Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Jadikan Hari Senin mu Lebih Menyenangkan Dan Produktif Dengan Cara Ini
For Jobseeker

Jadikan Hari Senin mu Lebih Menyenangkan Dan Produktif Dengan Cara Ini

Karina

May 28 • 6 min read

Hah udah hari senin aja? TIDAAAAAAK

Welcome Monday. Saatnya kembali ke kegiatan atau rutinitas sehari – hari yaitu bekerja. Pernah kepo ngga kenapa kebanyakan orang tidak menyukai hari Senin? Selain karena harus bekerja ternyata ada alasan lain lho bahkan ada penelitian terkait hal itu.

Menurut situs Toogl, dalam sebuah penelitian di Australia tahun 2008, hari Senin dilaporkan sebagai hari ketika orang merasa paling rendah. Tetapi hal ini hanya benar, ketika orang-orang mengingat minggu itu. Saat ditanya secara real time, peneliti menyebutkan hari Rabu lah yang menjadi hari paling buruk menurut orang – orang. Mungkin sebagian dari alasan mengapa hari Senin dirasa sebagai hari yang buruk adalah karena bias konfirmasi.

Tetapi jangan hanya lihat sisi buruknya saja, hari Senin juga dapat diubah jadi hari yang menyenangkan dimana kita memulai pekerjaan dan bertemu rekan – rekan kerja. Maka dari itu daripada membiarkan hari Senin mu buruk dan mengganggu produktivitas maka coba cari sudut pandang lain atau hal – hal yang dianggap dapat membuat hari senin mu menyenangkan :

1. Tidur yang cukup dan bangun lebih awal.

Waktu tidur tentu akan mempengaruhi mood di pagi hari. Jika tidurmu cukup maka akan membuat mood kamu lebih baik. Usahakan untuk tidur sedikit lebih awal pada minggu malam. Selain itu bangun lebih awal juga baik untuk memulai hari Senin mu, memiliki lebih banyak waktu untuk me time seperti sarapan pagi atau berolahraga sebentar dapat membuat kamu lebih fokus di pagi hari

2. Bersiap dari malam sebelumnya

Hari seninmu buruk bisa jadi karena banyaknya beban pekerjaan yang harus dilakukan. Untuk mengatasi hal tersebut, coba luangkan waktu di malam sebelumnya atau di hari Jumat malam untuk mengatur to – do list pekerjaan apa yang harus dikerjakan untuk hari Senin nanti. Dengan melakukan hal itu dengan benar dapat membuat kamu lebih siap menghadapi hari esok.

3. Segera selesaikan tugas

Tidak ada yang lebih memuaskan daripada menyelesaikan tugas tepat pada waktunya. Menyelesaikan sesuatu hal atau yang terdapat di dalam to – do list termasuk hal – hal kecil di dalamnya seperti membalas chat atau email dapat memicu perasaan senang dan tentunya dapat membuatmu pulang tepat waktu atau bahkan lebih awal. Menunda – nunda pekerjaan juga bukanlah hal yang baik, jadi segera selesaikan tugasmu

4. Cari tahu kapan waktu energimu dan fokusmu di titik paling maksimal

Mengetahui kapan waktu dimana energi dan fokus ada titik paling maksimal adalah hal yang penting untuk produktivitas. Dengan begitu kamu akan siap untuk menangani tugas – tugas penting. Misalnya waktu produktif mu adalah siang hari sebelum makan siang maka hindari untuk membuka chat atau email di pagi hari yang bisa membuatmu kehilangan fokus dan memikirkan hal – hal yang kurang penting.

5. Be positive

Menjadi positif. Mulailah awali hari dengan hal – hal yang positif. Seperti bersyukur akan hal yang terjadi hari ini, bersyukur bisa bangun pagi dan bersiap pergi ke kantor. Luangkan waktu untuk mengenali dan menghargai hal-hal yang disukai dari pekerjaan kamu. Mendengarkan lagu favoritmu di perjalanan juga bisa kamu lakukan, dengan begitu moodmu akan jadi lebih baik dan ceria.

6. Send out good vibes

Aura yang baik biasanya menular. Ada banyak cara untuk membangun mood positif salah satunya adalah dengan melakukan hal-hal baik untuk orang lain,  dan hal ini bisa jadi dapat membantu mengubah suasana hati secara keseluruhan di kantor. Hal kecil seperti memberi semangat kepada teman kantor, memberikan motivasi, dan lain sebagainya dipercaya dapat membuat hari senin menjadi lebih menyenangkan.

 

Artikel ini dilansir dari Toogl, Forbes dan Fast Company

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!