Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Kiat-Kiat Yang Dapat Bantu Kamu Cari Kerja Di Masa Sulit
For Jobseeker

Kiat-Kiat Yang Dapat Bantu Kamu Cari Kerja Di Masa Sulit

Karina

July 07 • 5 min read

kiat-kiat-yang-dapat-bantu-kamu-cari-kerja-di-masa-sulit

Mencari kerja memang bukan suatu hal yang mudah. Sebelum pandemi saja mencari kerja sudah sulit apalagi ditambah situasi seperti sekarang. Bukan hanya lulusan baru  yang terdampak tapi ada juga karyawan yang kehilangan pekerjaan dan akhirnya menganggur dan menjadikan persaingan di dunia kerja yang semakin hari kian ketat dan sengit.

Meski tahu hal ini sulit, yakinlah bahwa masih ada harapan yang menanti. Mempersiapkan diri dengan baik juga penting sebagai bekal bersaing dengan banyaknya pelamar. Kamu bisa simak kiat – kiat berikut untuk dapat meningkatkan kesempatan mendapatkan pekerjaan baru di tengah pandemi :

kiat-kiat-yang-dapat-bantu-kamu-cari-kerja-di-masa-sulit

1. Membangun Personal Branding

Menurut Tech In Asia personal branding adalah proses memasarkan diri dan karir melalui suatu citra yang dibentuk untuk khalayak umum. Citra ini kemudian dapat dipresentasikan lewat berbagai jalur, seperti media sosial, blog, situs web pribadi, hingga perilaku di depan umum.

Kamu bisa membangun personal branding di media sosialmu. Pernah dengar kan ada beberapa perusahaan yang meminta pelamar mengisi sosial media mereka? Tak jarang perusahaan melakukan itu untuk mengecek personal branding, kira – kira bagaimana image yang diberikan pelamar, apakah sesuai dengan kebutuhan perusahaan, value perusahaan dan lain sebagainya.

Melakukan personal branding yang baik apalagi yang menarik dan berbeda dari pelamar biasanya akan membuatmu lebih menonjol diantara yang lainnya untuk dapat dilirik rekruter.

2. Kembangkan & Tunjukan Experience

Bagi fresh graduate atau lulusan baru, hal ini seringkali menjadi kendala dalam mencari pekerjaan. Tapi, experience tentu adalah hal yang dapat diasah dengan berbagai cara. Ada banyak pilihan online learning seperti Google Digital Garage, Udemy, Coursera dan lain sebagainya. Kamu juga bisa belajar dengan mengikuti webinar – webinar yang dilaksanakan perusahaan dengan berbagai tema menarik.

3. Update CV Dengan Tepat

Update CV dengan tepat, berarti isi CV dengan lengkap, semenarik mungkin dan serelevan mungkin. Ada banyak sumber – sumber terkait bagaimana mengisi CV yang bisa kamu pelajari, salah satunya kamu bisa baca – baca tips seputar karir di Kalibrr Blog.

Update CV mu dengan keahlian dan pengalaman yang kamu miliki. Saat melamar pekerjaan dengan posisi yang berbeda kamu juga bisa sesuaikan kembali isi dari CV agar serelevan mungkin dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

4. Mencari Platform Kerja Terbaik

Hadirnya teknologi saat ini tentu bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Salah satunya yaitu membuat semuanya menjadi cepat dan efektif tapi tak lupa dengan hasil yang memuaskan. Saat melamar pekerjaan, kamu dapat menggunakan teknologi berupa platform kerja yang dapat menghubungkanmu dengan puluhan atau ratusan perusahaan yang dalam waktu singkat.

Kalibrr adalah platform kerja yang dapat membantumu mencari pekerjaan impianmu. Kamu bisa mulai membuka akun jobseeker di platform Kalibrr lalu atur profilmu semenarik mungkin sehingga peluang untuk application mu dilihat oleh rekruter akan semakin besar dan kamu siap mengejar suksesmu bersama Kalibrr Indonesia.

5. Networking

Manfaatkan networking atau kenalan kamu sebaik mungkin. Bukan berarti bantuan orang dalam, tapi mintalah bantuan mereka untuk mendapat informasi – informasi terkini tentang pekerjaan dan karir. Kamu juga dapat meminta kenalanmu untuk berbagi hal – hal yang sekiranya dapat membantu mencapai karir impianmu.

Selain tips – tips di atas kamu juga harus memiliki 3 prinsip atau 3 kunci ini dalam melamar pekerjaan yakni Percaya diriPersistensi, dan Tetap memiliki harapan tinggi. Dengan 3 kunci ini diharapkan kamu akan dapat memiliki mindset atau pola pikir yang membantumu melalui hal sulit, misalnya penolakan.

kiat-kiat-yang-dapat-bantu-kamu-cari-kerja-di-masa-sulit

Artikel dilansir dari Kalibrr Indonesia dan CNN Indonesia.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!