Item terkait berdasarkan kata kunci pencarian Anda akan dicantumkan di sini.

Beranda>For Jobseeker > Daftar Persyaratan Lamaran Kerja Yang Sering Diminta Perusahaan Saat Ini
For Jobseeker

Daftar Persyaratan Lamaran Kerja Yang Sering Diminta Perusahaan Saat Ini

Radius Arianto

Mei 07 • 8 menit membaca

Baru lulus sekolah atau kuliah, dan ingin segera mendapatkan pekerjaan? Eits, sabar-sabar! Tentu untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, kamu harus melalui beberapa proses tahapan rekrutmen.

Salah satu tahapan penting dari proses rekrutmen itu adalah screening candidate, dan ini dilakukan dengan berbagai macam metode, termasuk memeriksa kelengkapan persyaratan lamaran kerja.

Persiapkan syarat-syarat ini sebelum melamar kerja

Sebagai bagian dari administrasi, sebagian besar instansi dan lembaga atau perusahaan akan mengajukan beberapa persyaratan untuk disertakan dalam aplikasi lamaran pekerjaan. Untuk memudahkan, tim Kalibrr sudah merangkum 8 persyaratan lamaran kerja yang sering diminta oleh perusahaan. Tolong disiapkan dengan baik, ya!

8 Persyaratan umum yang sering diminta Perusahaan saat proses rekruitmen

1. Curriculum Vitae (Daftar Riwat Hidup)

Inget, jangan sampai keliru membedakan antara Curriculum Vitae dan Resume. Dalam artikel ” CV dan Resume, Sering Dianggap Sama Nyatanya Dua Dokumen Ini Berbeda! ” kami sudah menyebutkan perbedaannya. Karena sifat CV yang berisi riwayat hidup, pastikan hanya mencantumkan Riwayat yang penting diketahui oleh para rekrutment, termasuk riwayat bekerja (jika kamu sudah pernah bekerja sebelumnya).

2. Portofolio (Riwayat Kerja)

Dalam beberapa perusahaan atau instansi, mereka perlu mengetahui apakah kamu cukup skillful dalam bidang tertentu, dan ini dibuktikan dengan portofolio. Kamu bisa mencantumkan portofolio seperti pernah bekerja dimana, dan apa achievement yang pernah kamu dapatkan selama bekerja disana. Atau kamu juga bisa menyebutkan karya-karya kamu yang berkaitan dengan profesi tertentu, misal pernah membuat sistem penghitungan keuangan otomatis menggunakan microsoft excel, yang kemudian file tersebut mendapat penghargaan dari lembaga yang menggunakan sistem tersebut.

3. Copy Ijazah (yang dilegalisir)

Salah satu syarat bekerja biasanya berupa kamu diminta untuk sudah lulus jenjang pendidikan, tertentu entah itu SMA, SMK, atau kuliah. Dan ini harus ditandai dengan menunjukan Copy Ijazah (bukan ijazah asli), bisa berwarna atau foto copy yang dilegalisasi oleh pihak sekolah.

4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Untuk beberapa instansi, terutama instansi milk Negara, seorang pelamar perlu menambahkan syarat tertentu/khusus saat melamar pekerjaan, salah satunya adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK. Kita mengenal ini sebagai Surat Tanda Berkelakuan Baik, yang mengindikasikan bahwa kita tidak cacat secara hukum (tidak pernah dipidana, atau melakukan segala hal yang melanggar hukum, selama kita hidup hingga membuat lamaran pekerjaan.

5. Surat Keterangan Sehat

Untuk beberapa industri dan lembaga pemerintahan, kadang perlu melampirkan surat keterangan sehat dari Dokter, surat ini bisa kalian dapatkan setelah menjalani serangkaian medical check up.

6. Sertifikat Keahlian

Untuk membuktikan bahwa kamu memang piawai dalam melakukan sebuah pekerjaan atau bidang tertentu, beberapa lembaga kadang meminta kamu menunjukan sebuah sertifikat yang menjelaskan kompetensi tersebut. Untuk mendapatkan sertifikat ini kamu bisa mengikuti kursus yang diselenggarakan oleh lembaga negara hingga lembaga swasta.

 7. Pas Foto Terbaru

Kami telah membuat artikel tentang “Foto Di Lamaran Kerja, Bagusnya Kayak Gimana Sih?” berisi tentang pas foto yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan, termasuk ukuran, dan warna latar belakang untuk tiap-tiap instansi atau perusahaan yang ingin kamu tuju. Pastikan kamu tidak lupa melampirkannya, walau kadang pas foto ini juga sudah masuk ke dalam Curriculum Vitae.

8. Surat Pengantar / Rekomendasi

Di beberapa kesempatan yang berbeda, seseorang bisa melamar pekerjaan karena mendapatkan rekomendasi dari karyawan yang lebih dulu bekerja disana. Nah untuk menunjukan bahwa kamu merupakan orang yang direkomendasikan, kamu bisa juga melampirkan surat pengantar atau rekomedasi ini.

Ke-8 syarat-syarat tadi merupakan syarat umum yang sebaiknya kamu lengkapi sebelum melamar pekerjaan. Terkait kapan atau syarat apa yang paling utama untuk dilampirkan, kami coba rangkum ke dalam point-point syarat melamar kerja pada beberapa bidang dibawah ini:

Syarat melamar kerja di Perusahaan Swasta

Untuk bekerja di perusahaan swasta, hal yang paling dibutuhkan adalah sill dan kemampuan adaptasi yang cepat. Oleh karena itu, saat melamar pekerjaan di perusahaan swasata, hal-hal berikut perlu kamu lampirkan sebagai syaratnya:

  1. Surat Lamaran (biasanya dapat kamu buat secara terpisah dari body email, dalam bentuk PDF)
  2. CV dan Portofolio
  3. Sertifikat Keahlian

Syarat melamar kerja di Perusahaan milik Negara

Beberapa BUMN kadang membuka kesempatan bekerja bagi pegawai non-PNS, biasanya mereka membutuhkan tenaga-tenaga yang memiliki kecakapan khusus, seperti web programmer, IT Networking, hingga Digital Marketing. Karena cakupan pekerjaan tersebut, biasanya syarat dan dokumen yang dibutuhkan adalah :

  1. Hasil test (Biasanya terdapat serangkaian test untuk tahapan awal)
  2. CV dan Pas Foto Terbaru
  3. Surat Keterangan Sehat
  4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Syarat melamar kerja di Pabrik

Bagi kamu yang ingin bekerja di Pabrik karena alasan tertentu, biasanya perlu melampirkan beberapa hal dibawah ini :

  1. Surat lamaran kerja yang ditulis tangan
  2. Copy Ijazah dan transkrip nilai
  3. Serifikat Keahlian (jika khusus melamar pada posisi tertentu)
  4. Surat Pengantar atau Surat Rekomendasi

Syarat Melamar Kerja Via Email

Saat melamar pekerjaan ke perusahaan apapun via email, hal-hal berikut ini sebaiknya kamu persiapkan:

  1. Pastikan subjek/judul email diisi sesuai dengan posisi yang kamu lamar, atau disesuaikan dengan pola yang ditentukan oleh HRD yang mengundang kamu.
  2. Surat Lamaran Kerja yang kamu tulis di badan email/body email (tidak perlu melampirkan lamaran kerja berbentuk PDF)
  3. Cantumkan alamat email penerima utama di tujuan email, lalu cantumkan alamat email user yang mengundang kamu pada bagian CC atau BCC.
  4. Lampirkan CV, Transkrip Nilai, dan Sertifikat Keahlian dalam satu file PDF dengan ukuran maksimum 1 MB (MegaByte)

Nah kiranya hal-hal tersebut yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan di perusahaan atau industri-industri tertentu. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silahkan untuk membagikannya ke sosial media atau platform-platform yang bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Bagaimana bisa interview tapi belum melamar pekerjaan apapun? Yuk daftar ke Kalibrr, dan mulai perjalanan karir kalian.

Buat Akun

Bagikan via:

Tentang Penulis

Having a concern writing about career escalating tips for Digital Marketing. Radius itself having more than 10 Years experience in User Acquisition… Lebih Lanjut Radius Arianto

Komentar (0) Kirim Komentar

Belum ada komentar yang tersedia!