Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > 5 Tips Untuk Meningkatkan Produktivitasmu Saat Work From Home
For Jobseeker

5 Tips Untuk Meningkatkan Produktivitasmu Saat Work From Home

Karina

August 05 • 4 min read

tips-and-trick-untuk-bantu-kamu-lebih-mudah-mengingat

Saat bekerja dari rumah, seharusnya kamu memiliki fleksibilitas yang cukup untuk melakukan pekerjaan. Tapi fleksibilitas yang tinggi ini bisa jadi masalah yang membuat kamu malah jadi kurang produktif jika tidak direncanakan dengan matang.

Maka dari itu Kalibrr memberikan 5 tips untuk meningkatkan produktivitas walaupun bekerja dari rumah (dilansir dari SHRM) yakni :

1. Set prioritas

Lebih fokus dan kurangi kekacauan dengan menghapus hal – hal dari daftar tugas yang tidak penting. Prioritaskan pekerjaan yang dengan urgensi tinggi. Selain itu, karyawan harus realistis tentang apa yang dapat dan tidak dapat mereka capai berdasarkan situasi mereka dan harus memberi tahu manajer mereka tentang hal ini. Untuk membantu menyusun prioritas, membuat dan mengikuti jadwal yang ditentukan akan membantu.

2. Menentukan batasan (boundaries)

Karyawan harus menetapkan area tertentu di rumah mereka sebagai ruang kerja untuk dapat berkonsentrasi lebih baik dan meminimalkan gangguan yang terjadi. Pilih area atau tempat yang nyaman untuk melakukan aktivitas kerja.

Selain area, penting juga untuk mencegah gangguan dengan memberi tahu orang lain bahwa selama jam kerja di rumah, kamu tidak boleh diganggu.

3. Gunakan waktu dengan bijaksana

Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk pertemuan atau meeting , maka akan semakin sedikit waktu yang ada untuk tanggung jawab lainnya atau untuk interaksi informal bersama kolega. Jika pertemuan atau meeting itu tidak penting untuk bisnis atau kesejahteraan karyawan, lebih baik dibatalkan saja. Dalam laman SHRM juga direkomendasikan untuk penjadwalan pertemuan adalah selama 15 menit untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan membuat keputusan dengan bijaksana.

4. Berkomunikasi secara berlebihan

Komunikasi sangat penting dan harus sering, jujur, konsisten dan disesuaikan dengan setiap individu maupun kelompok. Berkomunikasi secara berlebihan di sini bukan dalam konotasi yang negatif tetapi manajer atau posisi manajerial lainnya perlu berkomunikasi secara berlebihan untuk memastikan orang memiliki semua informasi yang sama dan berhenti mengkhawatirkan berbagai hal dan menjadi lebih produktif. Jika orang tidak memiliki informasi, mereka dibiarkan membuat kesimpulan mereka sendiri yang tidak akurat, maka latih transparansi komunikasi sebanyak mungkin.

5. Praktek self care

Karena kondisi pandemi yang membatasi ruang gerak kita, orang – orang atau karyawan sering mengalami stres dan kondisi mental mereka memburuk. Maka dari itu, orang-orang perlu menyadari kondisi mental mereka. Produktivitas akan terjadi ketika orang dapat mengurangi tingkat stres mereka. Bangun self care ditengah kesibukan kerja, seperti  berjalan-jalan di bawah sinar matahari, komunikasi dengan orang yang dicintai atau menghabiskan waktu sosial virtual dengan rekan kerja. Dengan begitu, hal tersebut dapat membantu kamu lebih rileks dan pikiran lebih jernih.

Self care lainnya yang dapat kamu lakukan juga adalah, setelah jam kerja kamu dapat menonton film yang kesukaanmu, membaca buku atau memasak makanan favoritmu serta menjalani kehidupan sosial sebanyak mungkin dengan teman – teman, keluarga melalui Facetime, Facebook, atau Skype sehingga kamu merasa terhubung dengan orang-orang yang kamu sayangi.

tips-untuk-meningkatkan-produktivitasmu-saat-work-from-homeArtikel dilansir dari SHRM.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!