Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > 5 Ide Kreatif Untuk Tingkatkan Employee Engagement Di Masa Pandemi
For Jobseeker

5 Ide Kreatif Untuk Tingkatkan Employee Engagement Di Masa Pandemi

Karina

June 29 • 6 min read

Employee Engagement saat sebelum pandemi saja merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan, apalagi di masa pandemi sekarang ini , perlu perhatian dan usaha yang lebih besar lagi untuk meningkatkan keterlibatan karyawan di tengah masa – masa sulit seperti ini. Perusahaan perlu berhati – hati dan membuat keputusan yang tepat di waktu yang tepat untuk berhasil memperbaiki employee engagement yang sempat tak diperhatikan.

Untuk meningkatkan employee engagement di masa-masa sulit, perusahaan harus melakukan lebih banyak upaya terhadap karyawan sehingga karyawan merasa bahwa perusahaan  benar-benar peduli pada mereka. Perusahaan harus transparan agar dapat membangun kepercayaan di antara karyawan selama masa sulit ini.

Berikut ada 5 tips yang dapat membantu mendukung karyawan bekerja dari rumah dan mengurangi kecemasan mereka :

1. Menciptakan ruang kerja yang nyaman

Dorong karyawan untuk menciptakan ruang kerja yang nyaman di rumahnya. Buat suasana bekerja di rumah terhindar dari gangguan – gangguan yang dapat memecah konsentrasi dan dukung karyawan untuk bekerja secara ergonomis.

2. Pertahankan rutinitas

Sama halnya saat bekerja langsung di kantor pasti ada rutinitas yang dilakukan setiap harinya. Usahakan karyawan tetap berpegang pada rutinitas tersebut dan menjaga batasan antara waktu “kerja” dan waktu “rumah” mereka.

3. Bersosialisasi

Terlalu fokus bekerja hingga tidak sempat berkomunikasi atau bertegur sapa dengan rekan kerja juga dapat membuat karyawan menjadi stres. Lakukan komunikasi dengan rekan kerja walaupun hanya sebentar lalu kembali melakukan pekerjaan.

4. Mendorong praktik kesejahteraan

Perusahaan harus peduli dengan kesejahteraan karyawan mereka. Dengan begitu akan dapat meningkatkan engagement karyawan, membantu mengurangi ketidakhadiran mereka serta meningkatkan performa atau kinerja.

5. Berinvestasi dalam teknologi

Kondisi tidak memungkinkan kita untuk bertemu secara langsung. Satu – satunya cara agar tetap terhubung adalah dengan bantuan teknologi atau tools – tools yang membantu komunikasi. Penting untuk perusahaan berinvestasi dalam platform – platform yang memungkinkan karyawan untuk mengirim dan menerima pesan atau hal yang berhubungan lainnya.

Ketika karyawan didukung dan perusahaan terus menerus memberikan peluang pertumbuhan kepada mereka, maka mereka merasa termotivasi dan berkomitmen terhadap perusahaan di mana itu dapat meningkatkan employee engagement perusahaan. Tips – tips tadi dapat meningkatkan rasa ingin tahu karyawan dan membantu memunculkan sisi inventif dan kreatif. Jadi penting bagi perusahaan untuk mengambil langkah – langkah employee engagement yang efektif selama masa-masa sulit.

Banyak perusahaan juga telah melakukan praktik employee engagement dengan cara yang sangat inovatif dan kreatif. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar karyawan dapat dengan mudah melakukan pekerjaan dari rumah dan tetap berkomitmen, puas, dan termotivasi selama situasi pandemi ini.

Berikut inspirasi ide kreatif yang dapat Anda lakukan bersama karyawan di masa pandemi :

  • Pengetahuan umum karyawan tentang para pemimpin

Mengadakan sesi webinar atau kegiatan bersama dengan tema ini, selain meningkatkan employee engagement  juga dapat mempererat hubungan karyawan dan pemimpin perusahaan dan mengurangi kekakuan yang ada.

  • Melakukan kelas kebugaran mental dan meditasi secara online

Karyawan juga pasti merasa jenuh harus bekerja di rumah dan jenuh dengan kondisi pandemi yang tak kunjung usai. Berikan kelas dengan tema kesehatan mental atau kelas meditasi online untuk membantu mengurangi rasa jenuh itu.

  • Pertunjukan hidden talent

Sesi bersama dengan tema yang lain dari biasanya seperti pertunjukan hidden talent dapat menjadi ajang baru untuk lebih mengenal karyawan. Selain itu dengan pertunjukkan hidden talent ini juga dapat membangun keceriaan di kala pandemi ini karena pasti terdapat talent – talent yang tak terduga yang dimiliki oleh karyawan.

  • Tantangan karaoke virtual

Jika sebelum pandemi Anda dan rekan kerja Anda sering melakukan aktivitas karaoke ini di akhir pekan. Jangan lupa juga untuk melakukannya sekarang melalui karaoke online atau virtual. Walaupun mungkin tidak seramai karaoke langsung tapi ide ini dapat Anda coba!

  • Tantangan api unggun virtual

Anda dapat memutar video api unggun saat sesi bersama berlangsung dan melakukan kegiatan layaknya sedang berada di sesi api unggun sungguhan. Kegiatan ini dapat membawa kehangatan antar karyawan dan memberikan ikatan emosional yang dapat mempererat hubungan antar karyawan.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!