Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > Tetap Fokus Dan Produktif Dengan Time Management Ini!
For Jobseeker

Tetap Fokus Dan Produktif Dengan Time Management Ini!

Karina

July 07 • 5 min read

Memiliki pengelolaan waktu atau time management yang baik dapat membantu kamu menyelesaikan kerjaan dengan lebih cepat dan menurunkan tingkat stres. Kemampuan time management yang baik juga dipercaya sebagai dasar untuk dapat mencapai efektivitas serta produktivitas. Bukan hanya itu saja, time management juga memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Meringankan Stres

Saat melihat satu per satu pekerjaan telah selesai dan melihat ternyata dirimu berhasil melewati pekerjaan ini bahkan mendapat hasil yang memuaskan hal ini tentunya akan membantu untuk meringankan cemas atau perasaan stres yang ada sebelumnya.

  • Lebih Banyak Waktu

Time management yang baik dapat memberikan waktu ekstra untuk dapat melakukan hal – hal diluar pekerjaan seperti menikmati memiliki lebih banyak waktu untuk hobi atau kegiatan pribadi lainnya.

  • Lebih Banyak Peluang

Keterampilan manajemen waktu yang baik adalah salah satu sifat atau kualifikasi yang dicari oleh perusahaan. Kemampuan untuk memprioritaskan dan menjadwalkan pekerjaan sangat diinginkan oleh perusahaan mana pun dan tentunya akan terdapat lebih banyak peluang.

  • Kemampuan Untuk Mewujudkan Tujuan

Seseorang yang mempraktikkan manajemen waktu yang baik biasanya dapat mencapai tujuan dengan lebih baik.

Untuk berhasil mengatur time management yang baik tentunya bisa dilakukan dengan banyak cara, tapi kamu bisa cek cara berikut ini untuk mulai memiliki time management yang baik:

1. Tetapkan Tujuan

Tetapkan tujuan yang dapat dicapai dan terukur, misalkan pekerjaan apa yang harus dilakukan hari ini atau pekerjaan mana yang memiliki prioritas paling tinggi untuk tahu di bagian mana kamu harus lebih fokus.

2. 90/20 Rule

90 menit kerja dan 20 menit istirahat. Inilah maksud dari aturan 90/20 ini.

Gunakan 90 menit waktumu untuk fokus pada satu hal dan sisihkan 20 menit untuk istirahat agar otak menjadi fresh kembali di 90 menit kemudian. Hal ini juga didukung oleh studi dalam laman Linkedin bahwa  otak memiliki fungsi untuk digunakan secara optimal dalam interval 60 hingga 90 menit. Saat kamu beristirahat sejenak seperti makan, berbicara sebentar, mengecek sosial media atau melakukan sesuatu yang tidak terlalu membebani, maka setelah itu otak dapat membangun kembali daya optimalnya dan mempersiapkan kamu untuk mengerjakan tugas lainnya.

Selain fokus, 90/20 rule ini juga dapat membuatmu untuk belajar lebih disiplin. Karena kamu telah menyisihkan waktu 20 menit untuk istirahat maka kamu juga harus disiplin untuk tidak lagi keasikan bermain sosial media di waktu lainnya.

3. Monotasking

Menurut Inc. monotasking atau dikenal juga sebagai single-tasking, adalah praktik mendedikasikan diri untuk tugas tertentu dan meminimalkan potensi gangguan sampai tugas selesai. Monotasking merupakan lawan dari multitasking.

Saat kamu melakukan banyak tugas atau multitasking, otak sebenarnya tidak dapat melakukan banyak hal sekaligus. Maka untuk dapat lebih fokus dan menghasilkan output yang lebih memuaskan cobalah fokus pada satu jenis tugas saja.

Dengan monotasking kamu tidak hanya dapat meningkatkan fokus dan produktivitas, tapi juga lebih teliti dalam proses pengambilan keputusan serta baik pula untuk kesehatan.

4. Gunakan Tools

Tujuan adanya teknologi adalah untuk membuat hidup kita lebih mudah dan lebih produktif. Teknologi melalui tools-tools yang ada dapat membantu kita memiliki time management yang baik. Kamu juga dapat menemukan banyak management tools sekarang ini.

Kamu dapat memanfaatkan tools seperti google calendar untuk membuat list prioritas harian. Selain dapat mengatur apa saja kegiatan dan goals-mu di hari itu, kamu juga akan diingatkan karena google calendar memiliki fitur reminder yang akan membantumu mempriotitaskan kerjaan dan stick to schedule.

Selain google calendar kamu juga dapat menggunakan aplikasi time management seperti Trello, Wunderlist, Todoist dan Any.do

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!