Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Kuasai Sesi Interview Dengan STAR
For Jobseeker

Kuasai Sesi Interview Dengan STAR

Karina

June 17 • 5 min read

Berhasil dalam sesi interview atau wawancara kerja pasti sangat diinginkan oleh setiap kandidat, karena jika berhasil membuat rekruter tertarik maka dapat memberikan peluang lebih besar untuk lolos ke tahapan rekrutmen selanjutnya.

Tapi untuk lolos interview tentu banyak yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah mempersiapkan diri dari pertanyaan – pertanyaan yang akan ditanyakan rekruter nantinya. Tak jarang rekruter sering menggunakan tipe pertanyaan behavioral question atau behavioral interview untuk mendapat kandidat yang mereka inginkan.

Nah untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan terkait hal tersebut kamu dapat menggunakan metode STAR ini!

Apa itu STAR?

STAR adalah salah satu teknik atau metode dalam menjawab pertanyaan interviewer yang terkait behavioral interview atau jenis interview yang biasa digunakan rekruter untuk mengukur kemampuan kandidat melalui tingkah laku mereka. Biasanya rekruter akan meminta kandidat untuk memberikan contoh nyata tentang bagaimana kandidat menangani situasi tertentu di organisasi atau tempat kerja di masa lalu. Pertanyaan – pertanyaan behavioral interview ini mudah dikenali karena akan ditandai dengan kata – kata seperti ceritakan, pernahkah, jelaskan, berikan contoh atau bisa juga apa yang akan dilakukan dalam situasi tertentu.

Menjawab pertanyaan – pertanyaan tersebut dengan detail, menarik dan mudah dipahami tentu dapat membuat rekruter terkesima. Maka dari itu teknik STAR ini dapat menjadi langkah tepat untuk menguasai sesi wawancara atau interview. Dengan teknik STAR kamu dapat membagi pengalamanmu menjadi kerangka sederhana yang dapat menjelaskan pengalaman sebelumnya dengan maksimal.

STAR sendiri merupakan singkatan dari Situation (Situasi), Task (Tugas), Action (Aksi) dan Result (Hasil).

Situasi: detail atau keadaan yang terjadi dari pengalaman/pencapaian

Tugas: tugas atau tanggung jawab dalam situasi itu.

Tindakan: langkah-langkah yang diambil untuk mengatasinya.

Hasil: Bagikan hasil apa yang dicapai tindakanmu.

Situation

Dalam konteks atau situasi apa kamu meraih pencapaianmu?

Ceritakan konteks seputar situasi/tantangan yang kamu hadapi. Kalau bisa ceritakan pengalaman atau pencapaian yang relevan dan jangan terlalu bertele – tele karena biasanya rekruter atau pewawancara lebih peduli dengan tindakan yang diambil dan hasil yang didapatkan. Bagikan jumlah detail yang relevan dengan mengidentifikasi dua atau tiga informasi terpenting yang diperlukan untuk memberikan isi yang cukup kepada pewawancara tentang situasi tersebut.

Task

Tantangan apa yang kamu hadapi atau goal apa yang ingin kamu capai

Setelah menjelaskan situasinya hal itu akan membuka jalan untuk menjelaskan tanggung jawab atau peranmu dalam situasi atau tantangan tersebut. Tekankan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabmu dalam situasi tersebut, serta apa yang  menjadi tuntutan atau harapan perusahaan. Sekali lagi, jangan juga terlalu bertele – tele dan membuatmu tidak fokus memberi makna pada penjelasanmu, pertimbangkan hanya satu atau dua poin yang paling menggambarkan tugas yang harus diselesaikan.

Action

Apa yang kamu lakukan untuk mencapai hal tersebut? Skills apa yang kamu gunakan?

Poin ini biasanya paling dinanti oleh rekruter karena akan menunjukkan bagaimana kamu menghadapi sebuah masalah atau bagaimana problem solving skills mu. Jelaskan tindakan spesifik yang diambil untuk menangani situasi atau tantangan yang kamu ceritakan tadi. Identifiikasi secara mendalam hingga jawaban kamu dapat mendeskripsikan peranmu dalam situasi tersebut dan bagaimana dampaknya terhadap situasi dan menjadi solusi dari situasi tersebut.

Result

Bagaimana hasilnya? Apa yang kamu pelajari dari pengalaman ini? Mengapa ini merupakan pencapaian terbesarmu?

Terakhir, sampaikan hasil yang didapat dari tindakan yang kamu lakukan. Hitung seberapa besar hasil tersebut berdampak terhadap kesuksesan acara, organisasi atau pekerjaan sebelumnya atau bisa juga berikan sedikit cerita bagaimana hasil tersebut membekas untuk dirimu maupun organisasi atau perusaahan tempat dulu bekerja.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!