Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Sedang Merasa Burn Out / Kelelahan Saat Bekerja? Coba Atasi Dengan Cara Ini!
For Jobseeker

Sedang Merasa Burn Out / Kelelahan Saat Bekerja? Coba Atasi Dengan Cara Ini!

Karina

December 12 • 4 min read

Kelelahan ketika bekerja atau biasa disebut sebagai burnout merupakan salah satu hal yang cukup sering dialami pekerja saat ini, belum lagi ditambah wabah pandemi yang masih berlanjut dan ketidakpastian pada apa yang akan terjadi pada dunia kerja di masa depan.

Burnout didefinisikan oleh WHO sebagai sebuah sindrom yang muncul dari stres kronis di tempat kerja yang tidak bisa diatur oleh individu. Ketika seseorang mengalami kondisi ini, hal tersebut dapat berdampak pada sejumlah masalah kesehatan yang membuat produktivitas kerja malah menurun.

Burnout adalah kondisi yang tidak diinginkan dan biasanya terjadi karena faktor – faktor seperti tidak adanya batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi kamu, tidak melakukan aktivitas di luar pekerjaan (misalnya hobi, berkumpul dengan teman, me time, dan lain – lain) serta kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan besar di tempat kerja atau kehidupan pribadi. Untuk mengatasi burnout, setiap orang biasanya memiliki caranya tersendiri dan menyesuaikannya dengan hobi ataupun aktivitas yang mereka sukai. Berikut ini adalah beberapa hal yang kamu harus lakukan agar tidak terus menerus mengalami burnout.

 

1. Identifikasi Apa yang Kamu Rasakan

Hal pertama yang kamu mungkin perlu lakukan adalah mengakui bahwa kamu kelelahan dan stres karena pekerjaanmu. Sulit untuk membuat perubahan ketika kamu tidak mengakui bahwa kamu sedang burnout dan membiarkannya begitu saja.

Apakah kamu sedih? Marah? Frustrasi? Mampu menyebutkan dan menerima apa yang kamu rasakan dapat membantu meringankan proses untuk mengatasi burnout tersebut.

 

2. Bangun Rutinitas Kerja

Baik itu memulai hari kamu dengan memeriksa email kamu, atau berakhir tepat pada pukul 6, mulailah dan akhiri aktivitas kamu dengan batasan yang jelas. Atur jadwal dan pilihlah pekerjaan apa yang harus kamu prioritaskan.

Jika kamu menjalani hari yang sibuk seharian, maka jangan menambahk pekerjaan lagi. Jadwalkan pekerjaan tersebut untuk esok hari dan beristirahatlah.

 

3. Lakukan Hobi dan Hal yang Kamu Sukai

Apakah kamu senang membaca? Memasak? Atau berolahraga? Dedikasikan waktu untuk aktivitas di luar pekerjaan untuk mengisi ulang semangat kamu. Jika kamu suka beraktivitas fisik, olahraga adalah salah satu kegiatan yang mampu mengalihkan pikiranmu dari pekerjaan. Kamu bisa melakukan aktivitas yang santai untuk mengatasi stres, seperti yoga, meditasi, atau tai chi.

 

4. Bercerita pada Keluarga/Teman/Sahabat

Cara mengatasi burnout selanjutnya adalah menceritakan apa yang membuat kamu burnout kepada keluarga/teman/sahabat atau orang – orang yang dekat dengan kamu dan kamu percaya. Karena memendam masalah dan kelelahan hanya akan menambah stres yang akan memengaruhi kondisi kesehatan kamu. Jadi, cobalah untuk mencari dukungan dari orang – orang kepercayaanmu agar kamu tidak merasa sendirian dalam mengatasi burnout yang kerap kamu rasakan.

 

lamar-sekarang

 

Artikel dilansir dari Orami.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!