Item terkait berdasarkan kata kunci pencarian Anda akan dicantumkan di sini.

Beranda>Kategori Lainnya > Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Mesin: Merevolusi Sumber Daya Manusia
Kategori Lainnya

Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Mesin: Merevolusi Sumber Daya Manusia

Febriana Ayu Syafitri

April 28 • 6 menit membaca

Industri di era modern ini secara cepat ditransformasi oleh teknologi mutakhir seperti kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML). Permutasian ini merevolusi bagaimana seluruh kegiatan bisnis beroperasi, termasuk human resources (HR). Kemampuan AI dan ML memproses data dalam jumlah besar sehingga dapat menentukan pola dan membentuk prediksi. Pada artikel ini, kami akan mengupas tuntas pengaruh AI dan ML saat ini dan bagaimana keduanya akan memberikan efek potensial di masa depan. 

 

Hiring dan Perekrutan

Area hiring dan perekrutan adalah salah satu efek paling signifikan dari AI dan ML. Organisasi kini dapat menggunakan AI untuk melakukan otomatisasi sejumlah proses, termasuk penyaringan resume, penyesuaian kandidat, dan penjadwalan wawancara, yang secara signifikan mengurangi beban kerja staf HR. Sekarang menemukan kandidat terbaik tidak perlu repot, alat rekrutmen bertenaga AI dapat memeriksa resume, profil media sosial, dan data online lainnya. AI juga dapat menghapus informasi identitas seperti nama, usia, dan jenis kelamin dari proses perekrutan sehingga membantu mengurangi bias saat proses rekrutmen.

 

Manajemen Karyawan

Manajemen karyawan sering kali menggunakan AI untuk menganalisis data karyawan dan menemukan tren yang mungkin menunjukkan masalah seperti perputaran yang tinggi atau produktivitas yang rendah. AI juga dapat digunakan untuk memprediksi perilaku karyawan, seperti apakah seorang pekerja akan keluar dari perusahaan atau meminta promosi. Penggunaan data ini oleh para profesional HR dapat membantu dalam retensi talenta terbaik dan pengelolaan karyawan.

 

Pelatihan dan Pengembangan

AI dan ML mengubah cara bisnis mendidik dan mengembangkan tenaga kerja mereka. Alat dengan kecerdasan buatan (AI) dapat menganalisis data kinerja karyawan untuk menunjukkan kesenjangan keterampilan dan memberikan saran kursus mengenai pelatihan karyawan. Selain itu, AI juga dapat menyesuaikan inisiatif pelatihan dan pengembangan dengan persyaratan dan preferensi pembelajaran setiap karyawan. AI membantu mengotomatiskan tugas-tugas pelatihan dan pengembangan, termasuk merencanakan sesi pelatihan dan hasil pemantauan.

 

Tantangan dalam Memanfaatkan AI dan ML

Terlepas dari banyaknya keuntungan yang diberikan oleh AI dan ML untuk HR, ada sejumlah kekhawatiran yang perlu diantisipasi. Kemungkinan bias pada alat SDM yang didukung oleh AI adalah salah satu kekhawatiran terbesar. Alat-alat ini mungkin secara tidak sengaja memperkuat prasangka, seperti bias rasial atau gender, dalam proses perekrutan dan manajemen. Selain itu, ada kekhawatiran tentang bagaimana AI akan mempengaruhi keamanan kerja, dengan beberapa orang khawatir otomatisasi yang didukung oleh AI dapat mengakibatkan hilangnya pekerjaan.

Departemen SDM yang telah dibentuk oleh AI dan ML memungkinkan bisnis untuk  mengotomatiskan proses, mengurangi bias, dan membuat keputusan manajemen tenaga kerja yang lebih bijak. Bisnis yang memanfaatkan keduanya cenderung memiliki keuntungan dalam menarik, mengelola, dan mempertahankan talenta terbaik.

Dengan teknologi mutakhir Kalibrr, kegiatan hiring dan perekrutan menjadi lebih mudah dan menghubungkan Anda dengan talenta terbaik di seluruh penjuru negeri. Kami menggunakan teknologi bertenaga AI untuk membantu perekrut menemukan kandidat yang tepat. Rekrut lebih baik, cepat, dan akurat dengan Kalibrr!

 

Kalibrr adalah sebuah perusahaan teknologi rekrutmen yang bertujuan untuk mentransformasi pengalaman kandidat dalam mencari kerja dan cara perusahaan dalam merekrut talenta terbaiknya. Dengan mengedepankan pengalaman kandidat dalam tiap elemen rekrutmen, kami konsisten memikat talenta-talenta berbakat dari berbagai belahan dunia, dengan lebih dari 5,5 juta profesional di talent pool saat ini dan akan terus bertambah. Kalibrr menghubungkan mereka dengan perusahaan yang membutuhkan pemimpin bagi generasi selanjutnya.

Sebagai satu-satunya penyedia jasa solusi rekrutmen end-to-end di Asia Tenggara, Kalibrr memiliki kantor pusat di Makati, Filipina, dan juga kantor-kantor yang beroperasi di San Fransisco, California, dan Jakarta. Hadir sejak tahun 2012, Kalibrr telah membantu lebih dari 18.000 klien serta disokong oleh inkubator start-up terbaik di dunia dan para pemodal ventura, seperti Y Combinator, Omidyar Network, Patamar Capital, Wavemaker Partners, dan Kickstart Ventures.

Untuk konsultasi bisnis dan rekrutmen lebih lanjut, silakan kunjungi dan ikuti media sosial Kalibrr Indonesia di  Instagram dan LinkedIn.

 

Bagikan via:

Tentang Penulis

An ordinary girl who loves to write about anything and everything.  Lebih Lanjut Febriana Ayu Syafitri

Komentar (0) Kirim Komentar

Belum ada komentar yang tersedia!