Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Pilihan Pekerjaan yang Cocok Untuk Kamu, Si Hobi Menulis
For Jobseeker

Pilihan Pekerjaan yang Cocok Untuk Kamu, Si Hobi Menulis

Karina

October 27 • 4 min read

Kini sebagian industri seperti teknologi, media, hiburan, hubungan masyarakat, pemasaran, penerbitan, dan periklanan semuanya membutuhkan orang yang dapat membuat konten berkualitas tinggi.

Pembuatan konten biasanya memerlukan tulisan yang engaging, informatif dan kreatif dan hal ini tentunya menjadi peluang besar untuk kamu yang suka atau hobi menulis karena kamu dapat menjadi salah satu dari pekerjaan – pekerjaan ini.

Berikut 6 pilihan pekerjaan yang dapat kamu jalani:

1. Content Writer

Content writer bertugas untuk membuat tulisan yang engaging dan juga informatif yang tentunya disesuaikan dengan goals dari project yang dikerjakan dan value perusahaan.

Tulisan yang dibuat oleh content writer biasanya akan diaplikasikan beragam media seperti sosial media, newsletter serta blog. Menjadi seorang content writer juga adalah pekerjaan yang menantang lho! Kamu harus dapat membuat konten yang informatif sekaligus kreatif dan inovatif agar dapat menarik lebih banyak orang untuk membaca tulisan kamu!

2. Copywriter

Pekerjaan sebagai seorang copywriter memiliki tanggung jawab untuk menulis materi yang membujuk pembaca untuk mengambil sebuah tindakan, seperti misalnya membuka halaman website perusahaan, memutuskan pembelian dan lain sebagainya. Karena memiliki peran yang strategis dalam perusahaan, khususnya marketing, seorang copywriter rata – rata bisa mendapatkan pendapatan sebesar 5 – 6 juta rupiah lho.

3. Content Strategist

Seorang content strategist memerlukan skill menulis dan komunikasi yang kuat serta skill analisa serta perencanaan konten yang mendalam guna membuat konten yang membantu mencapai target/goal perusahaan. Untuk mengawali karir ini kamu dapat mengikuti pelatihan di bidang jurnalistik dan komunikasi.

4. UI/UX Writer

Menghadirkan pengalaman positif bagi pengguna dalam penggunaan produk digital seperti aplikasi dan website melalui tulisan adalah tanggung jawab dari seorang UI/UX Writer. Tulisan yang kamu buat sebagai seorang UI/UX Writer itu mencakup tombol dan label menu, pesan error yang muncul, catatan pengamanan, serta instruksi lainnya yang terdapat pada aplikasi atau website yang sedang kamu kerjakan.

4. Marketing Communications Specialist

Sering dikenal juga sebagai Communication Officer, pekerjaan sebagai seorang Marketing Communications Specialist akan bertanggung jawab dalam pembuatan konten yang memajukan tujuan pemasaran organisasi seperti, brosur, e-book, siaran pers, dan sebagainya. Seorang Marketing communications specialist harus dapat memastikan bahwa semua konten tertulis mengikuti pedoman branding dan menggunakan suara yang disepakati perusahaan. Kamu yang tertarik dengan pekerjaan ini memerlukan beberapa skills tentang bisnis dan pemasaran serta komunikasi sebagai awalannya.

6. Social Media Specialist

Di era digital sekarang ini, semakin banyak perusahaan yang menyadari bahwa mereka perlu memiliki, menjaga eksistensi, dan membuat konten yang engaging di media sosial perusahaan. Hal ini berarti akan terdapat banyak peluang bagi kamu para penulis, karena perusahaan pasti membutuhkan seseorang yang pandai menulis konten dan mampu menyesuaikannya dengan tujuan/goals perusahaan. Pekerjaan Social Media Specialist biasanya akan bertanggung jawab dalam mengelola berbagai chanel media sosial seperti Facebook Instagram, Twitter, LinkedIn, dan media sosial terkait lainnya.

“cta”

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!