Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Perekrutan MT Secara Online: Bagaimana Prosesnya?
For Employer

Perekrutan MT Secara Online: Bagaimana Prosesnya?

Karina

August 01 • 5 min read

Segala sesuatunya memang perlu dilihat dari dua sisi. Tak melulu negatif, ternyata pandemi Covid-19 yang sudah melanda Indonesia selama hampir 2 tahun ini tak disangka membuka peluang percepatan digitalisasi.

Kegiatan serba online berhasil diakomodasikan. Pelaku industri mulai berangsung-angsur membaik berkat pemanfaatan teknologi sehingga mampu menjalankan sebagian besar kegiatannya secara lebih cepat dan efektif, termasuk halnya dalam pelaksanaan rekrutmen.

Salah satu kegiatan rekrutmen yang belakangan ini kembali digencarkan oleh perusahaan adalah perekrutan talenta terbaik melalui program Management Trainee (MT). Management Trainee secara umum diartikan sebagai program pelatihan yang dikhususkan untuk membentuk serta mencetak pemimpin perusahaan di masa yang akan datang. Prospek menjanjikan dari program ini membuat banyak pencari kerja khususnya fresh graduate, berlomba-lomba melewati setiap tahap rekrutmen untuk berhasil lolos menjadi karyawan di perusahaan impiannya.

Implementasi Online Assessment menjadi Realita dan Pedoman Baru

Perubahan pola aktivitas secara masif yang terjadi selama pandemi Covid-19 tentunya tidak bisa dijadikan alasan bagi perusahan untuk menurunkan standar kualitas rekrutmen mereka. Di tengah tingginya permintaan akan lapangan kerja, seorang rekruter justru harus lebih selektif dan proaktif dalam upaya menemukan talenta terbaik untuk perusahaannya.

Pada tahap awal rekrutmen, seringkali tes tertulis menjadi langkah awal yang harus dilalui kandidat. Pandemi yang memaksa semua kegiatan dilakukan secara daring kini membuka kesempatan untuk menyelenggarakan online assessment. Jika dibandingkan dengan rekrutmen konvensional, perbedaan tentunya akan terasa pada kehadiran fisik dan sistem pengawasan secara langsung, mengingat saat ini, rekruter tidak bisa melakukan pengawasan langsung terhadap keseluruhan proses. Tapi Kalibrr hadir untuk memberi solusi terkait hal ini, Melalui teknologi, perusahaan tetap bisa mengawasi kandidatnya untuk tidak melakukan kecurangan selama tes.

Graduate Trainee Program Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia.

Salah satu perusahaan yang telah bermitra dengan Kalibrr dalam penyelenggaraan online assessment adalah Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia.

Program MT, seperti Graduate Trainee Program yang diselenggarakan oleh CCEP menjadi incaran banyak kandidat. Tentunya, untuk memproses begitu banyak kandidat,  CCEP membutuhkan proses testing yang aman dan nyaman untuk diikuti para pesertanya. Untuk itu, CCEP bekerja sama dengan Kalibrr untuk mengelola online assessment program-programnya, mulai dari penyediaan paket soal assessment, pembuatan kriteria skor penilaian, hingga komunikasi dengan kandidat sebelum dan selama tes.

Adapun paket soal seperti logika, ketelitian, dan kemampuan negosiasi yang didukung dengan fitur proctoring dan pengecekan plagiarisme dihadirkan oleh Kalibrr dengan harapan bisa membantu proses penyaringan awal ini secara mendalam. Melalui serangkaian upaya ini, Kalibrr berharap mitra-mitranya dapat menemukan kandidat terbaik yang layak lolos ke tahap rekrutmen selanjutnya, tanpa khawatir terjadinya tindak kecurangan selama proses berlangsung.

Pandemi Bukan Kendala untuk Merekrut Kandidat MT

Proses seleksi daring tidak seharusnya menjadi hambatan bagi perusahaan untuk dapat menggali kompetensi kandidat secara kritis dan menyeluruh. Melalui teknologi, Kalibrr menduplikasikan proses yang semula offline menjadi online tanpa menghilangkan aspek human touch dan komunikasi efektif yang krusial dalam rekrutmen.

Kalibrr membuktikan bahwa pandemi bukanlah sebuah penghalang terciptanya proses rekrutmen yang relevan dan efisien. Kualitas layanan Kalibrr di bidang online recruitment dan employer branding bisa dibuktikan melalui profesionalitasnya dalam mengemas dan merealisasikan keinginan para mitra sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Perubahan dari rekrutmen konvensional ke rekrutmen online tidak seharusnya membatasi perusahaan untuk mengenal lebih jauh kompetensi yang dimiliki oleh calon kandidat. Dengan berbagai kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan, kini perusahaan tak perlu khawatir lagi akan pelaksanaan rekrutmen secara online. Didukung dengan teknologi mumpuni serta soal-soal assessment yang telah teruji, Kalibrr bisa menjadi solusi transformasi perusahaan dalam perekrutan Management Trainee.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!