting. Saat proses interview berlangsung, kamu jangan sungkan untuk bertanya, ya! Tanyakan saja semua hal yang membuat kamu penasaran, jangan sampai karena malu bertanya, kamu malah kepikiran dengan pertanyaan itu terus! Kesempatan mungkin nggak datang dua kali, jadi cobalah untuk memanfaatkan hal ini dengan maksimal.

Bukan hanya untuk walk in interview saja, tetapi untuk interview di mana pun, kamu harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Perbanyak searching mengenai tips interview dan tips karir untuk lebih mematangkan persiapan kamu sebelum menghadapi interview.

Bagikan via:

Tentang Penulis

We transform the way candidates find jobs and companies hire talents.   Lebih Lanjut Herlin

Komentar (1) Kirim Komentar

RMsQBtPQ

Laporkan

1

Balas