Related items based on your search keywords will be listed here.

Home>For Employer > Aturan No.1 CEO Mark Zuckerberg Sebelum “Hiring People”
For Employer

Aturan No.1 CEO Mark Zuckerberg Sebelum “Hiring People”

Karina

October 03 • 4 min read

Nama satu ini tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi, nama besar dibalik perusahaan Facebook, Inc. yakni Mark Elliot Zuckerberg alias Mark Zuckerberg telah menjadi inspirasi banyak orang karena keberhasilan dirinya membangun Facebook dari awal hingga sebesar sekarang.

Facebook, Inc. adalah perusahaan teknologi multinasional Amerika yang berbasis di California. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg di tahun 2004 bersama teman- temannya, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes, saat sedang menjalani pendidikan di Harvard College. Di tahun 2021 ini Facebook berhasil mengumpulkan 2,9 miliar pengguna bulanan pada tahun 2021 lalu mengakuisisi Instagram pada 2012, kemudian WhatsApp dan Oculus di tahun 2014. Facebook merupakan salah satu perusahaan paling “bernilai” di dunia dan dianggap sebagai salah satu dari Lima Besar perusahaan dalam teknologi informasi AS, bersama Google, Apple, Microsoft, dan Amazon.

Zuckerberg memulai Facebook di Harvard pada tahun 2004 saat usianya 19 tahun, membangun Facebook hingga sebesar sekarang pastinya bukan hal yang mudah hingga akhirnya sekarang Facebook memiliki 60,654 karyawan per 31 Maret 2021 (dilansir dari Wikipedia). Jumlah yang besar bukan?

Jika melihat dari sisi sumber daya manusianya, bagaimana Facebook melakukan proses rekrutmennya? Atau bagaimanakah seorang Mark Zuckerberg memberi filosofi pada perekrutan di Facebook?

Dilansir dari The Muse, Mark Zuckerberg telah membagikan bagaimana aturan perekrutan #1 menurutnya dengan para audiens di Barcelona, yaitu

“I will only hire someone to work directly for me if I would work for that person”

Yang jika dielaborasi akan menjadi “Di dunia ini, jika semuanya berbeda dan saya tidak memulai perusahaan (facebook), saya akan senang bekerja untuk orang itu. Atau jika Facebook tidak ada dan saya harus mencari hal lain untuk dilakukan, maka saya akan dengan senang hati bekerja untuk orang itu” Jelas Mark

Dua Hal Yang Dicari Seorang Pendiri Facebok, Mark Zuckerberg

Dalam sebuah video yang dipublikasikan oleh Stanford eCorner, di sana Zuckerberg menyebutkan bahwa dalam mencari orang – orang atau karyawan untuk bekerja di perusahaan Zuckerberg melihat dua hal penting ini yaitu:

  1. Raw Intelligence
  2. Alignment with what the organization is trying to do

Poin kedua inilah yang tampaknya menjadi poin penting bagi Zuckerberg, karena fokusnya untuk menemukan orang-orang hebat yang selaras dengan nilai-nilai perusahaan adalah prinsip inti.

Prinsip ini juga sebenarnya adalah sesuatu yang sering dibicarakan banyak perusahaan tetapi hanya sedikit yang benar-benar mengaplikasikannya.

CTA-contact-us

Artikel dilansir dari TheMuseForbes, dan Checkster.

Share Via:

About The Writer

Hello, my name is Karina and I work as a freelance contributor at Kalibrr. I enjoy reading self-improvement books and working out. More about Karina

Comments (0) Post Comment

No comment available yet!