Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Mau Mengubah Karir di Usia 30-an? Coba Simak ini Dulu
For Jobseeker

Mau Mengubah Karir di Usia 30-an? Coba Simak ini Dulu

Karina

November 04 • 3 min read

Kebanyakan dari kita sudah memilih karir seperti apa yang ingin kita lakukan setelah lulus dari perguruan tinggi. Setelah lulus pun, nggak jarang planning yang kita buat berubah. Meskipun demikian, hal ini nggak menutup kemungkinan bahwa disaat kita sudah kerja dengan profesi tertentu, nantinya kita memiliki keinginan untuk mengganti pekerjaan lagi.

Lalu, apa mungkin kita masih punya kesempatan untuk mengubah karir kalau sudah menginjak usia 30-an? Sebenarnya, ini bukanlah hal yang nggak mungkin. Tetapi, ada baiknya untuk memantapkan diri sebelum kamu terjun bebas ke profesi yang lain. Gimana caranya? Yuk kita simak beberapa hal yang perlu kamu pahami sebelum memutuskan untuk mengubah karir di usia 30-an berikut ini.

  1. Meyakinkan diri sebelum mengambil langkah

Pastinya nggak mudah untuk sampai ke kesimpulan ingin mengubah karir, apalagi kalau kamu sudah menginjak usia 30-an. Maka dari itu, kamu perlu meyakinkan diri untuk menemukan hal apa yang sebenarnya paling kamu inginkan. Coba rehat sejenak dari semua aktivitas kamu dan pikirkan hal-hal yang membuat kamu nggak nyaman dengan pekerjaan kamu sekarang. Jangan lupa untuk banyak research tentang tips kerja supaya kamu yakin dengan keputusanmu ini.

  1. Gunakan apa yang menjadi keahlianmu dengan sebaik-baiknya

Untuk bagian ini, kamu disarankan untuk memahami apa yang sebenarnya cocok dengan kamu, dan lingkungan kerja seperti apa yang membuatmu semangat untuk kerja setiap hari. Kalau kamu sudah menemukan jawabannya, maka kamu akan lebih mudah untuk menentukan karir yang sesuai dengan kamu.

  1. Persiapkan keuangan dengan baik

Keuangan adalah salah satu faktor penting yang harus kamu perhatikan ketika kamu memutuskan untuk mengubah karirmu, terutama di usia 30-an. Terlebih lagi kalau kamu ingin beralih menjadi wiraswasta, usahakanlah agar keuanganmu stabil dan cukup untuk memulai bisnis tersebut.

  1. Jangan terburu-buru

Ketika ingin mengubah karir, seseorang biasanya cenderung nggak begitu aware dengan tawaran pekerjaan yang datang untuknya. Jangan gegabah, ya, karena kamu perlu memikirkan hal ini dengan matang. Ingat, berikanlah dirimu sedikit waktu untuk berpikir dulu, perbanyak research tentang karir dan tips kerja, sebelum memutuskan menerima pekerjaan lain!

  1. Perluas jaringan

Kekuatan jaringan dalam dunia kerja ternyata sangat kuat, loh. Percaya atau nggak, sekitar 70 sampai 80% orang yang mendapatkan pekerjaan baru setelah memutuskan untuk mengubah karir, mendapatkan pekerjaan baru tersebut dari orang yang mereka kenal.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!