Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Talent Community, Aspek Penting Dalam Recruitment 4.0
For Employer

Talent Community, Aspek Penting Dalam Recruitment 4.0

Karina

November 07 • 8 min read

Tidak mudah memang mencari top talent dalam kurun waktu yang singkat. Terkadang, perusahaan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga akhirnya menemukan kandidat yang sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan perusahaan. Tetapi, adakah cara untuk dapat menemukan kandidat yang berkualitas dengan lebih cepat?

Rahasianya adalah dengan membangun dan membina talent community. Dibandingkan harus memulai talent community dari awal setiap kali Anda membuka lowongan pekerjaan, akan lebih efektif dengan menjangkau talent community atau talent community yang sudah ada. Membangun hubungan dengan kelompok calon kandidat, alumni, dan orang-orang yang berbakat lainnya secara berkelanjutan akan memungkinkan Anda untuk mempercepat proses recruitment.

 

But first, what are talent community and how it helps recruitment? Here’s the thing you need to know about it.

Talent community (juga disebut dengan talent pool), adalah kelompok atau professional network yang diidentifikasi sebagai kandidat menjanjikan untuk dapat ditempatkan pada posisi lowong yang ada atau yang akan datang. Talent community merupakan salah satu taktik rekrutmen yang ketika diaplikasikan dengan baik, dapat membuat proses recruitment menjadi lebih efektif dan efisien.

Selain itu, talent community juga memungkinkan Anda untuk dapat mengatur dan mensegmentasi siapa saja yang pernah mendaftar di perusahaan Anda tetapi belum memenuhi kebutuhan perusahaan saat itu. Sehingga ketika Anda membuka lowongan pekerjaan di lain waktu, Anda bisa langsung mencari kandidat-kandidat terbaik untuk mengisi lowongan tersebut melalui daftar kandidat yang belum lolos sebelumnya.

 

Anda dapat membuat dan mengelompokkan talent community dengan berbagai cara yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Walaupun demikian, ada beberapa jenis talent community yang paling umum saat ini. Diantaranya adalah:

  • Former Candidates

Ini adalah kandidat-kandidat yang sudah menarik perhatian perusahaan, tetapi tidak berhasil lolos karena beberapa alasan tertentu. Mereka mungkin termasuk ke dalam kelompok kandidat yang istilahnya “silver medalist”, yaitu kandidat yang hanya berhasil mencapai tahap wawancara akhir atau kandidat yang menjanjikan, tetapi masih perlu mengembangkan satu atau dua keterampilan tertentu sebelum mereka di-hire.

 

  • Cold Outreach

Ini adalah para kandidat pasif yang telah Anda hubungi dan dapat dibujuk untuk melakukan percakapan tentang peluang kerja yang ada di perusahaan Anda saat ini dan di masa depan. Tidak ada spesifikasi yang mutlak untuk kelompok ini, yaitu hanya orang-orang yang mampu memberikan respon Anda saat menghubungi dan menunjukkan ketertarikan tertentu setelah dihubungi.

  • Opportunistic

Ini adalah kandidat dengan keahlian yang menjanjikan, yang telah menyatakan bahwa mereka memiliki minat pada perusahaan Anda melalui sebuah acara, e-mail, melalui perantara, dan lain-lain, tetapi mereka belum cocok untuk posisi yang sedang dibutuhkan.

 

  • College Recruitment

Ini adalah kelompok mahasiswa di perguruan tinggi yang tertarik mencari tahu tentang suatu perusahaan, baik di careers fairs atau acara lainnya, untuk kemudian mengembangkan ketertarikan ini untuk melakukan internship atau bahkan full time di masa depan.

 

  • Alumni

Kelompok ini mencakup siapa saja yang pernah bekerja untuk perusahaan Anda, termasuk internship, freelancepart-timer, dan volunteer.

Lalu, apa yang membuat talent community menjadi sangat penting?

Pendekatan talent community memungkinkan Anda untuk menjaga hubungan atau komunikasi dengan para kandidat di luar proses recruitment. Ini penting karena seseorang yang sebelumnya secara kualifikasi kurang sesuai untuk bergabung ke perusahaan Anda saat ini, bisa saja cocok untuk menjadi bagian perusahaan di kemudian hari.

Penggunaan alat yang tepat seperti Candidate Relationship Management (CRM), dapat membantu Anda untuk mentransisikan prospek dalam talent community menjadi kandidat menjanjikan untuk posisi lowong di perusahaan Anda kelak saat percakapan antara recruiter dan kandidat berkembang. Ini bukan hanya tentang prospek itu sendiri, karena orang yang memiliki pengalaman positif dengan perusahaan, akan jauh lebih mudah untuk merekomendasikan perusahaan tersebut ke teman-temannya.

Sekitar 80% calon kandidat yang telah menjadi bagian dari talent community dan memiliki pengalaman positif dengan perusahaan, akan lebih mungkin untuk melamar ke perusahaan itu lagi di kesempatan berikutnya dan merekomendasikan perusahaan tersebut kepada job seekers lainnya.

 

Kombinasi talent community / CRM memastikan bahwa Anda mengirim pesan yang tepat kepada orang yang tepat dan pada waktu yang tepat juga. Ini akan mempercepat proses recruitment dan membantu Anda untuk terhubung dengan kandidat-kandidat yang memenuhi syarat untuk mengisi posisi lowong di perusahaan Anda.

Secara garis besar, talent community dapat membantu proses recruitment menjadi lebih efektif dan efisien, dengan membangun hubungan antara kandidat yang sebelumnya tidak cocok dengan posisi yang dibutuhkan, untuk nantinya berkesempatan melamar lagi di masa depan. Dengan adanya talent community, proses pencarian kandidat yang memenuhi kualifikasi akan lebih efektif dan efisien. Selain membantu recruiter, talent community juga akan membantu para job seekers yang sebelumnya tidak lolos karena beberapa alasan tertentu.

Dengan memanfaatkan lebih dari 1 juta high quality talent pool yang dimiliki Kalibrr, para recruiter bisa dengan mudah menemukan kandidat berkualitas dengan cepat. Tidak berhenti sampai di situ, Kalibrr juga telah bekerja sama dengan lebih dari 70 professional community dan 50 education partner baik di dalam dan luar negeri untuk memastikan kami dapat memberikan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!