Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Kiat – kiat Merekrut Talenta IT Lewat Sosial Media
For Jobseeker

Kiat – kiat Merekrut Talenta IT Lewat Sosial Media

Karina

June 04 • 7 min read

Separuh penduduk indonesia dikatakan sudah melek sosial media. Menurut laporan berjudul Digital 2021: The Latest Insights Into The State of Digital di Bulan Januari lalu oleh We Are Social dan Hootsuite, populasi penduduk Indonesia menyentuh angka 274,9 juta jiwa. Dari populasi tersebut, terdapat 202,6 juta pengguna internet di Indonesia dengan penetrasi mencapai 73,7 % dengan jumlah total pengguna media sosial aktifnya sebanyak 170 juta jiwa (61,8 %) dan kurang lebih 300.000 orang indonesia bekerja di industri IT. Itu artinya separuh lebih rakyat indonesia telah tersentuh atau menggunakan sosial media di kehidupan sehari – hari mereka.

Dalam bagian social media behaviours, didapatkan juga bahwa sebesar 60% pengguna internet yang menggunakan media sosial untuk tujuan kerja. Hal ini membuktikan bahwa sosial media juga berkaitan atau berpengaruh terhadap dunia human resources. Sosial media memang bukan hanya media berkomunikasi tapi juga dapat dijadikan tempat untuk melakukan personal branding atau social branding yang mengarah kepada value individu yang menggunakannya. Maka dari itu tak jarang rekruter melirik sosial media para kandidat untuk melihat informasi yang tidak tercantum di CV mereka.

Social media memungkinkan HR atau rekruter untuk mendapatkan informasi terkait gaya hidup, nilai, budaya mereka ataupun hal – hal yang mereka bagikan kepada masyarakat, di mana hal ini sangat penting bagi perusahaan dalam merekrut seseorang untuk memiliki hubungan jangka panjang. Dengan kata lain sosial media dapat membantu rekruter menyesuaikan kualifikasi kandidat dengan kebutuhan perusahaan.

Meskipun sebagian besar perusahaan telah menggunakan sosial media dalam proses rekrutmennya namun beberapa diantaranya  tidak memanfaatkannya secara maksimal, berikut kami berikan kiat – kiat mendapatkan kandidat IT terbaik melalui sosial media :

1. Gunakan platform yang tepat

Untuk menemukan kandidat potensial, Anda juga perlu menggunakan platform sosial media yang tepat dimana Anda dapat memfokuskan minat anda dan menemukan platform yang merupakan tempat kandidat potensial berkumpul. Anda juga dapat menggunakan hashtag untuk mempermudah atau memastikan kandidat melihat lowongan pekerjaan anda, seperti hastags #technology, #techcompany #techhiring dan lain sebagainya. Jangan habiskan waktu pada terlalu banyak media karena akan membuang waktu dan sumber daya serta menjadikan Anda tidak fokus pada kandidat sasaran anda.

2. Buat suasana yang nyaman

Buatlah suasana atau komunikasi yang nyaman saat hendak meng-approach kandidat. Jangan tiba – tiba mengirimkan lamaran pekerjaan tanpa sebelumnya berkenalan atau menyampaikan maksud dan tujuan anda. Melakukan hal itu akan membantu anda menarik perhatian kandidat dan mempertahankan minat dan keingintahuan mereka tentang perusahaan Anda.

3. Branding

Branding yang kuat sangat penting untuk membuat kandidat percaya akan kredibilitas perusahaan Anda. Branding sangat penting dalam membagikan detail tentang company, produk, dan layanan anda. Anda dapat menggunakan sosial media seperti instagram dan linked in untuk membuat brandingperusahaan. Memiliki branding perusahaan atau branding perekrutan yang baik dapat memudahkan anda menarik talenta terbaik di industri teknologi.

4. Jelaskan budaya atau value perusahaan

Saat menggunakan sosial media sebagai bagian dari proses rekrutmen, pastikan Anda membagikan konten untuk menunjukkan bahwa perusahaan menawarkan benefit yang menarik. Seperti fasilitas, value perusahaan dan budaya kerja di perusahaan. Bagikan konten – konten yang unik terkait hal tersebut untuk menarik perhatian kandidat, jenis konten seperti ini biasanya akan lebih mudah diserap dan diingat oleh banyak orang.

5. Gunakan iklan sosial media

Untuk lebih banyak diketahui, Anda dapat menggunakan iklan untuk menarik kandidat IT terbaik. Iklan akan membantu lowongan pekerjaan lebih banyak dilihat dan akan membawa lebih banyak leads untuk Anda. Anda dapat membuat campaign di salah satu media iklan untuk dapat mengatur siapa saja yang mendapatkan iklan tersebut.

Persaingan mencari kandidat – kandidat IT terbaik di perusahaan akan semakin ketat karena posisinya yang memang sangat dibutuhkan perusahaan di era digital seperti ini, maka dari itu perusahaan yang ingin mendapatkan kandidat IT terbaik lewat sosial media harus menyiapkan dengan serius hal – hal yang diperlukan seperti pemeliharaan konten – konten perusahaan dan hal lainnya yang berhubungan.

Pertimbangkanlah platform media sosial untuk menjadi strategi rekrutmen Anda. Kalibrr dapat membantu Anda bertransformasi dalam proses rekrutmen melalui employer branding yang kuat dan iklan sosial media yang tepat sasaran. Dapatkan pengalaman rekrutmen terbaik bersama fitur – fitur yang kami tawarkan.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi yanto@kalibrr.com

Artikel dilansir dari Social-hire, Zippia, Cio

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!