Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Kelebihan AI pada Analitik HR
For Employer

Kelebihan AI pada Analitik HR

Febriana Ayu Syafitri

May 05 • 5 min read

Apakah Anda lelah memilah-milah tumpukan data karyawan dan berjuang untuk membuat keputusan untuk organisasi Anda? Tidak perlu khawatir karena telah hadir teknologi analitik HR bertenaga AI! Dengan memanfaatkan kekuatan kecerdasan buatan, HR dapat memperoleh wawasan berharga tentang kinerja karyawan, rekrutmen, retensi, dan lainnya.

Pertama dan terpenting, menggunakan AI pada analitik HR dapat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi. Alih-alih menghabiskan waktu berjam-jam untuk menganalisis data secara manual, algoritma AI dapat dengan cepat memproses sejumlah besar informasi dan memberikan wawasan yang akurat dan dapat ditindaklanjuti. Hal ini memungkinkan tim SDM untuk fokus pada inisiatif strategis dan membuat keputusan berdasarkan data dengan percaya diri.

Selain menghemat waktu, AI dalam analitik HR juga menghasilkan prediksi dan hasil yang lebih akurat. Dengan algoritma pembelajaran mesin, HR dapat mengidentifikasi pola dan tren yang mungkin tidak langsung terlihat, sehingga menghasilkan keputusan perekrutan yang lebih baik, program pelatihan yang lebih efektif, dan peningkatan retensi karyawan.

Analitik HR yang didukung AI dapat membantu organisasi mengurangi bias dan diskriminasi dalam proses perekrutan. Dengan menghilangkan bias manusia dari pemilihan kandidat, algoritma AI dapat memastikan bahwa kandidat dievaluasi hanya berdasarkan kualifikasi, keterampilan, dan pengalaman mereka, sehingga menghasilkan tempat kerja yang lebih beragam dan inklusif.

Manfaat lain menggunakan AI dalam analitik HR adalah kemampuan untuk meningkatkan keterlibatan dan kepuasan karyawan. Dengan menganalisis umpan balik dan sentimen karyawan, HR dapat mengidentifikasi area untuk peningkatan dan mengimplementasikan inisiatif yang ditargetkan untuk meningkatkan kepuasan dan retensi karyawan.

AI dalam analitik HR dapat membantu organisasi tetap kompetitif dalam siklus bisnis yang berubah dengan cepat. Dengan wawasan real-time ke dalam tren pasar dan tolak ukur industri, HR dapat dengan cepat menyesuaikan strategi mereka untuk tetap menjadi yang terdepan dalam menarik talenta terbaik.

Dari penjelasan di atas, tentunya sudah jelas bagaimana manfaat menggunakan AI dalam analitik HR mengubah proses dan cara kerja HR. Dari peningkatan efisiensi dan akurasi hingga pengurangan bias dan peningkatan keterlibatan karyawan, analitik HR yang didukung AI adalah sebuah game changer bagi organisasi yang ingin mengoptimalkan fungsi HR mereka dan mendorong kesuksesan bisnis. 

Kalibrr memiliki teknologi AI-Powered yang dapat membantu menyederhanakan proses perekrutan dan aktivitas rekrutmen Anda. Mulailah merekrut sekarang dengan Kalibrr!

 

Kalibrr adalah sebuah perusahaan teknologi rekrutmen yang bertujuan untuk mentransformasi pengalaman kandidat dalam mencari kerja dan cara perusahaan dalam merekrut talenta terbaiknya. Dengan mengedepankan pengalaman kandidat dalam tiap elemen rekrutmen, kami konsisten memikat talenta-talenta berbakat dari berbagai belahan dunia, dengan lebih dari 5,5 juta profesional di talent pool saat ini dan akan terus bertambah. Kalibrr menghubungkan mereka dengan perusahaan yang membutuhkan pemimpin bagi generasi selanjutnya.

Sebagai satu-satunya penyedia jasa solusi rekrutmen end-to-end di Asia Tenggara, Kalibrr memiliki kantor pusat di Makati, Filipina, dan juga kantor-kantor yang beroperasi di San Fransisco, California, dan Jakarta. Hadir sejak tahun 2012, Kalibrr telah membantu lebih dari 18.000 klien serta disokong oleh inkubator start-up terbaik di dunia dan para pemodal ventura, seperti Y Combinator, Omidyar Network, Patamar Capital, Wavemaker Partners, dan Kickstart Ventures.

Untuk konsultasi bisnis dan rekrutmen lebih lanjut, silakan kunjungi dan ikuti media sosial Kalibrr Indonesia di  Instagram dan LinkedIn.

 

Share Via:

About The Writer

An ordinary girl who loves to write about anything and everything.  More about Febriana Ayu Syafitri

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!