Item terkait berdasarkan kata kunci pencarian Anda akan dicantumkan di sini.

Beranda>For Employer > Strategi Pemasaran Produk dan Jasa Ala Enterprise Partner di Kalibrr Indonesia
For Employer

Strategi Pemasaran Produk dan Jasa Ala Enterprise Partner di Kalibrr Indonesia

Karina

November 16 • 6 menit membaca

Setiap perusahaan, pasti memiliki divisi yang berkaitan dengan pemasaran produk atau jasa ke pelanggan. Sebut saja divisi Sales. Divisi yang satu ini pasti ditemukan dalam perusahaan-perusahaan yang menjajakan produk atau jasa. Tugas mereka tentu saja memasarkan produk atau jasa kepada para calon pelanggan–baik perseorangan atau institusi. Walaupun divisi Enterprise Partner memiliki tugas-tugas utama yang mirip dengan divisi Marketing, namun terdapat banyak perbedaan mendasar dalam konteks pekerjaan yang mereka lakoni.

Sales merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan kegiatan yang bertujuan untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan. Divisi Sales sendiri bertanggung jawab untuk mengelola dan melakukan prospek kepada calon klien agar mereka mau menggunakan atau membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Sedangkan Marketing merupakan istilah yang digunakan untuk segala kegiatan yang memicu minat calon klien pada bisnis yang perusahaan tawarkan. Divisi Marketing bisa menggunakan hasil riset pasar dan menganalisis pasar untuk mengerti apa yang sedang diinginkan dan dibutuhkan oleh calon klien potensial. Divisi Marketing juga bertanggung jawab atas kampanye produk atau jasa yang akan menarik minat masyarakat untuk menjadi calon klien dari perusahaan.

Begitu pula dengan divisi Enterprise Partner. Sama seperti divisi Sales, divisi Enterprise Partner lebih lumrah ditemukan dalam perusahaan-perusahaan teknologi. Seperti yang ada pada Kalibrr Indonesia. “Divisi Enterprise Partner ini pada dasarnya merupakan divisi yang jadi garda terdepan perusahaan. Istilahnya, kita itu cover-nya perusahaan karena kita bisa menjelaskan mengenai produk yang kita sesuaikan dengan kebutuhan si rekruter,” jelas Yanto Hans, manajer divisi Enterprise Partner Kalibrr Indonesia.

Divisi Enterprise Partner yang ada di Kalibrr Indonesia pun tidak hanya sekadar mengelola, melakukan prospek terhadap calon klien. Lebih dari itu, divisi Enterprise Partner juga memberikan kesempatan calon klien untuk berkonsultasi tentang kebutuhan klien. Yanto menjelaskan, sebelum melakukan penawaran produk, tim Enterprise Partner akan melakukan analisa kebutuhan, seperti kesulitan yang dialami calon klien ketika ingin melakukan rekrutmen, apa yang calon klien butuhkan untuk mengatasi kesulitan tersebut, hingga performa apa yang kurang selama melakukan rekrutmen.

“Setelah mereka menceritakan kesulitan dan harapan mereka dalam mengatasi kesulitan ini, biasanya tim Enterprise Partner akan memberikan strategi yang sesuai agar calon klien bisa mengatasi permasalahannya, seperti ketika calon klien kesulitan merekrut talenta IT dan Software, tim Enterprise Partner akan menyarankan pembuatan aplikasi media sosial, seperti itu,” cerita Yanto.

Yanto dan timnya juga harus melakukan pendekatan yang tepat dalam menawarkan produk yang dipasarkan oleh Kalibrr Indonesia, agar calon klien mengerti serta paham akan produk yang dipasarkan. Selain itu, menurut Yanto, sebagai bagian dari tim divisi Enterprise Partner, Yanto juga membawa nilai-nilai yang menarik untuk “dipasarkan” dari Kalibrr dan diperkenalkan ke calon klien, seperti database talenta-talenta berkualitas yang dimiliki Kalibrr, juga klien-klien yang sudah menjadi bagian dari Kalibrr. Yanto juga mengangkat faktor kemudahan yang dapat dirasakan oleh para HR saat menggunakan teknologi dalam merekrut talenta-talenta terbaik.

“Teknologi itu make your life easier. Menurut saya, dengan HR menggunakan teknologi dalam perekrutan seperti yang ditawarkan Kalibrr Indonesia, HR tidak lagi berkutat dalam pekerjaan administratif, kini HR juga dapat meningkatkan skill yang lebih strategis untuk kepentingannya dan juga perusahaan, seperti skill meningkatkan engagement perusahaan atau meningkatkan trafik perusahaan,” ungkap pria yang telah berkontribusi selama empat tahun bersama Kalibrr Indonesia.

Apakah Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk teknologi HR untuk mempermudah Anda dalam merekrut talenta-talenta terbaik? Silakan klik banner yang ada di bawah ini!


Kalibrr adalah sebuah perusahaan teknologi rekrutmen yang bertujuan untuk mentransformasi pengalaman kandidat dalam mencari kerja dan cara perusahaan dalam merekrut talenta terbaiknya. Dengan mengedepankan pengalaman kandidat dalam tiap elemen rekrutmen, kami konsisten memikat talenta-talenta berbakat dari berbagai belahan dunia, dengan lebih dari 5,5 juta profesional di talent pool saat ini dan akan terus bertambah. Kalibrr menghubungkan mereka dengan perusahaan yang membutuhkan pemimpin bagi generasi selanjutnya.

Sebagai satu-satunya penyedia jasa solusi rekrutmen end-to-end di Asia Tenggara, Kalibrr memiliki kantor pusat di Mekati, Filipina, dan juga kantor-kantor yang beroperasi di San Fransisco, California, dan Jakarta. Hadir sejak tahun 2012, Kalibrr telah membantu lebih dari 18.000 klien serta disokong oleh inkubator start-up terbaik di dunia dan para pemodal ventura, seperti Y Combinator, Omidyar Network, Patamar Capital, Wavemaker Partners, dan Kickstart Ventures. Untuk konsultasi bisnis dan rekrutmen lebih lanjut, silakan kunjungi dan ikuti media sosial Kalibrr Indonesia di  Instagram dan LinkedIn.

Bagikan via:

Tentang Penulis

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. Lebih Lanjut Karina

Komentar (0) Kirim Komentar

Belum ada komentar yang tersedia!