Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Ikut Rayakan National Gratitude Month di Tempat Kerja, Yuk!
For Jobseeker

Ikut Rayakan National Gratitude Month di Tempat Kerja, Yuk!

Karina

October 31 • 6 min read

Bagi yang belum tahu, Bulan November diperingati sebagai National Gratitude Month atau bulan untuk bersyukur yang sejarahnya berawal dari Stacey Grewal seorang pembimbing spiritual dan penulisyang menganjurkan  November sebagai the National Gratitude Month untuk Amerika Serikat dan Kanada pada bulan Agustus 2015 dan akhirnya dikabulkan oleh Panitera di Kalender Hari Nasional dan diperingati pada bulan November setiap tahunnya.

Selain memang menjadi the National Gratitude Month, di bulan November sendiri juga terdapat yang namanya World Gratitude Day atau dikenal dengan Thanksgiving day atau hari pengucapan syukur yang biasanya identik dengan perayaan dan hidangan kalkun di Amerika Serikat. Biasanya Thanksgiving akan diperingati pada Hari Kamis ke-empat di bulan November di negara Amerika Serikat tapi juga bisa berbeda harinya di beberapa negara seperti misalnya di Canada yang diperingati pada Hari Senin kedua di bulan Oktober.

Bersyukur atau berterima kasih adalah unsur penting dari kehidupan yang bahagia. Bukankah akan lebih bahagia saat kita bersyukur terhadap diri sendiri maupun orang lain? Apalagi di tempat kerja, tempat di mana kita menghabiskan waktu lebih banyak setelah di rumah. Mengucapkan terima kasih pada sesama rekan kerja di kantor akan berpengaruh signifikan dalam performa kerja mereka. Studi juga menunjukkan bahwa karyawan yang menerima lebih banyak rasa terima kasih melakukan tindakan baik yang bukan merupakan bagian dari deskripsi pekerjaan mereka, seperti membantu rekan kerja yang sedang kesulitan.

Maka dari itu yuk tingkatkan rasa syukur di tempat kerja sekaligus peringati National Gratitude Month kali ini, Anda dapat mengikuti tips – tips di bawah ini:

1. Tunjukkan apresiasi kepada karyawan selain untuk tugas mereka

Biasanya saat berada di kantor pengucapan terima kasih akan diutarakan dalam hal yang bersifat pekerjaan, seperti tugas yang selesai tepat waktu ataupun target bulanan yang tercapai. Tapi berterima kasih dapat diberikan bukan hanya pada pekerjaan saja, coba berikan ucapan terima kasih pada rekan kerja Anda di luar pekerjaan mereka seperti menunjukkan apresiasi kepada karyawan dengan mengenali kemampuan mereka untuk membuat orang lain tertawa (lelucon yang mereka buat) atau memulai percakapan tentang hal lain di luar pekerjaan . Pembicaraan fleksibel di luar konteks pekerjaan seperti itu dapat menjadi cara lain untuk menunjukkan rasa terima kasih rekan kerja Anda.

2. Personalisasi dan berikan di waktu yang tepat

Saat ingin mengucapkan rasa terima kasih di tempat kerja, penting untuk mempertimbangkan bahwa tidak semua orang ingin dihargai dengan cara yang sama. Beberapa karyawan mungkin ingin diapresiasi di hadapan orang banyak tapi beberapa juga ada yang ingin diapresiasi secara personal atau mungkin dengan tindakan. Sesuaikan gaya komunikasi, latar belakang, dan hal yang ingin Anda sampaikan saat ingin mengapresiasi karyawan, kenali perbedaan – perbedaan pada diri mereka lalu ungkapkan rasa terima kasih.

3. Pendekatan atas ke bawah

Ketika bagian atas memimpin, yang lain akan mengikuti. Pendekatan ini juga dapat diterapkan untuk menciptakan budaya syukur di perusahaan, manajer dapat mulai memberikan contoh untuk meningkatkan rasa syukur di tempat kerja yakni mengucapkan terima kasih atas seluruh kerja keras karyawan. Studi telah menunjukkan bahwa ketika manajer memainkan peran kunci dalam membentuk budaya perusahaan, saat manajer mengambil inisiatif untuk menunjukkan rasa terima kasih di tempat kerja, kinerja karyawan meningkat dan mereka menjadi lebih terlibat.

Kalau sudah tahu tips – tipsnya saatnya untuk melakukan aksi nyata budaya bersyukur tersebut! Anda dapat melakukan 5 hal ini untuk menunjukkan rasa syukur di tempat kerja:

  • Sambut karyawan Anda ketika mereka tiba setiap pagi
  • Berikan tim Anda kejutan dengan dengan makan siang bersama, kopi, atau suguhan lainnya
  • Menghargai waktu satu sama lain
  • Kenali dan hargai upaya karyawan untuk menjadi lebih baik saat mereka melakukan kesalahan
  • Mengucapkan ‘terima kasih’ sesering mungkin

Rasa syukur di tempat kerja dapat mengarah pada hubungan yang lebih dalam tidak hanya satu sama lain, tetapi juga untuk pekerjaan yang Anda lakukan setiap hari. Jadi luangkan waktu sejenak untuk berhenti dan ucapkan terima kasih, ya?

CTA-contact-us

Artikel dilansir dari Benefitexpress.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!