Item terkait berdasarkan kata kunci pencarian Anda akan dicantumkan di sini.

Beranda>For Employer > Kekerasan Terhadap Perempuan, NO! Perusahaan, Lakukan Hal Ini!
For Employer

Kekerasan Terhadap Perempuan, NO! Perusahaan, Lakukan Hal Ini!

Karina

November 21 • 3 menit membaca

Kekerasan terhadap perempuan adalah hal yang harus diberantas, karena setiap orang berhak untuk hidup dan bekerja bebas dari kekerasan dan pelecehan. Meski demikian, kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan, termasuk di dunia kerja, masih merajalela.

Beberapa perempuan secara tidak proporsional terpengaruh oleh kekerasan dan pelecehan karena status pekerjaan mereka, jenis pekerjaan yang mereka lakukan, atau karena kondisi di sektor tempat mereka bekerja. Maka dari itu perusahaan sebagai media dalam hal ini, harus dapat melakukan sesuatu guna mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan di tempat kerja.

Perusahaan dapat membantu mencegah kekerasan terhadap perempuan, dengan melakukan hal – hal berikut ini:

1. Kesadaran terhadap kesetaraan gender dan membangun budaya saling menghormati

Bukan hanya sekedar ucapan, perusahaan harus tegas dalam menyatakan bahwa mereka mendukung kesetaraan gender dan seruan untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan.

2. Mengenali tanda – tanda kekerasan di tempat kerja

Penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan serta tanggapan di tempat kerja terhadap kekerasan terhadap perempuan masih sangat kurang. Maka dari itu dalam mencegah terjadinya kekrasan di tempat kerja, perusahaan haru memberikan pelatihan atau semacam webinar staf, manajer dan seluruh karyawan intinya untuk mengenali tanda-tanda bahwa seseorang mungkin mengalami kekerasan, bagaimana cara meresponnya dan merujuk ke layanan dukungan yang sesuai.

3. Komitmen dari manajemen

Komitmen dari manajemen adalah hal yang harus dimiliki perusahaan dalam upaya mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan di perusahaan. Manajemen perusahaan adalah pusat dalam upaya memimpin dan mendorong suatu tindakan di perusahaan, manajemen menjadi faktor penting dalam keberhasilan suatu program.

4. Bantuan pihak yang berwenang

Perusahaan dapat meminta bantuan pihak berwenang melalui penunjukan atau bantuan pihak berwenang dalam ranah ini. Dilansir dari laman Global Compact Network Australia,  Negara Australia telah menerapkan cara ini, jadi Dewan kota setempat, seperti Dewan Kota Darebin dan Dewan Kota Maribyrnong di Melbourne telah menunjuk petugas yang berdedikasi untuk menanamkan kegiatan pencegahan kekerasan terhadap perempuan di perusahaan dan mengawasi kegiatan pencegahan.

5. Pendekatan menyeluruh

Kekerasan terhadap perempuan dapat terjadi kepada siapa saja dan di level mana saja. Kembangkan berbagai strategi untuk mendorong kesadaran dalam kekerasan perempuan di tempat kerja pada berbagi tingkat/ level (eksekutif, level manajer, level junior, staf, dan lain – lain) berikan pendekatan menyeluruh tapi juga disesuaikan.

berikan-proses-rekrutmen-yang-efektif-dan-efisien-seperti-fedex-ground-1

Artikel dilansir dari un women dan unglobalcompact.org.

Bagikan via:

Tentang Penulis

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. Lebih Lanjut Karina

Komentar (0) Kirim Komentar

Belum ada komentar yang tersedia!