Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Ini 4 Cara Jaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja
For Jobseeker

Ini 4 Cara Jaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Karina

December 16 • 5 min read

ini-cara-jaga-kesehatan-mental-di-tempat-kerja

Ketika memasuki awal minggu, pasti kerjaan mulai terasa lebih banyak dan berat lagi. Belum lagi, tekanan yang datang dari atasan mengharuskan kita untuk bergerak cepat dan hal itu pastinya bakal bikin kesehatan mental kita menjadi sedikit terganggu.

Gangguan pada kesehatan mental yang terjadi di tempat kerja ini bisa disebabkan oleh kerjaan yang numpuk, lingkungan kerja, tingkah kolega kerja atau bahkan tekanan dari atasan. Mungkin nggak banyak orang yang sadar bahwa gangguan seperti ini yang paling sering membuat seseorang menjadi cepet stres, loh.

Kesehatan mental adalah salah satu yang penting dijaga, karena ketika kesehatan mental kita nggak terganggu, kita bakal merasa segala sesuatu itu pasti bisa diselesaikan. Mengetahui bagaimana kebiasaan yang ada di tempat kerja juga penting untuk membantu kejiwaan kita supaya bisa mengikuti ritme di tempat kita bekerja.

Kalau kamu adalah salah satu orang yang merasa bahwa concern tentang kejiwaan dan kesehatan mental kamu gampang terganggu terutama di tempat kerja, yuk baca tips untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja berikut ini!

1. Tidur yang cukup

Ketika kerjaan numpuk dan berujung ke kita yang jadi stres, hal ini pasti berdampak ke pola tidur yang jadi nggak teratur. Orang yang lagi stres cenderung suka susah tidur dan akhirnya insomnia. Ini bukan hal yang baru, sih, tetapi kamu harus pastikan untuk menjaga pola tidur kamu dan jangan sampai terbawa dengan rasa stres kamu itu. Usahakan untuk bisa mencapai waktu tidur 8 jam sehari, ya!

2. Menerima apa yang nggak bisa dikendalikan

Disini kamu harus ingat baik-baik kalau nggak semua hal itu bisa kamu kendalikan. Setiap orang punya limit masing-masing, begitu juga kamu. Coba yuk untuk fokus dengan apa yang bisa kamu kendalikan seperti pikiran, pertimbangan, perkataan, dan tindakan kamu sendiri.

Dengan mampu mengendalikan diri sendiri dan menerima hal-hal yang nggak bisa kamu kendalikan, ini akan membawa dampak baik untuk kejiwaan dan kesehatan mental kamu. Jadinya, kamu nggak bakal menambahkan banyak pikiran ke diri kamu sendiri.

3. Makan makanan yang seimbang

Percaya atau nggak, apa yang kita makan itu bisa mempengaruhi kesehatan dan mood kita, loh. Saat lagi banyak kerjaan juga biasanya seseorang jadi lupa makan dan akhirnya telat makan. Hal-hal kecil yang nggak terlalu diperhatikan kayak gini yang justru berpengaruh sama kinerja kita juga di tempat kerja. Pasti nggak mau dong mood berantakan pas lagi kerja? Jadi, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan jangan telat makan, ya?

ini-cara-jaga-kesehatan-mental-di-tempat-kerja

4. Cari teman bicara

Tips yang terakhir adalah, jangan ragu untuk menceritakan apa yang membuat kamu merasa lelah atau stres ke orang-orang yang kamu anggap dekat dengan kamu, terutama di tempat kerja. Teman kerjamu adalah orang yang paling dekat dengan pekerjaan kamu, mereka pasti bisa mengerti hal-hal yang membuat kamu merasa stres saat berada di tempat kerja.

Nggak punya teman untuk bicara? Jangan ragu untuk konsultasi dengan psikolog. Selain ketemu langsung, sekarang sudah banyak aplikasi psikolog online yang bisa kamu coba, loh! Contohnya seperti apilkasi wysa, riliv, atau halodoc.

Itu dia tips untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja. Dengan adanya tips ini, semoga kamu bisa selalu happy dan menempatkan diri saat sedang bekerja, ya. Jangan ragu untuk membagi concern kamu ke orang lain, selama itu nggak akan membawa beban untuk orang lain tersebut.

ini-cara-jaga-kesehatan-mental-di-tempat-kerja

 

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!