Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > 5 Strategi Recruitment Marketing yang Efektif
For Employer

5 Strategi Recruitment Marketing yang Efektif

Karina

January 20 • 11 min read

strategi-recruitment-marketing-yang-efektif

Perkembangan di dunia teknologi sangat mempengaruhi dunia kerja, dimana banyak sekali posisi pekerjaan baru terbuka. Perkembangan ini menyebabkan lapangan pekerjaan yang tumbuh dengan kandidat yang dibutuhkan, sehingga para jobseekers memiliki kesempatan kerja yang lebih besar. Bagi perusahaan, mungkin akan terasa sedikit lebih sulit untuk menemukan kandidat yang tepat disebabkan oleh persaingan yang ketat dengan perusahaan lainnya.

Kondisi job market saat ini sudah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kandidat memiliki posisi yang lebih kuat dimana mereka bisa memlilih pekerjaan. Lowongan pekerjaan yang tersedia menjadi lebih beragam membuka pilihan pekerjaan jobseekers menjadi lebih besar juga. Anda   membutuhkan strategi yang lebih efektif untuk dapat meraih kepercayaan kandidat dan menginspirasi mereka untuk memilih bekerja di perusahaan Anda. Caranya adalah,  dengan memastikan bahwa upaya marketing dan rekrutmen Anda berjalan beriringan dan sesuai dengan yang ditetapkan.

Para jobseekers lebih menyukai ketika mereka mendapatkan treatment seperti seorang konsumen. Maka dari itu, Anda harus pintar memilih strategi dan strategi marketing saat ini menjadi sangat relevan untuk diterapkan pada strategi rekrutmen Anda seperti apa yang harus dilakukan agar bisa menarik kandidat ketika perusahaan Anda sedang memasarkan brand-nya. Berikut ini, ada beberapa strategi recruitment marketing yang efektif untuk diaplikasikan di perusahaan Anda.

Satu-satunya cara untuk dapat menunjukkan brand perusahaan Anda agar lebih menonjol di tengah persaingan bisnis yang ketat adalah dengan mengubah brand perusahaan Anda dengan sesuatu yang mudah dikenali dan mudah diingat. Hal ini tidak hanya berlaku untuk kandidat saja, melainkan juga untuk karyawan yang sudah bekerja di perusahaan Anda, agar mereka memiliki dorongan untuk tetap bekerja di perusahaan Anda dengan brand yang bagus dan menarik dan juga hingga secara sukarela mengadvokasikan brand perusahaan Anda.

Tentu saja, Employer Branding bukanlah suatu pekerjaan yang terjadi dalam semalam. Ini adalah strategi jangka panjang yang berfokus pada memberikan nilai serta persepsi yang kuat terhadap target audience Anda. Menurut Linkedin research 2018, 75% jobseekers meneliti reputasi perusahaan sebelum mereka memutuskan untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Itulah mengapa sangat penting untuk Anda untuk konsisten dengan brand yang ingin dibangun di perusahaan Anda.

Jika perusahaan Anda belum mengimplementasikan strategi Employer Brand, Kalibrr siap membantu Anda. Dengan pengalaman Kalibrr bekerja sama dengan Global Brand seperti Google, Apple, IBM, Accenture, Kalibrr dapat membantu meningkatkan employer brand Anda secara signifikan.

Selain itu, Anda juga bisa mengunduh E-Book Kalibrr: Panduan Lengkap Implementasi Employer Branding, untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah mengimplementasikan Employer Branding yang baik dan efektif.

Menurut sebuah research, tertera hasil yang menyatakan bahwa lebih dari 60% kandidat memiliki candidate experience yang negatif terhadap suatu perusahaan, sementara 72% dari mereka memutuskan untuk membagikan bad experience mereka tersebut di depan umum. Candidate experience yang Anda berikan terhadap kandidat yang melamar ke perusahaan Anda akan mencerminkan indikator budaya di perusahaan Anda. Hal ini menjadi faktor ini sangat penting untuk dibangun sejak awal proses rekrutmen berlangsung.

Candidate experience yang baik adalah ketika perusahaan bisa menciptakan pengalaman bagi kandidat yang terasa nyata, manusiawi, dan otentik. Seperti halnya mengajak kandidat untuk mengenal lebih jauh tentang perusahaan, sehingga bukan hanya kandidat yang dinilai oleh Anda, tapi kandidat juga bisa menilai perusahaan Anda. Hubungan ini tidak hanya semata-mata untuk memproses resume kandidat, tetapi membangun hubungan yang lebih personal.

Biasanya strategi yang sering muncul ketika berusaha menciptakan candidate experience yang baik yaitu melalui pemberian hadiah atau pun dengan mengadakan acara-acara untuk menghibur. Namun sebenarnya, bukan hal seperti ini yang dibutuhkan.

Candidate experience yang baik memang penting untuk memenangkan talent war. Cara terbaik untuk menciptakan candidate experience yang baik adalah dengan memberikan pengalaman nyata kepada para kandidat selama proses rekrutmen. Contoh yang paling mudah seperti dengan selalu memberikan update mengenai kelanjutan lamarannya, akan membuat kandidat memiliki positive thoughts tentang perusahaan Anda.

strategi-recruitment-marketing-yang-efektif

Jumlah pengguna media sosial saat dapat dikatakan sangat banyak saat ini. Sebuah penelitian Global Social Media Research Summary 2019 menyatakan bahwa ada hampir 3,5 miliar pengguna media sosial yang aktif di seluruh dunia. Selain itu, rata-rata pengguna internet memiliki sekitar 7.6 akun media sosial.

Dengan hasil research yang sedemikian rupa, dapat dikatakan bahwa sebagian besar kandidat potensial khususnya kandidat millennials dan gen z menghabiskan banyak waktu di media sosial, termasuk dalam mencari pekerjaan. Selain itu, survei LinkedIn mengatakan bahwa 49% kandidat profesional mengikuti organisasi yang relevan di jejaring sosial untuk mengimbangi proses rekrutmen mereka. Itulah sebabnya social media marketing merupakan aspek mendasar dari setiap strategi rekrutmen yang solid.

Kunci strategi social recruiting terletak pada pemilihan platform yang tepat untuk mempromosikan brand Anda dan membangun hubungan dengan kandidat potensial, seperti menggunakan media sosial Twitter, Facebook, dan Instagram.

Kalibrr menyediakan strategi social recruiting dimana Kalibrr membantu memasarkan postingan job yang sedang terbuka di perusahaan Anda melalui ads yang diintegrasikan melalui akun media sosial Instagram. Ini tentunya akan membantu Anda untuk bisa menarik dan menemukan banyak talenta potensial yang memang aktif mencari lowongan pekerjaan di media sosial.

Mendirikan suatu employee referral program merupakan cara baik untuk merekrut kandidat berpotensial dan juga membahagiakan para karyawan. Jadikan karyawan perusahaan sebagai brand ambassador untuk mempromosikan keunikan yang ditawarkan.

Ajak para karyawan untuk merujuk teman ataupun keluarga dengan kriteria yang sesuai dan berikanlah mereka penghargaan untuk setiap kandidat baru yang direkrut. Motivasi para karyawan dengan menawarkan beberapa penghargaan menarik melalui employee referral program tersebut.

Employee referral program dapat meningkatkan quality of hire, karena karyawan Anda adalah seseorang yang paling tahu siapa calon persona atau calon ideal yang dibutuhkan oleh perusahaan. Inilah sebabnya mengapa kandidat yang berasal dari employee referral biasanya jauh lebih baik daripada kandidat yang berasal dari sumber lain.

strategi-recruitment-marketing-yang-efektif

Membuat events adalah kesempatan luar biasa bagi Anda untuk bisa memperluas talent pool. Yang terpenting, events dapat membantu Anda untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan para kandidat potensial dan melihat banyak hal lain yang mungkin tidak dapat ditemukan dalam CV mereka.

Dalam membuat events, pertama Anda perlu mengetahui tujuan dari acara tersebut dan hal-hal apa saja yang cocok untuk mendukung terlaksananya acara tersebut. Acara open-house dapat menjadi strategi yang tepat untuk Anda dalam meningkatkan employee engagement.

Contoh lainnya, terlibat dalam acara job fair dimana Anda bisa langsung bertemu dengan banyak kandidat potensial selama acara tersebut berlangsung. Disini, Anda perlu merancang bahan promosi yang paling bisa menarik perhatian kandidat untuk menginspirasi mereka mendaftar di perusahaan Anda. selain itu, Anda juga harus mempersiapkan diri ketika ada kandidat yang bertanya lebih dalam mengenai perusahaan Anda.

Recruitment marketing berkembang sangat cepat. Strategi yang paling efektif untuk mengimplementasikannya juga mungkin akan berubah juga di kemudian hari. Yang terpenting adalah, tingkat keberhasilan strategi yang disebutkan di atas tergantung pada apa tujuan spesifik dari perusahaan Anda, dan kandidat seperti apa yang menjadi target perusahaan Anda.

Selalu ukur keberhasilan dari strategi yang Anda lakukan, agar apa pun yang dilakukan bisa dilanjutkan dengan lebih baik lagi kedepannya. Jika Anda masih merasa adanya kesulitan dalam menemukan kandidat potensial yang sesuai dengan kualifikasi perusahaan Anda, mari beralih ke Kalibrr, dimana Kalibrr menyediakan kandidat-kandidat dengan potensi bagus yang aktif dan terbuka untuk lowongan pekerjaan. Selain itu, Kalibrr juga memiliki fitur-fitur yang dapat membantu proses rekrutmen Anda menjadi lebih efektif dan efisien.

Jadi, tunggu apalagi?

strategi-recruitment-marketing-yang-efektif

 

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!