Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Mengenal Jenis – Jenis Pekerjaan Web Developer
For Jobseeker

Mengenal Jenis – Jenis Pekerjaan Web Developer

Karina

October 07 • 4 min read

mengenal-jenis-jenis-pekerjaan-web-developer

Di balik website yang tiap harinya kamu akses, yang nyaman kamu gunakan, yang tampilannya bagus serta fungsionalitasnya oke. Penasaran gak sama orang – orang dibalik itu semua?

Saat website yang kamu kunjungi memiliki tampilannya yang user friendly dan sangat nyaman digunakan, tentu akan membuat kamu lebih baik dalam mencerna informasi yang diberikan. Hal tersebut terjadi karena hasil kerja keras orang – orang ini yaitu Back End Developer, Front End Developer, Full Stack Developer, dan ada juga UI Designer serta UX Designer. Udah tau belum, perbedaan dan tugas – tugas dari pekerjaan tersebut?

Berikut perbedaan kelimanya:

Back End Developer

Dalam pembuatan website, seorang Back End Developer punya tugas dan tanggung jawab untuk membangun dan mengelola teknologi yang mendukung komponen back end suatu website. Back end ibaratnya adalah halaman belakang dari suatu website, kinerjanya pun tidak dapat dilihat secara kasat mata. Server, database, serta aplikasi merupakan komponen dari sebuah back end. Jika kamu tertarik menjadi seorang Back end Developer, kamu harus menguasai beberapa pemrograman ini terlebih dahulu, seperti Phyton, PHP, Java. Golang dan masih banyak lagi.

Front End Developer

Jika back end adalah halaman belakang, maka front end adalah halaman depan suatu website yang tampilannya dapat dilihat oleh user. Seorang Front End Developer bertanggung jawab untuk desain website dan memastikannya berfungsi. Mereka akan menerjemahkan kerangka desain website jadi code aktual dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti  HTML, CSS, dan JavaScript.

Full Stack Developer

Seperti namanya yang Full, seorang Full Stack Developer adalah gabungan dari back end dan juga front end. Untuk menjadi Full Stack Developer, kamu harus memahami sisi i dan juga wajib mengerti kebutuhan klien sebagai user, yang menjadi cakupan dari sisi front end. Bisa dibilang, pekerjaan seorang Full Stack Developer adalah pekerjaan yang lebih kompleks dan melibatkan berbagai keahlian.

UI Designer

UI adalah sebuah singkatan dari User Interface yang berarti desain antarmuka yang fokus pada keindahan dari tampilan sebuah website. Seorang UI Designer bertanggung jawab untuk membuat desain yang akan memudahkan pengguna programnya, membuat tampilan lebih estetik/ indah dipandang mata sehingga pengunjung website pun betah berlama-lama. Mekanismenya mencakup tampilan fisik, warna, animasi, dan pola.

UX Designer

Jika UI bertanggung jawab atas tampilan dari sebuah website, maka seorang UX Designer akan bertanggung jawab soal UX atau User Experience. Meningkatkan kepuasan pengguna website atau aplikasi melalui kegunaan dan kesenangan dalam penggunaan produk, memastikan website tersusun dengan baik, dan pengguna mudah berpindah dari satu halaman ke halaman lain adalah tugas seorangg UX Designer. Skill yang diperlukan untuk pekerjaan ini yaitu mencakup teknik penelitian, etnografi, pemodelan pengguna, desain produk, dan masih banyak lagi.

Tertarik bekerja jadi seorang web developer? Yuk cek lowongan – lowongan terbaru seputar web developer dan bidang pekerjaan lainnya di kalibrr.id !.

“cta”

Artikel dilansir dari Ekrut.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!