Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Jobseeker > WFH Nggak Masalah, Jika Kamu Memiliki Skills Ini!
For Jobseeker

WFH Nggak Masalah, Jika Kamu Memiliki Skills Ini!

Karina

August 14 • 4 min read

wfh-nggak-masalah-jika-kamu-memiliki-skills-ini

Karena pandemi yang berlangsung saat ini, kegiatan sehari – hari seperti sekolah dan bekerja kini dilakukan secara remote atau dari rumah. Memang bukan kondisi terbaik, tapi kebiasaan ini harus kita jalani. Selain itu, karena pandemi peluang bagi para job seekers maupun karyawan  untuk mencari kerja jarak jauh juga meningkat atau tumbuh. Peluang bagi pencari kerja jarak jauh terus tumbuh di banyak industri, termasuk administrasi (online), perawatan kesehatan, pendidikan, dukungan pelanggan, pemasaran, dan banyak lagi.

Namun, banyaknya peluang yang ada kadang tidak diikuti dengan kesiapan pekerja dalam tantangan yang dapat ditimbulkan oleh pekerjaan jarak jauh. Ada beberapa keterampilan atau skills yang wajib dimiliki jika ingin memulai karir dari rumah, untungnya keterampilan merupakan sesuatu yang dapat diasah sehingga mulailah untuk mengembangkan keterampilanmu.

Berikut keterampilan yang wajib dimiliki seorang remote jobseekers untuk siap menjadi karyawan jarak jauh yang sukses :

Komunikasi Tertulis

Karena setiap harinya kamu bekerja secara remote atau dari rumah. Tentu kamu akan lebih banyak berkomunikasi lewat chat. Skill komunikasi tertulis sangat penting kamu miliki agar rekan kerja paham dengan apa yang kamu jelaskan atau inginkan. Gunakan bahasa yang mudah dipahami.

Manajemen Waktu

Bekerja secara remote memang membuat waktu menjadi lebih fleksibel. Kamu dapat mengatur sendiri waktu kerja serta waktu istirahatmu. Tetapi, jika hal ini tidak dilakukan dengan tepat maka kamu akan tidak fokus dan mudah terdistraksi terhadap urusan lain. Memiliki skill manajemen waktu dapat membantu kamu menentukan prioritas pekerjaan kamu dan tentunya lebih fokus.

Proaktif

Skill ini sebenernya harus dimiliki setiap pekerja. Skill proaktif mengacu kepada skill mu dalam mengambil keputusan atau bagaimana kamu merespon sesuatu. Orang yang memiliki skill atau juga sifat proaktif biasanya adalah yang tidak sembarangan dalam memilih respon atau menanggapi dan hal tersebut pasti sebelumnya dipikirkan dengan matang – matang.  Jadi tanpa perlu pengawasan atasan, kamu mampu bekerja secara mandiri dan lebih inisiatif.

Paham Teknologi

Seiring dengan transformasi menuju era digital, tentunya penggunaan teknologi akan semakin banyak digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Penggunaan tools, platform maupun sistem akan semakin cepat sehingga kemampuan digital merupakan skill yang sangat penting untuk dimiliki. Pelajari lebih banyak cara menggunakan tools maupun platform, karena sistem online saat ini akan sulit jika kamu tidak paham teknologi.

Motivasi

Motivasi ini bukanlah suatu skills tapi hal ini wajib dimiliki oleh seorang remote jobseekers. Situasi bekerja tanpa tatap muka, interaksi langsung dan berbeda seperti situasi sulit, hal ini mungkin sulit bagi sebagian orang untuk tetap bersemangat dengan pekerjaan jarak jauh mereka. Untuk menunjukkan kepada perusahaan atau pemberi kerja, kamu harus memiliki motivasi yang kuat untuk bertahan di situasi ini, kamu perlu menunjukkan bahwa kamu termotivasi dengan pekerjaan, perusahaan, dan juga industri pilihanmu saat ini

wfh-nggak-masalah-jika-kamu-memiliki-skills-ini

Artikel dilansir dari Themuse dan Flexjobs.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!