Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Pro dan Kontra Mengubah Karir di Usia 30-an
For Jobseeker

Pro dan Kontra Mengubah Karir di Usia 30-an

Karina

November 11 • 4 min read

Ada banyak alasan mengapa seseorang memutuskan untuk mengubah karirnya. Tapi semakin tinggi usia saat mengubah karir seringkali disebut sebagai langkah yang harus dipikirkan dengan matang – matang, karena meninggalkan pekerjaan yang selama ini kamu geluti lalu mengejar passion baru bukanlah hal yang mudah.

Terdapat banyak pro dan kontra ketika kamu berusia 30-an dan ingin mengubah karir yaitu:

Pro

1. Kesempatan berkarir lebih cepat

Karena kamu sudah berpengalaman di bidang karir sebelumnya, kamu bisa mendapatkan kesempatan berkarir yang lebih cepat daripada lulusan yang belum berpengalaman karena rekruter berpikir bahwa kamu telah menguasai banyak hal dan memiliki “jam terbang” yang lebih tinggi.

2. Benefit yang lebih besar

Tidak jarang saat mengubah karir kamu juga dapat menghasilkan lebih banyak benefit. Karena benefit di beberapa industri bisa lebih tinggi daripada benefit seseorang yang berpengalaman di industri lain.

3. Skill yang bervariasi

Meskipun mungkin kamu tidak memiliki pengalaman khusus di bidang karir yang kamu inginkan, tapi karena kamu telah memiliki pengalaman sebelumnya hal tersebut dapat menjadi keunggulan yang dapat kamu tawarkan.

4. Value yang tercapai

Beberapa orang memilih mengubah karir mereka karena mereka tidak mendapatkan value atau energi yang mereka inginkan di karir sebelumnya. Maka dari itu dengan mengubah karir, value tersebut mungkin saja dapat segera tercapai.

Kontra

1. Memilih yang lebih berpengalaman

Terdapat banyak lulusan baru atau kandidat lain yang lebih berpengalaman dan memang berfokus pada suatu bidang karir yang kamu minati. Jadi rekruter pun akan lebih memprioritaskan mereka sehingga mungkin akan membuat kamu mengalami kesulitan saat melamar pekerjaan tanpa pengalaman terkait.

2. Perjuangan/Jerih Payah Selama Ini

Meninggalkan pekerjaan yang telah memberikan kamu banyak pengalaman selama bertahun-tahun lebih tentu bukan hal yang mudah. Melihat bagaimana perjuangan kamu untuk sampai di titik sekarang adalah suatu hal yang sangat berarti.

3. Memakan waktu

Mengubah karir artinya kamu harus mempelajari sesuatu yang baru, sehingga kamu membutuhkan waktu tambahan belajar kembali dan menjadi terbiasa dengannya. Kamu juga mungkin harus mengorbankan waktu luang serta mengorbankan waktu bersama keluarga dan teman saat hendak mengubah karir.

4. Benefit yang berkurang

Karena kamu memulai sesuatu yang baru, kamu mungkin harus mulai dari awal lagi jadi tidak berada di level yang sama dengan pekerjaan kamu sebelumnya sehingga mengubah jalur karir mungkin berarti kamu harus memulai dengan tingkat gaji yang lebih rendah dari yang kamu inginkan.

“cta”

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!