Item terkait berdasarkan kata kunci pencarian Anda akan dicantumkan di sini.

Beranda>For Employer > Tahukah Anda ? 15,4 % Kandidat IT Berhasil Di Hire Setiap Tahunnya
For Employer

Tahukah Anda ? 15,4 % Kandidat IT Berhasil Di Hire Setiap Tahunnya

Karina

Agustus 15 • 5 menit membaca

Menurut Groom Associes, perekrut yang efektif tidak hanya menunggu para pelamar atau kandidat datang kepada mereka. Pekerut juga harus proaktif dan mengembangkan strategi rekrutmen daripada sekadar menebar job posting. Apalagi kandidat IT, yang mana merupakan posisi yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan seiring bergesernya ke era digital. Sengitnya pertempuran merekrut kandidat IT ini menjadikan para praktisi sumber daya harus menyiapkan strategi atau taktik khusus agar dapat menarik dan mempertahankan kandidat berkualitas lebih tinggi.

Berikut ini adalah 5 strategi untuk merekrut kandidat IT terbaik untuk perusahaan Anda :

1. Manfaatkan Sumber Daya Yang Ada

Sumber daya yang ada, yakni karyawan Anda saat ini untuk menarik pelamar adalah salah satu saluran rekrutmen standar yang sering dilakukan perusahaan – perusahaan. Menurut laporan Linkedin, banyak perusahaan yang setuju jika perekrutan terbaik sering kali datang dari referensi karyawan.

2. Tingkatkan Iklan

Penting untuk menyusun deskripsi yang menarik bagi audiens target. Seorang kandidat tidak akan melamar posisi dengan deskripsi pekerjaan yang tidak menarik bagi mereka. Iklan merupakan kesempatan bagi perusahaan untuk membuat kesan yang baik bagi para pelamar serta menarik kandidat yang sangat cocok untuk peran tersebut dan menyaring mereka yang tidak memenuhi syarat.

3. Rekrutmen Digital

Jika Anda ingin meningkatkan proses rekrutmen Anda, penggunaan alat rekrutmen digital sangat penting. Solusi teknologi menawarkan keuntungan signifikan bagi perusahaan dalam persaingan merekrut kandidat terbaik. Otomatisasi proses rekrutmen hingga pelacakan aplikasi oleh teknologi akan membantu profesional SDM untuk mengumpulkan data dalam jumlah besar dan membantu pembuatan keputusan perekrutan yang lebih objektif, yang pada akhirnya mendorong kandidat  berkualitas lebih tinggi.

4. Melihat Ulasan Karyawan

Untuk menarik orang – orang terbaik, perusahaan perlu mempertahankan skor tinggi di situs ulasan seperti misalnya Glassdoor. Meskipun skor tidak semata-mata berada dalam kendali perusahaan, tetapi yang ingin dilihat kandidat adalah perusahaan yang dapat  mengambil kepemilikan atas halaman mereka. Ini berarti memantau ulasan karyawan dan bersikap responsif. Misalnya perusahaan menanggapi ulasan, memperbarui profil mereka, dan membagikan pembaruan tentang budaya dan lingkungan kerja.

5. Bekerja Sama Atau Melakukan Partnership

Karena karyawan di bidang IT yang berkualitas sangat dibutuhkan, banyak bisnis melakukan kerja sama untuk menemukan talenta IT mereka. Bisa dengan outsourcing ataupun merekrut pihak ketiga bekerja di belakang layar untuk menemukan kandidat, menyeleksi dan memilih kandidat sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Untuk hasil terbaik, Anda dapat beralih atau meminta bantuan ke perusahaan yang berspesialisasi dalam perekrutan teknologi. Perusahaan perekrutan biasanya lebih akrab dengan pasar dan memiliki pengalaman, pengetahuan, dan data yang dapat membantu Anda merekrut orang-orang terbaik, misalnya Kalibrr.

Bersama dengan Kalibrr, Anda juga bisa mencari tahu langsung jika kandidat berminat untuk menerima penawaran Anda. Melalui teknologi, Kalibrr akan meng-update proses rekrutmen Anda secara eksklusif langsung melalui e-mail, SMS atau langsung di platform Kalibrr! Jadi proses rekrutmen Anda akan lebih terkontrol dan termonitor. Menurut data terbaru di Kalibrr, di dapat persentase 15,4 % kandidat IT berhasil di hire oleh perusahaan – perusahaan mitra Kalibrr. Dengan 76.900 kandidat shortlisted dan 500 kandidat berhasil di hire selama satu tahun belakangan ini.

Kalibrr telah berhasil membantu perusahaan dalam merekrut talenta teknologi terbaiknya dan mentransformasi proses rekrutmen menjadi lebih cepat, lebih sederhana dan lebih baik bagi perusahaan dan pelamar.

Bagikan via:

Tentang Penulis

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. Lebih Lanjut Karina

Komentar (0) Kirim Komentar

Belum ada komentar yang tersedia!