Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > 5 Tren Teknologi Teratas Di Tahun 2021 Yang Wajib Kamu Ketahui!
For Jobseeker

5 Tren Teknologi Teratas Di Tahun 2021 Yang Wajib Kamu Ketahui!

Karina

September 29 • 5 min read

tren-teknologi-teratas-di-tahun-2021-yang-wajib-kamu-ketahui

Seiring perkembangan teknologi dan transformasi digital yang semakin cepat, kita juga dituntut untuk tetap relevan dengan terus belajar dan mengupgrade ilmu serta skill yang dimiliki. Sebagai langkah pertama, kita harus mengidentifikasi atau memprediksi tren teknologi  apa yang akan memiliki pengaruh besar dan memiliki permintaan tinggi di masa depan.

Investasikan waktumu untuk mempelajari hal tersebut dari sekarang! Dengan tingginya permintaan keterampilan teknologi di masa mendatang, mempelajari tren teknologi juga dapat meningkatkan peluang karir dan nilai kamu sebagai seorang karyawan maupun lulusan IT.

Berikut 5 daftar keterampilan teknologi yang paling diminati dan teratas untuk kamu pelajari di  tahun 2021:

1. Artificial Intelligence & Machine Learning

AI dan Machine Learning saat ini mulai merevolusi industri dan sedang meningkat secara global. Implementasi Kecerdasan Buatan yang kuat akan memfasilitasi kinerja, skalabilitas, dan keandalan sambil memberikan pengembalian investasi yang lengkap. Tetapi proyek AI sering menghadapi masalah tertentu yang menjadikannya tantangan bagi sebagian besar organisasi.

Keterampilan yang paling diminati di AI dan Machine Learning adalah TensorFlow, Python, Java, R, dan Pemrosesan Bahasa Alami, dan karena popularitasnya, para profesional di bidang IT yang dilengkapi dengan keterampilan ini pasti akan diminati pada tahun 2021 dan seringkali mendapatkan penawaran gaji yang fantastis.

2. Cyber Security

Dengan transformasi digital yang berjalan dengan cepat saat ini, perusahaan akan menyadari betapa pentingnya cyber security bagi perusahaan mereka, tidak hanya untuk perusahaan besar tetapi juga untuk bisnis kecil ataupun bagi Startup yang sedang berkembang. Perusahaan mulai menyadari bahwa memiliki strategi keamanan siber yang efektif bukan hanya tambahan tetapi kebutuhan mutlak.

Cyber security sangat penting bagi perusahaan untuk mengumpulkan informasi pelanggan dan pengguna untuk menjaga jaringan mereka aman dari serangan. Kurangnya keterampilan ini di kalangan IT menjadikan seorang kandidat yang memilikinya akan dilihat lebih ber-value oleh rekruter dan memiliki kesempatan lebih besar untuk direkrut.

3. Augmented Reality & Virtual Reality

Dalam laman EngageWithUs disebutkan bahwa hampir ¾ insinyur software memprediksi AR dan VR akan memiliki dampak yang luar biasa dalam 5 tahun ke depan. Meskipun tren teknologi ini utamanya digunakan untuk bermain game sejauh ini, tapi AR dan VR ini juga telah digunakan untuk  beberapa pelatihan, misalnya VirtualShip (perangkat lunak simulasi untuk melatih kapten kapal Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Penjaga Pantai AS) sehingga tidak menutup kemungkinan jika AR dan VR ini nantinya akan semakin terintegrasi ke dalam kehidupan sehari – hari seperti hiburan, pendidikan, pemasaran, dan lain sebagainya.

4. Blockchain

Meskipun kebanyakan orang berpikir tentang teknologi blockchain dalam kaitannya dengan cryptocurrency seperti Bitcoin, tetapi blockchain juga menawarkan keamanan yang berguna dalam banyak hal lainnya. Seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi blockchain, maka permintaan akan keterampilannya pun juga akan meningkat, sehingga jika kamu adalah lulusan IT, ingin berkarir di bidang IT ataupun seorang karyawan di bidang IT mempelajari tren teknologi ini dan menguasainya saat ini adalah saat yang tepat!

5. 5G

Layanan 5G merupakan generasi setelah 4G yang diharapkan dapat merevolusi kehidupan saat ini menjadi setidaknya 40 kali lebih cepat dari 4G LTE. 5G diharapkan akan membuka pintu untuk layanan baru, operasi jaringan, dan pengalaman pelanggan bagi operator telekomunikasi. Saat ini, pasar 5G dipimpin oleh Negara Swiss dan diikuti oleh beberapa negara lain seperti Korea Selatan dan AS.

tren-teknologi-teratas-di-tahun-2021-yang-wajib-kamu-ketahui

Artikel dilansir dari EngageWithUsSimplilearn, dan Edureka.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!