Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Rekruter, Simak! Ini Pentingnya Merekrut Kandidat yang Beragam
For Employer

Rekruter, Simak! Ini Pentingnya Merekrut Kandidat yang Beragam

Karina

November 14 • 3 min read

Sebelum mulai merekrut ada baiknya jika Anda mengetahui apa definisi Diversity Hiring alias Perekrutan Beragam. Dilansir dari laman Ideal, Perekrutan Beragam adalah perekrutan berdasarkan prestasi dengan perhatian khusus yang diambil untuk memastikan prosedur telah mengurangi bias yang terkait seperti usia kandidat, ras, jenis kelamin, agama, orientasi seksual, dan karakteristik pribadi lainnya yang tidak terkait dengan kinerja pekerjaan mereka.

Jadi bukan hanya untuk meningkatkan keragaman,  tujuan dari perekrutan beragam tentunya lebih luas dari hal tersebut. Perekrutan beragam juga bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengurangi potensi bias dalam mencari, menyaring, dan memilih kandidat yang mungkin mengabaikan, atau secara tidak sengaja mendiskriminasi kandidat lainnya.

Maka dari itu memiliki karyawan yang terdiversifikasi merupakan salah satu keunggulan kompetitif yang nyata yang dapat dimiliki perusahaan.

Sejumlah penelitian berikut ini menjadi bukti betapa pentingnya perusahaan menerapkan keragaman di tempat kerja.

  1. Penelitian McKinsey menunjukkan bahwa perusahaan dengan keragaman gender ditempat kerja, 15% lebih mungkin untuk mengungguli rekan-rekan mereka dan perusahaan dengan keragaman etnis, 35% lebih mungkin untuk unggul.
  2. Penelitian Catalyst menunjukkan bahwa perusahaan dengan lebih banyak wanita di posisi eksekutif secara statistik mengungguli perusahaan lain dalam jangka waktu yang lama.
  3. Penelitian Deloitte Australia menunjukkan bahwa tim inklusif (tim dengan keberagaman) mengungguli tim – tim lainnya sebesar 80% ,saat penilaian tim.

Berikut adalah beberapa manfaat keragaman tempat kerja:

  • Mendapatkan berbagai perspektif yang berbeda
  • Meningkatkan inovasi dan kreativitas di tempat kerja
  • Meningkatkan produktivitas
  • Meningkatkan keuntungan perusahaan
  • Meningkatkan Keterlibatan karyawan
  • Mengurangi tingkat “turnover” karyawan
  • Reputasi perusahaan yang lebih baik
  • Meningkatkan hasil perekrutan

“Perusahaan yang merangkul keragaman dan inklusi dalam semua aspek bisnis mereka secara statistik mengungguli rekan-rekan mereka”

Ketika perusahaan benar-benar menerapkan keragaman dalam tim, lingkungan serta budaya perusahaan, peluang mereka untuk dapat mengungguli pesaing akan lebih besar. Merekrut kandidat yang beragam adalah salah satu cara mencapai keragaman tersebut. Dengan merekrut kandidat yang beragam, bisnis dapat menghadapi tantangan tak terduga dengan lebih baik, seperti contohnya pandemi saat ini. Perusahaan dengan tenaga kerja yang beragam akan mendapat manfaat dari perspektif dan pengalaman yang berbeda yang dibawa untuk solusi dan inovasi yang lebih kreatif untuk perusahaan.

CTA-contact-us

Artikel dilansir dari ForbesHirebeat, dan EqualityMagazines.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!