Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Ketahui Fungsi Human Resources Planning dalam Perusahaan
For Employer

Ketahui Fungsi Human Resources Planning dalam Perusahaan

Karina

March 24 • 5 min read

Bulan Maret sudah hampir selesai. Dalam hitungan hari, kita semua akan memasuki bulan keempat di tahun 2021. Perekonomian pun sedikit demi sedikit mulai menampakkan gejolaknya lagi, tidak seperti tahun lalu yang hanya terisi dengan kelesuan dan pemutusan hubungan kerja di mana-mana. Lowongan kerja pun mulai sedikit banyak terlihat bertebaran, entah di media sosial, iklan, atau situs pencari kerja dan pekerja.

Untuk Anda yang belum menyelesaikan atau belum terpikir untuk membuat manpower-planning atau yang juga lumrah disebut sebagai human resource planning, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk menyusunnya kembali, atau mencoba untuk menyusun.

Investopedia menjelaskan, human resource planning adalah sebuah proses yang berkelanjutan dan sistematis dilakukan oleh HR atau rekruter untuk mengoptimalisasi aset paling berharga perusahaan, yaitu pekerja. Human resource planning dapat memastikan pekerjaan dan pekerja berada di titik keseimbangan, tidak berlebihan atau tidak juga kekurangan.

 

Dalam perencanaannya, human resource planning harus fleksibel untuk memenuhi kebutuhan manpower sesuai dengan pekerjaan yang ada dan juga harus dapat beradaptasi di tengah situasi-situasi lingkungan bisnis untuk jangka waktu yang lama.

Human resource planning pun dibagi dalam dua jenis, hard human resource planning dan soft human resource planning.

Hard human resource planning mengevaluasi metrics yang digunakan dalam human resource planningsecara kuantitatif dalam menemukan banyaknya pekerja yang dibutuhkan oleh perusahaan secara tepat dan seimbang. Sedangkan soft human resource planning lebih fokus kepada menemukan kandidat yang sesuai dengan budaya kerja perusahaan, motivasi, serta attitude perusahaan. Tentu saja, baik hardmaupun soft human resource planning, keduanya harus berjalan secara beriringan.

Di tengah perubahan dunia perekonomian yang semakin dinamis, tidak ada salahnya untuk mencoba menyusun human resources planning ini sebagai “tabungan” masa depan perusahaan. Mengapa penting?

 

1. Antisipasi perubahan pasar

Seringkali perubahan pasar terjadi secara tiba-tiba dan membutuhkan skill-skill mumpuni untuk dapat bertahan dari perubahan ini. Itulah sebabnya penting untuk melakukan human resources planning, demi tercapai dan terpenuhinya skill-skill yang dibutuhkan dari kandidat yang tepat untuk menanggapi perubahan pasar yang dinamis.

Selain itu, human resources planning juga berguna untuk mengantisipasi situasi pasar yang menurun secara tiba-tiba, seperti pada pandemi COVID-19. Lewat human resources planning, Anda dapat memilah mana divisi yang dapat dikurangi pekerjanya tanpa mengorbankan produktivitas dari perusahaan.

 

2. Memperbaiki kinerja perusahaan

Dengan adanya human resources planning, HR atau rekruter dapat memberikan kesempatan kepada manajer dari divisi lain untuk tetap fokus pada goals mereka masing-masing tanpa harus memikirkan permasalahan administratif tentang pekerja dan bagaimana memenuhi kuota manpower demi tercapainya goals tersebut.

 

3. Mempersiapkan legal planning

Lewat human resources planning, HR atau rekruter dapat mengedukasi pekerja dan trainee tentang aturan perusahaan dan bagaimana seorang pekerja atau kandidat harus bersikap ketika dihadapkan situasi krisis yang melibatkan banyak departemen di perusahaan.

 

4. Produktivitas dan kesejahteraan pekerja

Dalam human resources planning, HR juga bertanggung jawab atas penyusunan rencana untuk program kesejahteraan pekerja atau employee wellness. Penyusunan employee wellness ini dapat berdampak pada produktivitas pekerja. Semakin baik penyusunan dan isi program dari employee wellness, semakin baik pula produktivitas dan efektivitas pekerjaan yang dilakukan pekerja.

Sebaliknya, pekerja tidak dapat produktif dan efektif dalam melakukan pekerjaan jika HR tidak menyusun isi dari program employee wellness sesuai dengan kebutuhan pekerja.

 

CTA

Artikel dilansir dari Chron, Investopedia, dan Smartsheet

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!