Item terkait berdasarkan kata kunci pencarian Anda akan dicantumkan di sini.

Beranda>For Jobseeker > Tips Memberi Ide Bisnis di Tempat Kerja
For Jobseeker

Tips Memberi Ide Bisnis di Tempat Kerja

Karina

Desember 26 • 3 menit membaca

Pernah dimintai ide oleh atasan kamu, tapi saat kamu memberi ide malah ditolak? Hal tersebut memang dapat membuat frustasi. Tapi jangan jadikan hal tersebut menjadi penghalang kamu untuk terus menyuarakan pendapatmu, ya! Penolakan sebenarnya adalah kesempatan untuk dapat meningkatkan persiapanmu saat nanti kamu memberikan ide – ide kembali!

Saat mengalami penolakan, kamu dapat mengingat hal – hal berikut ini:

Objektif

tips-memberi-ide

Saat pertama kali ide kamu ditolak, jangan menanggapi penolakan itu secara pribadi. Lihatlah situasi tersebut sebagai peluang/ kesempatan untuk mempersiapkan ide dan diri yang lebih baik saat nantinya ingin mengemukakan ide lainnya.

Pengalaman

menjadi-objektif

Membuat kesalahan adalah cara kita untuk belajar. Telitilah kesalahan itu dan pikirkan bagaimana kamu akan melakukannya secara berbeda di lain waktu. Pastikan untuk mendapatkan feedback dari atasan kamu tentang apa yang mereka inginkan.

Kelola Emosi

kelola-emosi

Merasa tidak senang atau sedih saat mengalami penolakan adalah hal yang normal. Untuk dapat mengurangi rasa sedih tersebut, kamu dapat bercerita kepada teman atau kolega yang kamu percaya untuk membantu kamu melihat penolakan dari sisi yang lain.

Setelah keluar dari rasa sedih. Cobalah tips – tips berikut ini ini untuk mempersiapkan dan mempresentasikan ide bisnis dengan baik.

Lakukan Riset

lakukan-riset

Saat ingin memberikan ide bisnis untuk perusahaan kamu, pastikan kamu telah melakukan riset terkait ide yang ingin kamu sampaikan. Jabarkanlah pro dan kontra dari idemu, dan bagaimana ide tersebut akan menguntungkan departemen dan perusahaanmu. Dengan melakukan riset, hal ini juga akan membantu kamu bersiap untuk menjawab pertanyaan yang mungkin diajukan terkait ide tersebut.

Siapkan Alternatif

siapkan-alternatif

Siapkan beberapa opsi berbeda untuk didiskusikan. Dengan memiliki beberapa opsi, hal ini dapat menunjukkan bahwa kamu benar – benar telah mempersiapkan diri dengan baik dan memang benar – benar ingin memberikan ide yang signifikan untuk perusahaan.

Hargai Orang Lain

hargai-orang-lain

Meskipun wajar untuk antusias dengan ide kamu sendiri, tapi ingatlah bahwa atasan kamu yang memiliki hak untuk memberikan keputusan akhir. Sehingga hormatilah penilaian dan preferensi mereka.

Artikel dilansir dari Visiontorealitycoaching dan Simplifiedmanagement.

Bagikan via:

Tentang Penulis

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. Lebih Lanjut Karina

Komentar (0) Kirim Komentar

Belum ada komentar yang tersedia!