Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Ini Alasan Kenapa Kontak Mata Saat Interview Kerja itu Penting Banget!
For Jobseeker

Ini Alasan Kenapa Kontak Mata Saat Interview Kerja itu Penting Banget!

Karina

October 31 • 5 min read

Interview adalah proses yang susah-susah gampang. Buat kamu yang belum terbiasa menjalani interview, atau memiliki sedikit pengalaman interview, proses ini bisa dibilang adalah proses yang menakutkan sebelum keterima kerja. Tapi, untuk sebagian orang yang sudah terbiasa dengan hal ini, proses interview malah justru digunakan sebagai ajang untuk menonjolkan diri supaya lebih dilirik oleh perusahaan.

Sebenarnya, proses interview ini memang kesempatan kamu untuk memperkenalkan diri kamu dengan lebih baik kepada praktisi HR atau user yang berhadapan dengan kamu. Namun nggak bisa dipungkiri juga, kalau masih banyak orang yang takut dan malah menjadi cenderung diam saja saat proses ini sedang berlangsung. Bukannya percaya diri, justru jadi pemalu banget dan tanpa sadar menghindari kontak mata saat sedang di-interview.

Tapi kamu tahu nggak, sih, kalau kontak mata saat interview itu penting banget? Susah memang kalau belum terbiasa, tapi, yuk kita simak tips karir berikut, supaya lebih tahu kenapa sih kontak mata saat interview itu penting.

1. Bikin kamu dianggap punya skill dan integritas yang oke

Ketika memasuki proses interview, biasanya kandidat akan ditanya tentang skill mereka. Nah, disini adalah waktu yang tepat buat kamu untuk menonjolkan kemampuan kamu yang bisa menunjang kerjaan kamu nantinya. Tapi ingat, jangan terlalu menonjolkan diri juga, ya. Tetap down to earth, but strike to the point! Coba untuk menjaga kontak mata dengan interviewer, supaya dia juga yakin dengan kemampuan yang kamu utarakan tersebut.

2. Bikin kamu lebih terpercaya

Pernah nggak kamu berhadapan dengan orang yang selalu memalingkan wajah pas lagi ngomong? Nah, biasanya orang yang kayak gini susah untuk dipercaya kan? Karena selalu memalingkan wajah setiap kali kita lagi serius merhatiin dia ngomong. Hal ini juga berlaku saat interview, lho. Interviewer juga bakalan susah untuk percaya sama kamu kalau kamu sering memalingkan wajah dan menghindari kontak mata dengan mereka.

tips interview kontak mata

3. Bikin kamu terlihat lebih percaya diri

Menghindari kontak mata adalah salah satu tanda bahwa kamu sedang tidak percaya diri. Karena biasanya, orang akan mempertahankan kontak mata ketika mereka yakin dengan apa yang ingin mereka sampaikan. Saat interview, kamu harus terlihat yakin dan percaya dengan diri kamu sendiri. Dengan melihat interviewer saat sedang menjawab pertanyaannya dengan mantap, akan membuat kamu mendapat nilai plus dalam kepercayaan diri!

4. Terlihat lebih hangat dan bersahabat

Terakhir, dengan kontak mata, kamu akan terlihat lebih hangat dan bersahabat. Kok gitu, ya? Mungkin karena dengan kontak mata, bisa membuat kamu terlihat menikmati setiap percakapan dengan orang di depan kamu. Dalam kasus ini, interviewer akan merasa bahwa kamu tertarik menjalani proses interview dengannya. Dari cara kamu mempertahankan kontak mata dengan interviewer, dan tentunya diselingi dengan senyum, yakin deh interviewer akan menilai kamu sebagai orang yang humble banget.

Nah, itu dia tadi alasan kenapa kontak mata saat interview kerja itu penting banget. Jadi, setelah membaca tips karir ini, semoga kamu bisa jadi lebih pede untuk mempertahankan kontak mata saat sedang menjalani proses interview kerja, ya. Jangan lupa untuk terus keep up dengan lowongan kerja terbaru di website Kalibrr. Siapa tahu setelah apply, kamu bisa diundang untuk interview dan bisa langsung coba terapkan tips ini, deh!

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!