Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Simak Alasan Penting dan Tahap Strategis Employer Branding di Media Sosial
For Employer

Simak Alasan Penting dan Tahap Strategis Employer Branding di Media Sosial

Karina

June 09 • 8 min read

simak-alasan-penting-dan-tahap-strategis-employer-branding-di-media-sosial

Anda mungkin sudah mengetahui bahwasannya teknik employer branding media sosial, merupakan salah satu cara jitu yang digunakan oleh berbagai perusahaan. Mulai dari perusahaan SME (Small and Medium-sized Enterprises) hingga perusahaan startup unicorn sekalipun telah melebarkan sayap employer branding nya di platform ini.

Sejatinya, media sosial sangatlah dekat dengan kegiatan sehari-hari setiap orang. Tidak mengherankan kalau akhirnya sejumlah perusahaan kerap melakukan aktivitas rekrutmen ataupun branding karyawannya di platform tersebut. Sebanyak 34% perusahaan ternama saat ini kerap menjalani proses perekrutan lewat media sosial.

Alasan lainnya yang membuat media sosial sangat penting bagi dalam ranah employer branding, yakni bentuk konten yang dihadirkan tidak monoton. Selalu ada kebaruan yang mencerminkan karakteristik utama atau persona dari masing-masing perusahaan. Oleh karenanya, bukan lagi rahasia umum bila kemudian teknik ini banyak diminati oleh para kandidat.

Kendati demikian, Anda harus mengetahui jika membangun teknik employer branding media sosial tidak bisa asal. Anda perlu meyakini kembali bahwa konten yang dibawakan atraktif, informatif, serta tidak lupa selipkan persona dari perusahaan. Maka dari itu, bagi Anda yang akan membangun dan mengembangkan lagi teknik employer branding media sosial, sebaiknya Anda bisa mulai dengan beberapa tahapan strategis seperti berikut ini.

simak-alasan-penting-dan-tahap-strategis-employer-branding-di-media-sosial

5 Tahapan Strategi Membangun Employer Branding di Media Sosial

Tentukan Target Audiens yang Dituju

Penentuan target audiens menjadi satu langkah pertama yang harus dilakukan dalam membangun employer branding di media sosial. Melalui target audiens, perusahaan Anda akan lebih mudah membangun suatu konten branding yang selaras dengan minat khalayak atau audiensnya.

Kebanyakan perusahaan kini akan menyasar generasi muda layaknya mahasiswa hingga fresh graduate. Biasanya, audiens dalam golongan tersebut aktif mencari berbagai informasi di media sosial, salah satunya kesempatan karir di berbagai perusahaan yang menurut mereka menarik.

Tentukan Platform Media Sosial yang Efektif

Berbagai platform media sosial memang bisa menjadi tempat untuk melakukan praktik employer branding. Kendati, harus diperhatikan lagi jenis media sosial apa yang paling sering diakses oleh target audiens yang ingin perusahaan Anda tuju. Sebab, segmentasi audiens di sejumlah media sosial cukup berbeda, oleh karenanya perusahaan Anda harus lebih mempertimbangkan lagi jenis platform apa yang cocok dengan kriteria employer branding-nya.

Menurut laporan statistik dari Content Stadium, Instagram dan Linkedin adalah dua jenis media sosial yang efektif dalam melakukan employer branding. Dikarenakan keduanya memiliki angka pengguna yang terbilang banyak, mulai dari karyawan diatas umur 30 sampai generasi milenial. Lantas ini bisa menjadi pilihan, untuk memulai langkah pertama dalam mempromosikan merek perusahaan Anda.

Membuat Perencanaan Konten

Selanjutnya, hal yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan konten (content planning). Perusahaan perlu memiliki rencana ide konten terkait publikasi employer branding. Sederhananya, perencanaan konten memudahkan perusahaan untuk menjadwalkan konten secara rapi dan terstruktur.

Perencanaan konten bisa dimulai dari mengumpulkan jenis konten serta tipe copywriting seperti apa yang ingin dibuat. Misal, sebagai pengenalan merek perusahaan, maka dibuat konten sederhana yang berisikan latar belakang maupun pencapaian perusahaan. Kemudian, tentukan media apa yang akan dipilih, sampai jadwal kapan konten tersebut ditayangkan. Nantinya, dari perencanaan konten, memudahkan perusahaan mengevaluasi tujuan dari employer branding ini sudah tercapai sesuai yang ditargetkan.

Bangun Persona dan Karakteristik Menarik

Kadang kala, audiens akan menemukan hal menarik dari sebuah employer branding bila mereka rasa perusahaan tersebut memiliki personanya sendiri. Persona sendiri adalah nilai unggul dan keunikan yang menjadi ciri khas perusahaan.

Ciri khas ini didapatkan oleh kandidat atau audiens, bila perusahaan Anda konsisten dalam menyoroti idealisme dan budaya kerja perusahaan. Misal, selalu tampilkan afirmasi positif melalui konten kutipan harian inspiratif. Ini berpotensi mendorong kesadaran audiens jika perusahaan anda memiliki karakteristiknya tersendiri.

Merancang Berbagai Konten Kreatif dan Menarik

Selain konsistensi atas konten yang dapat menarik minat audiens atau kandidat, melainkan kandidat juga tertarik bila branding perusahaan dapat dibungkus ke berbagai konten kreatif lainnya.

Maka dari itu, langkah produksi konten ini harus dipikirkan secara matang guna menyampaikan esensi dari employer branding atas budaya dan nilai unggul perusahaan. Produksi konten bisa mengacu dari perencanaan konten yang sudah dibuat. Perusahaan Anda bisa mengolahnya menjadi bentuk trivia, games, informasi seputar pencapaian karyawan dan perusahaan, hingga mempromosikan berbagai kegiatan menarik yang dimiliki.

Sejumlah tahapan di atas bisa Anda implementasikan guna membangun performa employer branding yang lebih strategis. Pastikan target audiens yang dituju telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Rancang perencanaan konten yang terstruktur rapi hingga proses produksi konten dengan memanfaatkan berbagai ide kreatif nan inovatif.

Di sini, Kalibrr juga membantu perusahaan memberikan servis employer branding yang memuaskan. Salah satu layanan yang kami beri dan bisa Anda manfaatkan yakni social media paid campaigns dan social media content planning.

Keduanya unggul dalam memproduksi dan mengembangkan perencanaan konten, menawarkan strategi campaign kreatif dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, sampai manajemen komunitas guna meningkatkan awareness atas employer branding sebuah perusahaan. Melalui Kalibrr Employer Branding, ragam jenis layanan menarik bisa Anda gunakan untuk meningkatkan performa branding perusahaan.

Kalibrr adalah sebuah perusahaan teknologi rekrutmen yang bertujuan untuk mentransformasi pengalaman kandidat dalam mencari kerja dan cara perusahaan dalam merekrut talenta terbaiknya. Dengan mengedepankan pengalaman kandidat dalam tiap elemen rekrutmen, kami konsisten memikat talenta-talenta berbakat dari berbagai belahan dunia, dengan lebih dari 5,5 juta profesional di talent pool saat ini dan akan terus bertambah. Kalibrr menghubungkan mereka dengan perusahaan yang membutuhkan pemimpin bagi generasi selanjutnya.

Sebagai satu-satunya penyedia jasa solusi rekrutmen end-to-end di Asia Tenggara, Kalibrr memiliki kantor pusat di Mekati, Filipina, dan juga kantor-kantor yang beroperasi di San Fransisco, California, dan Jakarta. Hadir sejak tahun 2012, Kalibrr telah membantu lebih dari 18.000 klien serta disokong oleh inkubator start-up terbaik di dunia dan para pemodal ventura, seperti Y Combinator, Omidyar Network, Patamar Capital, Wavemaker Partners, dan Kickstart Ventures.

Untuk konsultasi bisnis dan rekrutmen lebih lanjut, silakan kunjungi dan ikuti media sosial Kalibrr Indonesia di  Instagram dan LinkedIn.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (1) Post Comment

jabbar huusain

Report

We do portuguese translate all kind of letters and documents in almost all languages. We have expert portuguese translators, portuguese interpreters from all languages.

Reply