Item terkait berdasarkan kata kunci pencarian Anda akan dicantumkan di sini.

Beranda>For Jobseeker > Flexible Hours Di Kantor? Harus Pro atau Kontra?
For Jobseeker

Flexible Hours Di Kantor? Harus Pro atau Kontra?

Herlin

Juni 17 • 4 menit membaca

Jam kerja yang fleksibel? Harusnya lebih enak atau tidak ada waktu yang pasti ya terkait kerjaan?

Jam kerja fleksibel sebenarnya adalah bagian dari flexible work dimana karyawan kantor diberikan kepercayaan untuk mengatur jam kerja mereka sendiri dengan syarat tetap menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Ada pro dan kontra terkait pelaksanaan flexible hours ini yaitu :

Pro

Dengan jadwal kerja yang fleksibel, karyawan akan merasakan banyak manfaat. Salah satunya yaitu dapat memenuhi kebutuhan pribadi, keluarga, dan tanggung jawab lainnya seperti menghadiri rapat orang tua jika karyawan sudah berkeluarga atau mengikuti kelas olahraga. Selain itu dengan fleksibel hours kamu juga bisa bekerja dari luar kantor atau jarak yang jauh sehingga kamu dapat terhindar dari padatnya laju lalu lintas yang biasanya di lalui, mengurangi waktu perjalanan dan biaya bahan bakar, memiliki lebih banyak kendali atas waktu dan lingkungan kerja serta dapat bekerja selama jam yang paling sesuai dengan siklus energimu adalah kelebihan dari adanya flexible hours ini. Tapi selain itu ada juga beberapa orang yang kontra dengan flexible hours ini karena sulit untuk bekerja ketika rekan kerja tidak memiliki jadwal yang sama.

Kontra

Kerja sama tim merupakan hal yang penting dalam dunia kerja, jika tidak dilakukan bersama dan tanpa jadwal yang pasti perencanaan dan koordinasi bisa jadi buruk dan berdampak pada hasil tim secara keseluruhan. Maka dari itu flexible hours sulit dilakukan. Bukan hanya itu, tidak adanya batasan yang jelas antara pekerjaan dan rumah menjadi sangat kontra terhadap flexible hours ini, kadang pekerjaan mengambil lebih banyak waktu dari seharusnya dan mengganggu jam istirahat para karyawan. Flexible hours juga dapat mengganggu hubungan karyawan dengan orang terdekat karena dipikir bahwa tidak benar – benar bekerja dan hanya bermain saja.

Dilihat dari sisi pro dan kontranya, flexible hours memiliki sudut pandangnya sendiri serta hal tersebut kembali lagi kepada pilihan karyawan yang menjalankannya, asal pekerjaan atau tanggung jawab yang diemban memang benar telah selesai tepat pada waktunya.

Ada dua hal penting  yang harus diingat saat bekerja dengan jam yang fleksibel :

1. Batasan antara jam kerja dan jam istirahat

Karena jam kerja yang tidak dibatasi, bos kamu mungkin akan menghubungi tentang masalah kantor atau mengajak meeting di atas jam 5 sore.

Tapi, jangan lupa kalo kamu tetap punya hak untuk tidak mengerjakan urusan kantor di waktu – waktu tertentu. Contohnya , selama akhir pekan atau setelah jam delapan malam

2. Bukan berarti kamu digaji untuk tidak melakukan apa – apa

Salah satu kelebihan dari jam kerja fleksibel adalah kamu bisa istirahat kapan saja tanpa takut ketauan oleh atasan.

Meskipun kamu dapat mengontrol jadwal kerja sendiri, pastikan juga pekerjaanmu tetap dikerjakan sebaik mungkin dan selesai sebelum deadline yang ada.

Artikel dilansir dari Thebalancecareers dan Indeed

Bagikan via:

Tentang Penulis

We transform the way candidates find jobs and companies hire talents.   Lebih Lanjut Herlin

Komentar (1) Kirim Komentar

RMsQBtPQ

Laporkan

1

Balas